Review Film : GRAVITY

Image from Google Image
Duduk di kursi deretan paling belakang dan tepat ditengah membuat saya menyatakan bahwa inilah 'best watching experience in cinema' saya yang pernah ada. Terlebih filmnya adalah GRAVITY. Awalnya saya tidak tahu film ini mau menyuguhkan apa. Tapi seiring dengan rasa penasaran dan animo masyarakat akan film ini yang tinggi, saya memilih untuk menghabiskan week-end saya di bioskop untuk menonton film yang bergenre Science-Fiction tersebut. Sejak awal menonton film ini, saya tercengang dibuatnya. Dan tentu satu hal yang terbesit dalam pikiran saya adalah, "Bagaimana cara pengambilan gambarnya?", lalu "Bagaimana pula menyunting film ini?". Menurut saya, Gravity merupakan salah satu film yang berkualitas. Baik dari segi bobot ceritanya maupun teknik pengambilan gambar, hingga efek suara, dan efek cahayanya. Selama hampir 2 jam menonton film ini, saya benar-benar seperti di luar angkasa. Terlebih ketika adegan Doctor Ryan (Sandra Bullock) lepas kendali hingga kehilangan kontak dengan dua rekannya, itu membuat saya sempat menahan napas juga. Karena membayangkan bagaimana jika saya seperti Dr. Ryan. Kemudian, scoring juga tidak terlalu padat namun hanya mementingkan efek suara yang cukup keras dibeberapa adegan, seperti adegan hujan puing-puing yang terjadi dua kali selama film berlangsung, dimana membuat saya ikut merinding dibuatnya. Lalu, alat-alat NASA yang digunakan terlihat asli, entah itu asli atau tipuan, yang jelas semua alat dan pesawat luar angkasa di film ini nampak nyata dan kita bisa belajar banyak disitu. Akhir kata, Alfonso Cuarón berhasil membuat saya 'kehilangan kesadaran' selama menonton. Saya juga ikut merasakan bagaimana rasanya menjadi seorang astronot NASA. Dan pelajaran yang bisa saya ambil untuk bisa menjadi seorang astronot adalah bahwa kita tidak boleh panik selama berada di luar bumi. Maka tidak salah film ini digadang menjadi Best Picture dalam penghargaan Academy Award 2014.

Rating : 9,7/10

by Yulia Sutjahjono
Watched on Friday, October 11th 2013 at Paragon XXI Semarang, at 2.40 p.m. seat A 12

Comments

Popular posts from this blog

Kumpulan Cerita Bersambung : DOUBLE YU - SEASON 1 (karya Yulia Sutjahjono)

"Langkah-Langkah Menjadi Volunteer (Relawan)" Part 2

Langkah-Langkah Menjadi Volunteer (Relawan) Part 1