"Lagi-lagi, Aku Tak Suka Puisi Cinta"

 

"Lagi-lagi, Aku Tak Suka Puisi Cinta"

oleh Yulia Sutjahjono

(Courtesy Pinterest)



Sedang apakah semua kegundahan ini?

Antara jiwa dan raga tak dapat berdiskusi dengan baik

Tapi aku yang saat ini berdiri dengan usia yang tak lagi remaja

Krisis itu sekarang menghantuiku…

Ku coba penjamkan mata, dan kubayangkan apa yang kan terjadi beberapa abad mendatang

Alam semesta masih ingin agar namaku terpatri dalam tanah bumi

Agar semua raga mengenalku…

Dan aku akan menjadi sejarah…

Lalu ku buka mataku

Melihat kenyataan bahwa aku masih berdiri dengan setumpuk ilmu yang harus kuperjuangkan

Dan ku berikan pada jiwa-jiwa yang haus akan misteri alam semesta…

Ketika aku diberikan pilihan

Apakah sejarah atau cinta?

Dan aku ingin mencari perlindungan

Namun kepada siapa?

Alam semesta ingin aku memeluk sejarah agar aku menjadi sejarah

Namun bumi menginginkan aku memeluk lika-liku percintaan yang munafik

Dan ketika aku ingin menihilkan keduanya, aku tidak bisa

Hidup ini adalah pilihan

Bisakah aku memilih cinta setelah sejarah ku patri?

Aku sangat ingin menjadi sejarah dan dikenang ketika aku mati

Namun aku sangat ingin menikmati kemurnian sebuah cinta yang munafik itu

Dan nyatanya, aku dihadapkan pada sederatan pria-pria yang siap dicintai

Lalu mereka memberikanku setangkai mawar dan sebuah puisi cinta

Sudah ku katakan, aku tak suka puisi cinta

Puisi cinta bukan berasal dari hati yang sebenarnya

Mereka dibuat agar mereka lebih dicintai

Dan mereka itu munafik

Lalu aku berkata, jadilah pohon kaktus

Lalu bencilah pohon jati yang daunnya selalu berguguran

Lalu mereka memikirkan sendiri siang dan malam

Agar kau tahu bahwa cinta tidaklah sesumbar yang selama ini kalian tahu dan kalian rasakan

Dan agar kau tahu bahwa cinta hanya bisa dinikmati dengan kopi panas

Dibawah sejuknya rayuan malam dan dinginnya romansa pujian

Juga diantara dua jiwa yang malu apabila berkata cinta

Karena hati yang tahu segalanya

Mereka takkan membohongimu

Lagi-lagi, aku tak suka puisi cinta…

Terjemahkanlah sendiri dengan kamus jiwamu…

 

YS 6/4/2013

 

Comments

Popular posts from this blog

Kumpulan Cerita Bersambung : DOUBLE YU - SEASON 1 (karya Yulia Sutjahjono)

"Langkah-Langkah Menjadi Volunteer (Relawan)" Part 2

Langkah-Langkah Menjadi Volunteer (Relawan) Part 1