"Terpatri di Khatulistiwa" (Sebuah Puisi)


Terpatri Di Khatulistiwa
Yulia Sutjahjono

(courtesy Google)


Dalam khatulistiwa ini
Mencoba menyajikan sensasi
Bersinergi tanpa henti
Kepada dunia yang berdimensi

Aku hijau…
Aku biru…
Aku merah…
Aku kelabu…

Aku tanah…
Aku sawah…
Aku ranah…
Aku terpanah…

Aku indah di cakrawala
Aku manis di tiup cengkrama
Aku anggun dirayu asmara
Aku terpatri di khatulistiwa

Aku ini ada
Aku ini luar biasa
Ditengah gemerlap teknologi
Yang diciptakan tiada henti

Aku ini ada
Aku ini berwarna
Di antara rasa candu
Di antara rasa cemburu

Sang barat tampak lebih dulu
Sang timur adalah aku
Sang barat menyorotku
Sang timur tetap cemburu

Eksistensi tiada henti
Alam semesta memberi hati
Agar bersinergi
Berprestasi ribuan hari

Meski aku di antara benci
Tapi aku tetap bereksistensi
Dengan ribuan prestasi yang terhenti
Tapi siap dengan bukti

Akulah ibu pertiwi
Tersaji dengan sensasi
Bergairah membalas caci maki
Untuk dunia yang berapi-api

Indonesia, ibu pertiwi
Berwarna-warni
Seperti tanah surgawi
Menyajikan keindahan yang abadi…

YS 16/4/2013

Comments

Popular posts from this blog

Kumpulan Cerita Bersambung : DOUBLE YU - SEASON 1 (karya Yulia Sutjahjono)

"Langkah-Langkah Menjadi Volunteer (Relawan)" Part 2

Langkah-Langkah Menjadi Volunteer (Relawan) Part 1