DOUBLE YU SEASON 3 - Episode 6 : "Ada Apa Dengan Adam Wang?"


Double Yu – Season 3
Episode 6 : “Ada Apa Dengan Adam Wang?”

(Courtesy of Pinterest)

Eugene. Tahun Baru 2022. Roma, Italia. Masa Depan.
Puas menghabiskan 3 minggu bulan madu di Eropa, gue sama Yureka balik ke SF dengan perasaan senang dan puas. Bener-bener pengalaman yang nggak bakal gue lupain pokoknya. Hmmm, mungkin karena gue udah lama pengen banget ke Italia, jadi sekalinya kesana gue bener-bener nikmatin banget! Yaa, gue tahu sih emang aneh orang kayak gue nggak pernah ke Eropa. Pasti pada ekspektasi gue udah pernah keliling Eropa, setidaknya sama keluarga besar. But the fact, gue nggak pernah sama sekali kesana. Hahaha.
[sudah baca episode 5? kalau belum, kamu bisa klik disini!]
Gue bahkan pernah dikatain sama Chandra pas kita anak Batik Day berdelapan pernah ngobrol-ngobrol soal Eropa. Soalnya kan kembarannya Chandra, si Chelsea tinggal di Barcelona apa mana gitu, pokoknya lagi bahas Eropa. Pas gue ngaku kalau gue belum pernah nyicipin tanah Eropa, si Chandra langsung bilang, “Hah, anak tajir kayak lu nggak pernah ke Eropa gimana ceritanya, Jin? Fikri aja pernah tuh ke Belanda apa kemana tuh dia”.
Trus disusul perkataan Dhimas “Tahu nih anak orang kaya masa nggak pernah ke Eropa. Chinese kayak lu mah harusnya udah pernah, Jin”.
Tapi sebagai pembelaan, yaa gue bilang gini aja “Yaa rejeki yang didapet kan nggak harus buat foya-foya ke Eropa kaleee. Mending dipake buat biaya kuliah yang tinggi. Nih, makanya nyokap-bokap gua bisa nguliahin gue sampe ke luar negeri. Nah baru kalo udah lulus, trus cari uang yang banyak, baru deh ke Eropa. Lagian yang tajir emak-bapak gue kali, bukan gua”.
Dan waktu itu gue inget si Kak Anna belain gue “Tahu nih lu pada. Yang punya duit kan emak-babenya Eugene, ini kenapa lu yang pada repot sih? Dan gue setuju tuh kalo duit banyak tuh emang dipake buat modal pendidikan. Sekolah di tempat yang bagus dan sekolah bagus kan pasti pricy. Nih lagian nih ya, Eugene juga kan kuliahnya bayar sendiri, bukan anak beasiswa macem lu-lu pada. Haduh. Ribet deh netijen”.
Yureka juga ikut belain gue tapi ujung-ujungnya malah ngatain gue juga. Hahaha. Dia bilang gini “Lagian yang bilang dia tajir siapa sih? Nih kalo mau tahu yaa, Eugene tuh kerjanya tiap semester ke loan student mulu kali. Apalagi yang pas hapenya rusak kecemplung wastafel itu. Pinjem tuh dia ama kampus buat beli hape baru. Kagak ada dia minta emak bapaknya.”
Malah dilanjut sama si Chandra “Berarti lu berdua nge-date pake student loan money juga, Jin?”
Sebagai pembelaan tapi malu-malu kucing, gue jawab aja “Yeee kagak lah. Kalo buat pacaran ama Yureka gue baru minta bokap gua. Hahaha”.
Wah masa-masa sama anak-anak Batik Day emang nggak pernah ada yang bener. Tapi mereka selalu berhasil bikin gue ketawa setiap kita kumpul bareng. Hahaha. Jadi kangen deh sama mereka.  
Oke, balik lagi soal rencana gue bulan madu sama Yureka. Kita fix mau ke Eropa nih, tapi kita tetep harus nentuin ke negara atau tempat mana aja yang akan kita kunjungin. Kita sengaja juga pilih Eropa karena selain gue emang ngincer Italia, gue sama Yureka sepakat buat nggak pergi ke negara yang kita pernah kunjungin sebelumnya. Misalnya Yureka pernah ke Malaysia, Singapore, Vietnam, dan Philipine. Sedangkan gue udah pernah ke Hong Kong, Taiwan, Macau, Jepang, Korea Selatan, Tiongkok, Singapore, Malaysia, Vietnam, dan Thailand.
Pokoknya katanya harus yang bener-bener baru pertama kali. Hmmm sebenernya dia menghindari memori-memori yang bisa membangun nostalgia gitu. Terlebih dia melarang keras buat kita pergi ke Malaysia. Katanya takut ketemu Adam Wang. Itu loh mantan gebetannya dia yang pernah ketemu juga di New York 2 tahun lalu. Katanya dia nggak mau keinget soal momen-momen sama si Adam waktu di Penang dulu. Hahaha, yaelah padahal kan si Adam juga udah kawin sama Tiara. Yureka juga udah gue kawinin. Tapi emang cewek gampang banget baper yaa. Makanya biar Yureka nggak baper, kita pilih Eropa aja. Biar adil. Yaa, nggak semua negara sih, yang penting area Schengen aja dan nggak perlu keliling-keliling semua. Maklum lah pasangan baru, musti ngirit juga. Hahaha.
Gue sama Yureka sepakat buat kunjungin 3 negara aja. Satu negara dipilih dari negara inceran gue (Italia), yang satu dipilih berdasarkan negara impian Yureka (Irlandia), nah satunya lagi bakal kita undi lewat kertas kayak kertas arisan gitu. Jadi, nanti kita bakalan nulis negara-negara yang termasuk dalam wilayah Schengen Visa which is ada 26. Karena Italia udah fix jadi destinasi kunjung, jadi tuh negara bakalan nggak masuk itungan. Jadi cuma ada 25 negara aja nantinya.
Singkat cerita, Yureka bikinin kertas kocokannya. Trus kita undi barengan dan ngambilnya pun barengan. Dapet lah 1 negara yang bakal lengkapin honeymoon kita. Mau tahu kertas dengan negara mana yang keluar?
“Yakin nih? Nggak mau kocok sekali lagi?”, tanya Yureka sambil menyipitkan matanya.
“Aku sih yakin. Kamu?”, jawab gue sebenernya ragu-ragu.
“Bismillah deh. InsyaAllah. Tapi kok deg-degan yaa. Hahaha”
“Yaa apa aja lah, yang penting kan udah sepakat mau nambah 1 negara lagi buat lengkapin destinasi negara yang bakal kita kunjungin. Dan kan kita juga udah sepakat cuma masukin negara-negara Schengen. Jadi, harusnya aman lah, Yang”
“Iyaa Schengen mah Schengen, Yang. Entar kalau yang keluar ujung gitu negaranya. Mana, Estonia or apalah namanya, gimana?”
“Diasyikin aja udah. Namanya juga honeymoon. Kamu gimana sih?”
“Oke deh. Kita buka yang ini”
“Yakin? Ini last call nih”, tanya Yureka sekali lagi meyakinkan gue.
Yes. I am 100% ready. Bismillah yang ini bagus”
“Oke… itung sampe 3 bareng-bareng yaa. 1… 2… 3…”
Secara bersamaan kita sontak bilang “DENMARK!”
“Tuh kan bener”, ujar gue berasa dengkul lemes. Gila men Denmark kan jauh banget dari Italia sama Irlandia!
“Eh asik loh. Aku juga lumayan pengen ke Denmark. Pasti bagus banget itu, Yang. Udah kebayang sih kayak gimana kota-kotanya pasti cantik banget. Gimana? Fix yaa? Fix please!”
“Diliat dari maps aja, Italia ama Irlandia udah jauh-jauhan. Ini ama Denmark, Yang. Jauh banget itu.”
“Yaudah, mau dikocok lagi aja? Gapapa sih? Bukan kuis-kuis yang ada di tv-tv ini”
“Oke. But on one condition…”
“Iya deh boleh. Apa tuh?”
“Aku yang pilih destinasi kunjungannya plus itinary-nya. Sama kayak aku pilih itinary di Italia”
Deal! Name one city or two, and then we go!
Meskipun bukan pecinta film kayak Yureka, tapi suatu waktu gue pernah nonton salah satu film James Bond dan di film itu pernah syuting di sebuah pulau di Denmark bernama Faroe Islands. Awalnya gue nggak tahu pulau itu, tapi pas nonton sama bokap gue, bokap gue yang cerita kalau tempat itu namanya Faroe Islands. Lihat sendiri aja dah di peta itu letaknya dimana. Hahaha.
Nah waktu itu, bokap gue juga cerita dikit soal Faroe Islands. Dia belom pernah kesana sih tapi salah satu mitra bisnisnya pernah kesana. Ya, biasa kan sesama mitra bisnis biasa suka pamer liburan gitu. Pas bokap gue lagi cerita dia pernah ke Jeju Island sedangkan si mitranya itu belom, eh si orang ini malah bales cerita kalau dia pernah ke Faroe Islands. Intinya gara-gara diceritain bokap, gue akhirnya nge-googling pulau itu dan gilaaaa asli di Google aja cakep banget pemandangannya gimana aslinya. Nah, karena merasa terkesima melihat pulau itu meski hanya dari film dan Google, tapi entah kenapa gue jadi penasaran dan pengen kesana. Akhirnya setelah gue sebut Faroe Islands ke Yureka, dia jadi ikutan excited juga. Jadi, fix lah kita ke Faroe Islands buat melengkapi itinary bulan madu kita.
Minggu pertama, kita habiskan di Italia. 3 hari di Roma, 1 hari di Naples, 1 hari di Pompeii, 3 hari di Venezia. Trus lanjut minggu kedua di Irlandia. Di Irlandia kita nggak banyak jalan-jalan karena sengaja pure pengen santai-santai dan nikmatin suasana negaranya yang emang cantik banget. 2 hari di Dublin, 4 hari di Cork, dan 2 hari di Galway. Kalau di Galway karena Yureka ketemuan sama temen sekelasnya waktu SMA yang lagi kuliah S2 di salah satu universitas di Galway, jadi sekalian silahturahmi katanya. Nah baru dari situ kita terbang ke Faroe Islands.
Berhubung nggak ada direct flight dari Irlandia ke Faroe Islands kecuali nyewa helikopter, akhirnya gue sama Yureka ke Copenhagen dulu karena direct flight langsung ke Pulau Faroe cuma dari Copenhagen. Yaa, secara kan emang tuh pulau masih negara Denmark. Yaudah, akhirnya bonus deh jalan-jalan singkat di Copenhagen selama 2 malem. Lumayan lah.
Sampai di Faroe Islands, sumpah baguuuuusss banget. Sepi sih tapi itu yang kita cari. Bener-bener jauh dari hingar-bingar perkotaan. Chill banget pokoknya. Tadinya kita mau 5 hari aja tapi kita keenakan nyantai disana sampe 9 hari. Bener-bener nggak kerasa. 3 hari kita ngabisin waktu di Sorvagur sama Sandavagur, di Pulau Vagar, trus 6 hari sisanya kita keliling naik mobil mulai dari Streymoy, Eysturoy, Kalsoy, dan terakhir di Nolsoy. Wah pokoknya nggak pernah nyesel kita ke pulau terpencil ini. Pengalaman baru banget!
Oh yaa, si Yureka juga sempet nge-vlog buat ngisi konten Youtube Channel-nya yang udah lama nggak upload sesuatu. Tapi setelah dilihat-lihat kontennya kebanyakan ada guenya, akhirnya channelnya berubah dari “YurekaBC” jadi “Double Yu Couple”. Yaa, mostly isinya video-video vlog gue sama Yureka jalan-jalan. Termasuk vlog di Chinatown yang lumayan banyak viewer-nya. Kalau nggak salah sampe 2000an viewer. Jadi selama kita nge-trip ke Europe ini, dia full sabar banget pegang kamera padahal tahu sendiri itu lagi winter dan dingin parah tapi keliatannya emang Yureka bakat dan minat juga sih sama yang kayak gitu-gituan makanya dia santai banget pegang kameranya meskipun tangan udah beku kena udara yang entah udah berapa derajat kala itu.
$$$

Yureka. Tahun Baru 2022. Los Angeles, California.
Tiba-tiba sudah ada di Los Angeles. Benar-benar magic! Yap, satu minggu setelah honeymoon, aku langsung ke Los Angeles memenuhi panggilan undangan dari Blue Cat Screenwriting Fellowship. Hmm, sebenarnya jauh sebelum ke Eropa kemarin, aku mengikuti kompetisi penulisan skrip film ke salah satu organisasi non-profit bernama Blue Cat yang mana tiap tahun mereka mengadakan perlombaan skenario film dan pemenangnya akan mendapat hadiah sekaligus pembinaan dari para expertise Hollywood selama beberapa minggu. Dan beruntung, aku jadi salah satu pemenangnya. Oh yeah! Alhamdulillah maksudnya. Hehehe.
Selain mendapat hadiah uang tunai, 5 pemenang dan 15 finalis diundang ke LA untuk ikut seminar dan kegiatan fellowship lainnya. Ya, tentu yang berhubungan dengan dunia perfilman, terkhusus dunia penulisan skenario film. Oh ya, skenario milikku yang berhasil membuatku terbang ke LA aku beri judul “Within the Realm of Possibility”. Skrip ini menang untuk kategori Half-Hour Script. Skenario ini bercerita tentang seorang gadis berusia 18 tahun yang tinggal di sebuah desa terpencil yang menemukan kejadian-kejadian aneh yang berasal dari buah pikirannya. Setiap kali ia menuliskan hal-hal yang terlintas dari benaknya dan dituang menjadi sebuah tulisan – entah berupa puisi, cerpen, atau bentuk tulisan lainnya– sadar atau tidak sadar, hal-hal itu menjadi kenyataan. Hingga suatu hari, gadis ini berada dalam masalah ketika harus menyelesaikan soal essay untuk masuk ke perguruan tinggi. Topik essay tersebut berkaitan dengan kondisi politik yang terjadi di negaranya. Ia takut kalau ia tulis apa yang ia pikirkan ke dalam essay-nya itu juga akan menjadi kenyataan sama seperti yang sudah terjadi dengan ide-ide sebelumnya.
Cukup dulu untuk penjelasan skenario itu tadi, mari aku lanjut dengan pengalamanku selama di LA. Eh, tapi bagaimana, keren tidak ide skenarioku tadi? Hahaha. Pede sekali kamu, Yureka. Baiklah, seluruh rangkaian acara berjalan dengan lancar, kecuali kondisi fisikku yang agak terganggu. Beberapa kali aku merasa mual selama berada di kelas coaching session. Aku juga beberapa kali ijin ke toilet untuk muntah karena mual yang sering terjadi sesaat setelah makan siang atau malam. Mungkin efek kelelahan karena baru pulang dari honeymoon trip. Yaiyalah, baru pulang ujug-ujug sudah kelayaban lagi Yureka. Bagaimana ini?
Meskipun sesi fellowship selama hampir 2 minggu selesai, tapi aku memutuskan untuk extend 1 minggu di LA. Selain untuk jalan-jalan dan me-time, aku juga mampir ke salah satu Production House untuk survei. Ya, aku berniat mau melakukan internship di salah satu PH yang sebenarnya sudah aku kirim CV dan portofolioku kepada mereka sebelumnya. Meksipun responnya sudah positif, tapi belum fix aku bisa magang disitu atau tidak. Tapi tidak ada salahnya lah mampir-mampir menengok sebentar, siapa tahu aku benar bisa magang disitu.
Oh ya, selama extend di LA, aku menginap di apartemen salah satu kenalan orang Indonesia yang bekerja di LA. Namanya Stephanie. Aku kenal dia gara-gara waktu kuliah dulu. Stephanie pernah campus visit ke NYU. Waktu itu dia masih S2 di UCLA dan field trip-nya ke New York dan campus visit-nya ke NYU dan Pace University. Karena orang Indonesia tahu hawa-hawa sesama orang Indonesia-nya, otomatis aku langsung akrab dengan Stephanie. Jadilah sampai sekarang kami sering berkabar. Terlebih semenjak aku pindah ke SF dan 2 minggu belakangan ikut fellowship di LA, aku semacam memanfaatkan waktu untuk ketemu Stephanie plus memanfaatkan kesempatan untuk numpang tidur di studio apartemennya. Hahaha. Maaf yaa, Stefi!
Stephanie sudah 2 tahun belakang bekerja di Paramount Pictures. Mungkin tidak semua orang tahu PH itu, tapi buat yang suka dan gila film atau televisi Amerika pasti sudah tidak asing di telinga. Sebut saja beberapa film buatan Paramount, seperti “Mission Impossible”, “Star Trek”, “Transformer”, “Forrest Gump”, sampai yang paling hits “Titanic”. Ya, yang terakhir siapa yang tidak tahu film itu? kebangetan sekali kalau tidak tahu. Lanjut soal cerita Stephanie, dia direkrut menjadi tim CGI untuk film-film buatan Paramount Pictures. Wah bangga pokoknya sama anak ini. Tapi tahu sendiri efeknya, dia belakangan ini jadi viral di media sosial karena yaa itu, bisa menembus Hollywood dengan dipekerjakan sebagai filmmaker di studio Paramount Pictures. Keren abis!
Suatu hari, setelah jalan-jalan ke Warner Bros Studio dan lihat Hollywood sign dari jauh, aku nyemil-nyemil cantik di Porto’s Bakery and Café di jalan Magnolia Boulevard. Sambil membuka smartphone-ku, aku minum teh Earl Grey ditemani dengan 1 slice Carrot Cake dan Triple Chocolate Mousse yang super duper lumer di lidah. Aku iseng mengecek Facebook yang sudah lama tidak aku buka. Ternyata ada 6 new messages. Ku buka terlebih dahulu kolom inbox message itu. Tiba-tiba kenikmatan Triple Chocolate Mousse yang baru saja aku santap, hilang begitu saja. Seakan lenyap ditelan segitiga bermuda.
“Adam Wang? Ngapain dia message gue?”
Aku baca dengan seksama isi pesan dari Adam Wang itu. Ya, mantan gebetan yang dulu aku kagumi setengah mati karena ketampanannya yang sangat membutakan mata hati. Yang tidak aku habis pikir adalah KEMARIN JAMIE SEKARANG ADAM WANG?!!! Ada apa ini, Ya Tuhaaaaan???
Aku mencoba mengendalikan emosiku dan membaca dari awal isi pesan dari Adam itu. Pesannya berisi:
Hello, Yureka! It’s me Adam! How are you? I saw on your update that you now live in SF. Congratulation! But guess what? I live in California too! Well, I mean not forever. Tiara got 2 years contract with a model management based in LA. Me and Tiara are going back and forth LA-KL-London and sometimes Jakarta, until her contract over. So, technically now I am in LA! I just landed in LA last week and will stay here until the end of February which is in 3 weeks. Please contact me in case you want to catch up. Have a nice day! Chao. Adam.
Kepala belalang! Oh, Tuhan apa yang harus aku lakukan? Aku baru saja berbaikan dengan Eugene gara-gara perkara Jamie dan Jessica beberapa waktu lalu. Jangan bilang Adam juga akan menjadi the next obstacle. Tapi ngomong-ngomong ada apa dengan Adam Wang ya? Meskipun lama tidak bersua tapi aku cukup kenal dengan gaya bahasanya. Dulu waktu dia ke New York, dia menelpon karena memang mendadak dan tiba-tiba dia ke NY. Dia waktu itu juga tahu kalau aku tinggal di kota itu, makanya dia telpon aku duluan. Tapi dari message-nya ini seakan dia ‘mengemis’ menyuruhku menemuinya. Aku jadi punya firasat tidak enak tentangnya. Sepertinya ada hal yang ia ingin bicarakan. Bukan, pasti bukan ingin mengaku kalau dulu dia juga suka padaku. Oh, cukup hentikan, Yureka. Kau terlalu berlebihan. Hmmm, apa mungkin dia ada masalah? Masalah dengan Tiara mungkin?
Karena tidak mau berburuk sangka tapi ingin tetap menjaga silahturahmi, aku membalas pesan Adam Wang itu. Eh tapi tunggu, aku tidak akan bilang kalau sebenarnya aku sedang berada di LA. Nanti me-time ku hancur lebur kalau dia mendadak menampakkan batang hidungnya di depanku di kota penuh selebriti ini. No way! Tidak mau. Sebaiknya aku tunggu sampai aku pulang ke SF dan izin ke Eugene baru aku akan menghubungi Adam Wang.

$$$

Yureka-Eugene. San Francisco. Perayaan 1st Wedding Anniversary. 2022. Masa Depan.
Eugene            : Gimana LA? Enak banget kayaknya sampe nambah 1 minggu. Lupa balik ke rumah rupanya?
Yureka : Hehehe. Nggak gitu lah sayang. Kan jarang-jarang dapet kesempatan ke LA. Jadi dipuas-puasin deh di LA-nya. Lagian kalo kamu ikut, kamu nggak bakal ngerti.
Eugene            : Ya juga sih. Itu kan kota isinya film sama musik semua. Nggak ngerti ah aku. Pusing.
Yureka : Nah makanya itu. Kamu nggak nyesel kan ngijinin aku kesana. Hehehe.
Eugene            : Btw, kamu kemana aja sih selama extend?
Yureka : Mana aja yaa? Banyak pokoknya. Kalau ke Beverly Hills sama Long Beach udah paketan tuh sama Fellowship-nya. Oh sama ke Universal Studio juga deng. Tapi pas aku jalan-jalan sendiri, aku ke Warner Bros Studio, ABC, HBO, Hollywood Sign bareng si Stephanie, trus ke Paramount Pictures ke tempat kerjanya Stephanie, trus Walk of Fame, sama ke beberapa Comedy Club juga. Ohh sama ke Staples Center. Liat-liat doang sih.
Eugene            : Staples Center tuh bukannya stadion yaa?
Yureka : Iyaa.
Eugene            : Ngapain kesitu?
Yureka : Ya, liat aja. Kan sering ada banyak konser diadain disitu.
Eugene            : Hmm iyaa juga yaa. Nggak kebayang deh happy banget kamu pasti disitu.
Yureka : Eh makasih yaa dinner-nya. Maaf loh first anniversary kita pas banget aku berangkat ke LA kemaren. I am so sorry.
Eugene            : It’s okay, darling. I mean, I am way happier liat kamu ke LA kemaren apalagi posisinya jadi pemenang fellowship. Ya, termaafkan lah dengan prestasi kamu itu.
Yureka : Serius kamu nggak marah?
Eugene            : Buat apa? Toh itu buat karir kamu juga kan nantonya. Lagian anniversary mah bisa kapan aja ngerayainnya nggak harus di hari H.
Yureka : Ya juga sih. But, I’m still thanking to you. And these nice Bibimbap and Ramyun.
Eugene            : Percayalah, aku cuma bisa masak ini. Ini resep paling sering aku bikin karena Mama paling jago masak ini dan paling sering masak ini. Jadi, tahu sendiri lah akibatnya.
Yureka : Tapi emang enak kok. Beneran.
Eugene            : Ya, cuma sayur-sayuran doang sama telur setengah mateng. Trus ramyun-nya beli di Asian Market kan kemaren. Gampang lah.
Yureka : Hahaha. Eh sayang. Aku bukan mau merusak suasana nih. Tapi kemaren pas di LA, aku dapet message dari Adam Wang.
Eugene            : Si Adam? Kenapa emang? Tapi bukannya kamu emang masih whatsappan sama dia ya?
Yureka : Udah jarang kali, Yang. Kan liat update-nya dia cuma dari IG Story aja. Kadang DM sih dikit-dikit.
Eugene : Oh gitu. Trus ada apa sama Adam Wang?
Yureka : Nggak tahu. Tapi aneh banget masa message lewat Facebook. Kan dia punya whatsapp aku. Dan anehnya lagi, kata-kata yang dia kirim tuh beda gitu loh. Kamu mau baca nggak?
Eugene            : Boleh. Mana?
Yureka : Wait. Aku buka dulu Facebook-ku. Tapi kamu jangan marah loh. Jangan kayak pas sama Jamie kemaren.
Eugene            : Sayang, aku kan udah lumayan kenal juga sama Adam. Beberapa kali juga DM di IG. Dulu pernah double date pula. Ngapain marah. Udah lah.
Yureka : Nih. Baca deh.
Eugene            : (secara seksama membaca isi message dari Adam Wang). Hmm, iyaa agak aneh.
Yureka : Tuh kan. Aneh emang. Bukan cuma aku aja yang ngerasain gitu. Apalagi pas bilang “Please contact me” tuh berasa dia pengen aku emang fast respond gitu. Aku ada feeling deh ada apa-apa sama Adam.
Eugene            : Bener juga. Yaudah, kamu telpon dia aja. Tanya dulu basa-basi. Baru nanti kalau udah ketemu, kamu tanyain langsung ada apa. Mungkin dia emang mau cerita sesuatu.
Yureka : Gapapa nih, Yang?
Eugene            : Iyaa gapapa. Santai aja lah.
$$$
Keesokan harinya, atas saran Eugene, aku menelpon Adam Wang ke nomor yang dia kirim lewat pesan Facebook beberapa waktu lalu. Meskipun aku pernah suka sama Adam Wang, tapi kali ini aku pure ingin bantu dia. Yaa, meskipun rada kesel juga kenapa setiap aku tinggal di sebuah kota atau negara, selalu ada dia. Tapi yaa namanya juga menjaga silahturahim, nggak ada salahnya juga kan?
Telpon pertamaku tidak diangkat. Baru di telpon kedua, si Adam mengangkatnya.
Halo? Adam? It’s me, Yureka!
Yureka! Hi. Oh My God, sorry I was in the kitchen serving dinner. Wait, I’ll move to the balcony first. Just hold.
Aku pun menunggu sekitar 20 detik. Setelah itu aku berbincang dengan Adam Wang sekitar 15 menit dengan rincian percakapan sebagai berikut:
Yureka : I received your message actually. But I had no time to reply it, so now I’m calling. Is that okay?
Adam : Sure. No big deal. How are you?
Yureka : I am doing good. Thank you. As you know, I stay in San Francisco now. Hmm, you said you’re staying in LA?
Adam : Yeah. For several weeks. Tiara is here now. Well, basically we go and forth LA-London-KL as I told you in Facebook. It’s tiring but it’s a part of Tiara’s job. I need to support her.
Yureka : That’s great. Hey, by the way, do you want to meet? Maybe you want to talk about something to me or to Eugene.
Adam : Yeah, that’s a good idea. I’ll check my schedule first. Maybe next weekend?
Yureka : Yeah, sure. I am going nowhere anyway. Just let me know when you know what dates you’re going to SF.
Adam : Okay. Thank you, Yureka. I really appreciate that.
Yureka : No worries. Talk to you soon. Bye.
Adam : Bye, Yureka
$$$
Satu minggu kemudian, Adam Wang datang ke rumah. Aku bersyukur karena tidak ada kecanggungan diantara aku dan Adam ataupun Adam dengan Eugene. Mungkin semenjak double date di NY zaman dahulu kala, pun aku pernah datang ke resepsi Adam dan Tiara di Bandung dulu, begitu pula dengan Adam dan Tiara yang juga hadir ke pesta pernikahan ku dan Eugene. Beberapa kali aku juga comment IG Story-nya Tiara atau Adam, begitu pun dengan Eugene. Jadi semua seperti sudah berjalan normal dan natural. Tidak ada yang ditutupi lagi. Memang sih awalnya aku takut Eugene akan berpikir yang tidak-tidak, terlebih aku pernah naksir dengan Adam. Tapi beruntung Eugene semakin bijak menanggapi ini. Kami berdua pure ingin membantu dia kalau dia ada masalah yang ingin ia bagikan kepada kami.
Sekitar pukul 11.30 waktu SF, Adam datang dengan mobil SUV yang ia kendarai dari LA. Katanya pagi-pagi dia berangkat waktu Tiara masih tidur. Dia sengaja baru memberitahu Tiara kalau dia akan mengunjungiku dan Eugene sepanjang perjalanan dari LA ke SF. Aku awalnya merasa Adam sangat egois dan seakan sedang menghindari Tiara.
Sambil menyantap kue Chocolate Chips buatanku semalam dan ditemani Iced Café Latte, Adam menceritakan semuanya. Benar firasatku kalau Adam sedang mengalami sesuatu yang berat, terlebih dengan istrinya, Tiara. Singkat cerita, sudah setahun terakhir sikap Tiara sangat bossy kepada Adam. Semenjak 1 tahun lalu, Tiara resmi dikontrak menjadi brand ambassador salah satu merk Inggris yang sudah mendunia, yaitu Burberry. Tidak hanya itu, Tiara juga sudah resmi masuk salah satu model agency di LA bernama Next Management. Aku lupa persisnya berapa tahun Tiara akan dikontrak atau akan menetap di LA, tapi kata Adam yang pasti itu akan berjalan cukup lama.
Awalnya, Adam hanya ingin sekadar menemani Tiara tour modeling karena agensinya tidak hanya di LA tapi juga ada di London, New York, dan beberapa kota dan negara lainnya. Demi mendukung istri tercinta, Adam bahkan batal melanjutkan studinya di Stanford University dan memilih ikut Tiara ke LA atau London sambil mengurus bisnis keluarganya yang ada di Hong Kong meskipun hanya berkomunikasi dengan kaki tangannya Adam dari jarak jauh.
Beberapa bulan pertama, semua baik-baik saja. Tapi lama-kelamaan, Tiara malah menjadikan suaminya asisten pribadinya. Jadi dengan kata lain, Adam terkukung dengan dunia kerjanya Tiara tanpa ada obrolan, diskusi, bahkan persetujuan antara kedua belah pihak. Hal ini juga yang membuat karir Adam sempat tersendat. Meski dia punya banyak asisten dan bawahan yang mengurus perusahaannya itu, tapi rasanya tidak adil kalau seorang bos menghilang pergi entah kemana dalam waktu yang tidak sebentar, sedangkan ada tanggung jawab lainnya yang harus ia penuhi.
Selain Adam yang dijadikan ‘babu’ oleh istrinya sendiri, Adam juga mengungkapkan kecurigaannya pada Tiara yang bermain api dengan pria lain. Suatu hari, Tiara ada sesi foto di Santa Monica. Tentu Adam ikut menemani. Lalu, waktu Adam baru kembali dari membeli kopi dan roti di Starbucks terdekat, ia tidak sengaja melihat fotografer yang kala itu sedang bertugas, tengah menggoda Tiara, seperti memegang rambut dan pipi Tiara. Awalnya Adam tidak ingin cepat berasumsi bahkan menuduh Tiara berselingkuh dengan pria itu. Ia saat itu mencoba berpikir positif. Katanya “Ohh mungkin bagian photo-session. Tidak perlu khawatir”.
Tapi lama-lama hubungan spesial antara Tiara dan si fotografer berangsur-angsur lebih intim. Hingga suatu hari waktu Adam kembali ke Hong Kong untuk urusan pekerjaan, salah satu asisten Tiara yang orang Mexico bernama Viona, iseng memberi tahu Adam lewat DM Instagram. Dengan bahasa inggris yang terbatas, Viona mengatakan “I see Tiara is going out with a man. Tall man. I don’t know him. But when she came back, they both kissing. I am sorry I tell but I hope you’re doing okay”.
Awalnya Adam tetap hanya ingin ber-positive thinking. Ia hanya tidak ingin begitu saja menghakimi istrinya sendiri. Ia juga tidak ingin kalau langsung membicarakan hal itu ke Tiara, mood Tiara pasti langsung berubah jelek dan tidak bersemangat kerja lagi. Apalagi Adam tahu betul bahwa istrinya sangat mencintai pekerjaannya sebagai model. Dia hanya tidak ingin menindaklanjuti hal itu apalagi kalau risikonya bisa sampai berpisah dan lain sebagainya.
Adam pernah mencoba membicarakan ini ke Tiara, tapi belum menemukan waktu yang tepat untuk ngobrol berdua dan membicarakan hal yang sudah dianggap keterlaluan itu. Adam hanya takut ia akan diancam atau terjadi hal buruk lainnya yang akan menimpanya dan Tiara. Jadi, Adam hanya bisa mengalah. Padahal ia hanya ingin pernikahan yang sederhana; istri yang selalu memberika dukungan moril, punya momongan yang lucu-lucu dan pintar, dan hidup sebagaimana keluarga muda pada umumnya. Tapi hal itu belum bisa terpenuhi karena salah satu faktor pekerjaan Tiara yang mengharuskannya bolak-balik luar negeri, loncat dari satu negara ke negara lainnya.
So, do you have any idea what I am supposed to do?” tanya Adam dengan raut wajah yang sangat tidak bersemangat.
First of all, I am so sorry to hear all of that. I can feel it anyway”, jawabku mencoba menghiburnya.
Yeah, we are very sorry, Adam. But my advice is… just talk to her. Tell what you feel about right now. Tell her that whole these things are burden that fall on you and it seems like only you who face it, not at her side. So, soon or late, you have to talk about this with her. And I’m begging you to do that”, ujar Eugene memberikan nasehat terbaiknya.
Eugene’s right. If it’s bad thing or good thing that would happen, you have to take it. And we’re here always to support you, Adam”, lanjutku sambil memegang pundaknya tanda menguatkan.
Oh My God, thank you so much, Yureka, Eugene. I will never be regret to come to you to talk about this”, respon Adam agak berkaca. Ya ampun, aku belum pernah lihat Adam mau menangis seperti itu. Sepertinya masalah ini sudah sangat membebaninya.
“Kita semua bersaudara, Adam. That’s why we’re here for you. Don’t worry…”, Eugene pun ikut memegang pundak Adam tanda memberikan dukungan dan kekuatan.
Tiga detik kemudian, Adam meneteskan air matanya. Air mata itu membuktikan perasaannya yang begitu mendalam yang sudah lama ia rasakan dan ia pendam tapi tidak tahu mau dibuang kemana. Rasanya aku ikut terhanyut juga. Tapi aku senang aku dan Eugene bisa membantunya, meski sementara ini hanya menjadi pendengar yang baik untuknya.

$$$

Eugene. Chicago. Mei 2022. Masa Depan.
Lima bulan pasca honeymoon ke Eropa, lima bulan juga usia kehamilan Yureka. Yap, Yureka is pregnant! We are expecting a baby! Gue sama Yureka emang nggak rencanain apa-apa soal momongan. Maksudnya, se-dikasihnya sama Allah aja. Nggak rush banget lah intinya. Tapi kalau udah dikasih kayak gini, yaa bersyukur banget lah. Hehehe. Tapi gue penasaran, kejadian di negara Eropa mana waktu honeymoon kemaren yang bisa menghasilkan embrio yang sekarang hidup di rahimnya Yureka. Hahaha. Ya sudah lah jangan diteruskan. Konten dewasa. Kapan-kapan aja bahasnya. Hahaha.
Sebenarnya waktu pertama tahu Yureka hamil tuh udah bulan ke-3. Awalnya dia curhat ke gue dia sering nggak enak badan, kayak mual-mual gitu. Gue dan dia sama-sama berpikir dia kena masuk angin. Maklum, angin SF emang nggak santai. Awalnya gue juga nggak kepikiran buat nanya ke dia apa dia missed her period karena posisinya waktu itu Yureka ada undangan fellowship ke LA dan 2 minggu setelahnya dia dapet kesempatan magang di salah satu production house selama 1 bulan, dan di LA juga. Intinya Yureka udah bolak-balik San Francisco - Los Angeles dalam keadaan udah berbadan dua dalam durasi waktu yang terbilang nggak singkat.
Mungkin sangking senengnya juga Yureka ampe nggak ngeh kalo dia udah telat menstruasi selama 3 bulan. Barulah posisi Yureka masih di LA, dia ngabarin gue kalau dia missed her period dan curiga kalau dia udah isi. Gue pun langsung nyuruh dia beli test pack di apotek atau supermarket terdekat. Dan benar saja, Yureka mendapati dirinya berbadan dua waktu pulang dari magangnya. Gue agak nyesel sih kejadian itu nggak gue saksikan langsung. Maksudnya gue sebenernya semacam menantikan momen “Eh babe, garis dua” atau apalah itu istilahnya.
Sangking gue pengennya dapet surprise semacam itu, Yureka memenuhi keinginan gue dengan test pack lagi pas udah balik ke SF. Meskipun udah tahu hasilnya emang positif, entah kenapa gue tetep excited dan surprised gitu. Hahaha. Ternyata itu rasanya jadi korban penonton layar lebar. Ada sensasi tersendiri pas lihat test pack istri yang menunjukkan simbol plus itu.
Nah, sebagai bentuk syukur gue dan Yureka expecting baby, plus merayakan ulang tahun gue yang ke 27 beberapa waktu lalu, gue sama Yureka jalan-jalan ke Chicago. Yaa, itung-itung babymoon-nya Yureka lah. Kita pilih Chicago karena emang belom pernah kesana aja. Plus, Yureka sekalian visit satu keluarga yang katanya pernah dia temuin di SF beberapa waktu lalu. Ya, lumayan lah kita hemat hotel 1 malam, hahaha. Cengli abis!
Di Chicago kita banyak ngunjungin tempat-tempat touristik, misalnya Millenium Park, Navy Pier, 875 North Michigan Avenue, Buckingham Fountain, dan masih banyak lagi. Kita juga sempet jalan-jalan dan makan di Chinatown dan Little Italy. Kayaknya semacam wajib deh buat keluarga Tiong Hoa kayak gue jalan-jalan di Chinatown. Dimana pun berada, pokoknya Chinatown tetap nomor wahid. Hahaha.
Oh ya, ada kejadian waktu gue sama Yureka ke Chicago. Bukan apa-apa sih, tapi si Adam minta nginep di rumah selama beberapa hari. Gue sama Yureka udah nebak sih fix ada apa-apa sama si Adam. Tapi sayangnya pas dia bilang mau nginep di SF, gue sama Yureka posisi udah mau berangkat ke bandara otw Chicago. Akhirnya, Yureka dan gue punya ide untuk nyuruh Adam stay aja di rumah kita dan nunggu sampe kita balik dari Chicago. Hitung-hitung kasih dia me-time dulu lah.
Meskipun udah nebak si Adam ada apa-apa, tapi gue nggak ada firasat yang gimana-gimana soal dia. Kalau Yureka sebaliknya, dia sempet nggak bisa tidur 2 malam waktu di Chicago kemaren. Katanya firasat nggak enak aja sama Adam. Mungkin bawaan janin juga jadi lebih sensitif gitu. Dan bener aja, waktu kita balik dari Chicago, bener-bener baru naro koper di ruang tamu, Adam langsung peluk gue dan bilang “We decided to get divorce. I’m separating now with Tiara…”. Sumpah, itu adalah berita terburuk yang pernah gue denger.
Gue merasa Gue+Yureka sama Adam udah jadi kayak sodara sendiri. Terlebih semenjak pertama kali Adam main ke SF dan curhat semuanya. Yureka ampe bilang “Duh kalo denger dan liat kondisi Adam kayak gitu, aku sampe lupa aku pernah suka sekaligus kesel sama dia. Tapi cuma kita yang bisa bantuin dia, Jin, jadi kita harus berusaha sekuat tenaga buat nenangin dia. Minimal nggak ngebiarin dia melakukan hal-hal aneh”.
Ya, Yureka bener juga sih. Amit-amit aja nih, Adam mencoba commit to suicide alias bunuh diri, kan kita nggak ada yang tahu? Makanya gue bersyukur banget dengan Tiara yang posisinya lagi tinggal di LA dan Adam ikutan tinggal disana dan posisi gue sama Yureka udah pindah di SF. Jadi beruntung banget si Adam ada sodara sendiri di negeri orang. Terlebih kami tinggal di satu negara bagian yang sama dan nggak terlalu jauh antara satu kota ke kota lainnya.
Gue pun nyuruh Adam buat nenangin diri dulu. Yureka bikinin Adam teh hangat supaya Adam bisa sedikit chill. Gue pun nyuruh Adam ceritain semuanya satu persatu, runtut, dan secara perlahan. Sepanjang dia cerita pun dihiasi dengan isak tangis. Gue bener-bener nggak pernah liat temen se-bro kayak dia serapuh itu. Eh jangan salah, cowok sah-sah aja kok nangis. Kalo lagi ada masalah berat yang menimpa, nangis mah nangis aja. Biar ploooonggg.
Adam pun cerita semua dan menghabiskan durasi hampir 2 jam. Intinya seminggu setelah Adam balik dari SF dan mampir rumah gue waktu itu, kalau nggak salah bulan Januari yang gue sama Yureka ngerayain Anniversary itu, Adam balik ke LA dan menemukan Tiara bertindak makin frontal. Adam merasa Tiara waktu itu dibawah pengaruh alkohol dan bersikap kasar ke Adam. Awalnya Adam masih sabar, nggak mau berbuat kasar balik ke Tiara.
Lalu sebulan setelahnya, Tiara melakukan hal yang sama. Kalau nggak salah abis ada gala party, apa gitu gue nggak inget namanya, dan pulang-pulang Tiara dalam kondisi mabuk parah. Adam mulai jengkel. Oh ya, dan sepanjang sebulan itu juga sikap Tiara makin bossy. Dikit-dikit nyuruh Adam ambil ini-itu, nemenin belanja dari A-Z seakan nggak ada puasnya. Nah di malam itu lah, emosi Adam pecah. Sangking keselnya, dengan posisi Tiara masih drunk, Adam nyeret Tiara ke kamar mandi buat diguyur pake shower air dingin. Ya sih emang katanya orang mabok disiram air dingin biar sober alias cepet sadar.
Selama nyiram Tiara itu juga, Adam ngeluarin kata-kata kasar sambil teriak-teriak ke Tiara, yaa semacam “Bitch, Whore, Sluts”, yang gitu-gitu pokoknya. Dia juga menumpahkan keluh kesahnya di mana selama ini dia dijadiin babu sama istrinya sendiri. Dia selama ini nahan dan nggak ngomong karena masih pengen liat Tiara happy sama pekerjaannya, tapi malah take it for granted jadinya. Adam juga mengungkapkan rasa lelahnya atas sikap kasar Tiara beberapa waktu terakhir, plus rasa kecewanya akan perselingkuhan yang dilakukan Tiara dengan pria lain.
Setelah kejadian malam-malam diguyur itu, paginya Adam langsung nyuruh manajernya meng-cancel semua jadwal Tiara di hari itu, demi bisa ngomong empat mata sama istrinya itu. Pagi menjelang siang hari, di kamar mereka, Adam menginterogasi Tiara atas semua asumsi dan praduga yang selama ini Adam simpan. Awalnya, Tiara tutup mulut dan nggak mau buka suara sama sekali. Tapi Adam maksa supaya masalah ini bisa dicari solusinya. Akhirnya setelah 3,5 jam diskusi intens itu, Tiara mengaku semuanya. Ia mengaku ia telah berselingkuh dari Adam, bukan dengan satu pria tapi beberapa pria, seperti fotografer agensinya, art director dari merk brand ambassadornya, sampai supir pribadinya. Tapi yang paling intens memang hanya ke fotografer yang waktu Adam pernah pergokin si fotografer pegang-pegang Tiara di pantai waktu sesi foto di Santa Monica itu.
Karena udah kelewat kecewa, Adam langsung melontarkan pertanyaan “There are only two options now: kamu berubah atau kita pisah?”.
Jengggg jengggggg sumpah gue merinding pas Adam ceritain bagian ini. Apalagi Adam nambahin kalau beberapa menit kemudian mereka sepakat untuk bercerai. Katanya pake ada adegan Tiara nangis-nangis terisak-isak sih. Tapi Adam udah nggak peduli. Dia takut itu adalah air mata buaya aja.
Meskipun sebenarnya dalam hati Adam masih pengen mempertahankan pernikahannya, tapi rasanya dia udah hilang kepercayaan banget ke Tiara. Makanya awalnya meskipun Tiara nangis sesenggukan dan minta untuk nggak pisah, tapi Adam yang justru meyakinkan Tiara kalau baiknya emang pisah aja, mengingat dia udah banyak main api dengan pria lain. Itu artinya kan janji diantara keduanya dipatahkan gitu saja sama Tiara. Jadi, so pasti lah Adam udah nggak percaya lagi sama Tiara dan bersikeras untuk pisah.
Gue sempet tanya apakah masalah ini sampai kedengeran ke telinga semua anggota keluarga mereka, baik di Hong Kong, KL, London, dan yang ada di Indonesia juga. Adam mengaku, justru dari sebelum kejadian-kejadian yang dia sebutkan tadi, ada beberapa anggota keluarga Tiara yang udah tahu duluan. Mungkin waktu kejadian Tiara selingkuh dan Adam posisinya lagi di HK, ada beberapa pihak yang ngasih tahu ke salah satu anggota keluarganya, kalau nggak salah ke salah satu sepupunya Tiara yang di Jakarta. Gue nebak sih kayaknya si Viona itu, asisten rumahnya Tiara yang ngasih tahu. Emang ember sih dia, tapi justru karena jasanya Viona akhirnya semua terungkap lebih awal biar nggak toxic juga di dalam perkawinan Adam dan Tiara.
“Aku sedih banget denger ini, Dam. I am truly very sorry for you. Kamu yang sabar ya”, Yureka melontarkan kalimat dan terlihat juga sedihnya.
Thank you, Yureka. Eugene, I thank to you too. You guys save my life. I don’t know where to go with this kind of situation. I am so much thank you”, jawab Adam dengan mata masih merah karena abis nangis.
It’s okay, dude. We are happy to help you, eventhough it’s ended up like this. We are very sorry”, terang gue menguatkan Adam.
You can stay here little bit longer if you want. It’s very okay, right, Eugene?”, ujar Yureka menawarkan tempat tinggal sementara untuk Adam.
Sure. Stay here. Clear your head, and when you’re ready, you can arrange all the stuffs and finish it right away. And if you need more help, we are very pleased to help you again. Don’t worry”, jawab gue sambil menepuk pundaknya untuk menguatkan.
Oh My God, why are you guys so kind to me. Thank you so much”, ujar Adam lalu memeluk gue dan Yureka.
Malam itu, kekalutan hati Adam nggak bisa digambarkan dengan bentuk apapun. Gue dan Yureka tentu sedih melihat Adam hanya berhasil mempertahankan pernikahannya yang hanya sekitar 3 tahunan itu.
Empat bulan kemudian, Adam dan Tiara resmi bercerai. Karena mereka menikahnya di bawah saksi KUA Indonesia, mereka pun harus mengurus perceraiannya di Indonesia juga. Meskipun sempat menyita waktu pekerjaan mereka masing-masing, tapi gue entah kenapa lega banget karena Adam udah nggak terkukung dengan keegoisan dan sifat semena-menanya Tiara selama ini. Gue nggak berharap banyak tapi yang pasti semoga ini jalan yang terbaik yang mereka ambil. Gue sama Yureka juga jadi belajar banyak hal dari apa yang dialami Adam dan Tiara, bahwa komunikasi penting untuk mempertahankan suatu hubungan.
Semoga dengan pelajaran yang diambil dari pengalamannya Adam, gue sama Yureka juga makin kuat menghadapi tantangan lain di masa depan, termasuk si bayi yang sebentar lagi bakalan lahir ke dunia. Meskipun kehadiran momongan akan menambah kebahagiaan kami berdua, tapi pasti ada banyak rintangan dan tantangan yang bakal dihadapin nantinya. Yaah, semoga gue siap deh lahir batin jadi seorang bapak.
Oh ya, gue belom kasih tahu yaa jenis kelamin si bayi. Jadi, anak gue itu berjenis kelamin…
Eugene! My water is broke!
Oh damn! The baby is coming! Oh yes!

[BERSAMBUNG]


Lanjut Episode 7 --> Double Yu S3E7

Comments

Popular posts from this blog

Kumpulan Cerita Bersambung : DOUBLE YU - SEASON 1 (karya Yulia Sutjahjono)

"Langkah-Langkah Menjadi Volunteer (Relawan)" Part 2

Langkah-Langkah Menjadi Volunteer (Relawan) Part 1