PULANG DARI JERMAN DITOLAK AMERIKA? BANTING SETIR JADI COPYWRITER?



Pulang dari Jerman ditolak Amerika? 
Banting Setir Jadi Copywriter?
oleh Yulia Sutjahjono

Dari mana ya ceritanya? Hahaha. Sangking lamanya nggak nulis. Padahal sekarang jadi penulis. Oops.

Hehehe penasaran ya dari judul sama kalimat pertama cerita gue ini? Heuheu.
Oke sabar, gue akan ceritain detailnya. Lebih tepatnya pengen cerita soal pasca kepulangan gue dari Jerman dan sampe detik ini gue ngapain aja. 

Oke jadi gini, dimulai dari kembalinya gue dari Jerman ke Indonesia. Gue mendarat di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng dengan selamat pada tanggal 28 Agustus 2018.
Nah ngapain aja habis itu?
Sesuai kontrak gue sama NGO yang ngirim gue ke Jerman, gue wajib magang di kantor mereka selama dua bulan, tapi Alhamdulillah di courting gitu jadi 1 bulan aja. Sempet ada unclear information juga sih yang mengakibatkan friction diantara gue sama NGO ini. Ada lah pokoknya. Rahasia. Hahaha.
Well, gue menghabiskan waktu 1 bulan dari tanggal 10 September sampai 11 Oktober 2018 di Semarang, karena kantor NGO nya ada di Semarang. Kenapa nggak di Jakarta? Yaa emang cuma satu kantornya dan itu di Semarang. Mau tidak mau gue harus tinggal disana lagi selama 1 bulan. Alhamdulillah-nya sih gue jadi bisa ngatur waktu buat ketemu temen-temen kuliah plus dosen-dosen (karena dulu gue kuliah di salah satu perguruan tinggi negeri di Semarang) jadi lumayan lah bisa temu kangen dan cerita-cerita plus sharing pengalaman gue selama di Jerman kemaren. Gue bahkan dapet kesempatan buat ngasih motivasi ke adik-adik junior gue di kampus, tepatnya di jurusan Pendidikan dan Sastra Prancis UNNES.
Setelah magang, gue sempet liburan dulu ke Surakarta alias Solo, main ke tempat abang gue dan reunian sama sepupu  gue yang selalu gue sebut “Crazy Cousin”, yang mungkin kalo diantara lu udah pada follow Instagram gue pasti kenal siapa dia hahaha.
Setelah liburan singkat itu kelar, gue balik ke Jakarta dan mau nggak mau cari kerja dong. Hmm sebenernya sih gue berencana daftar beasiswa S2 ke luar negeri, lebih tepatnya ke Amerika Serikat. Dan sebenernya juga gue udah merencanakan hal ini dari awal gue lulus kuliah di tahun 2016. Tadinya nerusin S2 keluar tahun 2017 tapi belom beruntung dan malah dikasih ke Jerman. Yaa Alhamdulillah juga sih hehehe. Tapi keinginan untuk nerusin kuliah di luar negeri tetep ada sampe sekarang.

Oke agak flashback dikit yaa ke masa dimana gue merencanakan S2 gue ke Amrik itu.
Jadi gini, gue lulus kuliah Juli 2016 dan gue ke Vietnam buat melaksanakan misi ke Hanoi jadi relawan dari September sampe Oktober 2016. Nah setelah itu gue fokuskan diri untuk cari kampus di LN plus cari saran kesana kemari baiknya gue ngambil jurusan apa, di kampus mana, dsb. Waktu itu posisinya gue masih lumayan menerima saran untuk ambil jurusan non bidang yang gue passion kan (passion gue di menulis dan film). Misalnya ambil MBA di Singapore di University apa gitu, gue lupa. Atau ke Boston University ambilnya Management Business. Sampe International Education di mana gitu gue lupa pokoknya di US juga. Nah, kalo mau lolos beasiswa atau keterima di kampus itu kan musti punya TOEFL, bodohnya, gue nggak prepare buat ambil tes TOEFL. Intinya gue nggak mempersiapkan diri atau belajar lebih buat si TOEFL ini lebih awal. Alasan nggak ambil-ambil karena masalah biaya. Padahal ortu yaa dukung-dukung aja dan kala itu gue nggak tahu kalo harga tes TOEFL cuma 500 ribu which means itu murah mennn dibandingkan tes IELTS yang sampe 2,5 juta biayanya. Itu tes doang loh guys. Ya kan bener? Ayo komen kalo kalian setuju IELTS lebih mahal dari TOEFL!
Dah tuh, intinya action gue kurang lah. Akhirnya tindakan gue cuma sampe di angan-angan aja. Trus gue iseng-iseng cari kerja. Yaa nggak iseng juga sih, tapi dulu orientasi gue cari kerja buat biar nggak gabut dirumah, masalah gaji gue bener-bener nggak hirauin. Lalu gue Alhamdulillah keterima di TK Bilingual namanya Bright World School jadi guru kelas TK A. Happy mah happy, ketemu anak kecil siapa yang nggak happy ya kan? Tapi setelah dua bulan gue merasa bosen kerja jadi guru TK itu. Karena gue tipikal dinamis dan nggak suka statis. Kerjanya gitu-gitu aja, masuk jam 7 pulang jam 3 sore. Terlebih gue late person jadi agak gimana gitu kalo bangun pagi. Hehehe. Yaa bisa aja sih bangun pagi tapi nggak pagi-pagi amat. Hahaha. Jadi selama kerja di TK itu gue sering telat masuk. Hehehe.
Mulai gelisah, gue kepikiran buat ikutan voluntary alias kegiatan relawan lagi. Di bulan kedua itu lah, gue contact NGO yang dulu ngirim gue ke Vietnam dan setelah dikasih info ada beasiswa volunteer ke Jerman, gue dengan iseng tapi berharap penuh bakalan keterima, yaa akhirnya ikutan daftar. Nyangka nggak? Nyangka sih hehehe. Tapi pasti sempet ada momen nggak nyangkanya. Natural lah sebagai manusia apalagi punya mimpi buat ke Eropa sejak lama.
Dah tuh, ke Jerman, satu tahun kerja jadi asisten manajer di pusat kegiatan seni dan olahraga di Berlin, blablablabla. 
Nah pas di Jerman, sekitar 3-4 bulan tinggal disana, gue langsung ngelakuin action kecil-kecilan untuk mewujudkan impian gue S2 ke US. Alhamdulillahnya masih inget dengan impian itu karena banyak temen-temen gue yang begitu lulus S1 langsung lupa atau gimana dan nggak nerusin kuliah, padahal mereka banyak yang lebih pinter dari gue. Yaelah gua mah apaan. Cuma ambisi yang selama ini jadi salah satu faktor terbesar gue untuk bisa meraih impian-impian itu. Anjaaayyy.
Trus gue semacam merenung buat menentukan pilihan jurusan plus kampus yang bakal gue pilih buat nerusin pendidikan Master itu. Sebenarnya sejak sebelum lulus, sekitar tahun 2015, dan sebelum memilih mau kuliah MBA dsb yang kayak gue jelasin sebelumnya, gue udah memantapkan hati memilih NYU (New York University). Tapi bedanya pas 2015 dulu gue milih program Cinema Studies (gelarnya M.A) dan sekitar tahun 2017 awal gue berubah pikiran dan pengen ambil jurusan Dramatic Writing-nya (bergelar MFA atau Master of Fine Arts). Alasannya jadi lebih pengen masuk Dramatic Writing karena kepingin banget punya karir jadi penulis, khususnya penulis skenario film dan semacamnya. Intinya karena semakin hobi dan minat gue di bidang menulis semakin besar, jadi akan sangat baik kalo bisa ambil S2 jurusan menulis juga. Supaya semakin runcing dan dalam ilmu menulisnya. Asssoooyyy.
Selain emang nulis itu passion gue, di jurusan itu nggak butuh GRE atau GMAT (tes syarat masuk S2 di kampus-kampus di US), bahkan di semester terakhir nggak perlu bikin tesis yang ilmiah gitu maksudnya, jadi cuma bikin karya tulisan aja sebagai syarat lulusnya. Gimana nggak tergiur kan? Apalagi buat gue yang emang nggak pinter banget dalam mengolah karya yang sifatnya ilmiah dan akademis. Jadi saat itu gue merasa jurusan ini cocok banget.
Trus pas di Jerman, awal-awal gue tinggal disana, gue sempet galau, apakah final nih pilihan gue akan berlabuh pada NYU atau yang lain karena jujur gue masih suka nggak konsisten terhadap suatu pilihan. Yaah, namanya juga manusia, bisa berubah, tergantung situasi dan kondisi di lapangan. Ya kan? 
Akhirnya gue iseng cari kampus lain yang punya jurusan yang serupa. Ternyata ada! Yaitu di Northwestern University (NU). Letaknya di Evanston, Illinois, sekitar 30 menit dari kota Chicago. Makin tergiur ya kan? Yaa meskipun nggak sampe ke New York, tapi di benak gue juga tergiur kalau benar seandainya gue bisa pergi ke Chicago. Kota dimana film "Home Alone" dibuat, yaa pokoknya latar tempat film itu di kota Chicago. Dan waktu itu fix “GUE PILIH NORTHWESTERN!”. Penyebab gue akhirnya jadi milih NU dan menjadikan NYU sebagai cadangan adalah karena syarat masuknya hanya perlu TOEFL dengan 600 poin, sedangkan NYU 650. Nah tapi ada alasan lain nih, karena gue merasa gue bakalan sanggup memenuhi semua syarat masuk program di NU yang nama jurusannya adalah “Writing for the Screen and Stage” (gelarnya juga MFA). Ya, intinya gue merasa kemampuan gue lebih masuk ke NU dibanding NYU. Yaudah akhirnya gue inget banget tuh di akhir Januari 2018 gue menetapkan pilihan untuk masuk NU. Dan sejak itu gue memfokuskan diri buat membuat portofolio sebagai syarat masuk NU karena yaa namanya kuliah nulis yaa lu harus bikin tulisan. Itu sih asyiknya kalo daftar kuliah di luar negeri, apalagi yang non-eksak, lu cuma mempersiapkan portofolio sebaik dan se-perfect mungkin buat memenuhi syarat keterima di kampus yang lu tuju itu.
Apa aja sih portofolio yang jadi syarat masuk NU?
Kalo mau liat detailnya kayak apa, nih gue kasih link nya. KLIK DISINI YA! Tapi intinya, calon kandidat harus membuat 3 karya tulisan: 1 untuk skenario film, 1 untuk skenario teater, dan 1 skenario serial TV, dan semua masing-masing panjangnya 10 halaman, nggak boleh kurang dan nggak boleh lebih, harus exactly 10 halaman. Trus bikin 1 ide cerita, entah itu buat film panjang, TV, atau teater, pilih salah satu aja, dan ide ceritanya ditulis dalam bentuk sinopsis sepanjang 1 halaman. Nggak cuma itu, kandidat juga harus buat critical essay. Pilihannya cuma ada dua, yang pertama tentang pandangan kita terhadap sebagian besar film/drama/acara televisi yang memperdebatkan kekuatan kehendak bebas (freewill) dalam hidup ini, dan sejauh mana mereka memperdebatkan kekuatan nasib. Intinya sih sambil bahas film-film atau acara televisi yang ceritanya itu ada orang kaya dan dulunya gembel, dsb. Sedangkan opsi ke-2, yaitu membuat perbandingan 2 film dengan latar belakang cerita atau plot yang hampir mirip tapi masing-masing film harus berjarak minimal 20 tahun, misalnya yang satu dirilis tahun 2019, dan film satunya lagi minimal dirilis tahun 1999 atau kalo perlu sebelum tahun itu. Entah kenapa gue lebih tertarik milih opsi ke-2 karena keliatannya gampang, tapi ternyata susah juga. Yaudah akhirnya riset sana-sini dan dapet ide untuk membandingkan 2 film anak-anak, yaitu “Home Alone” dan film dari Argentina “El Dia Que Resistia”. Hmmm mungkin kapan-kapan gue bisa upload artikelnya meskipun sebenernya sayang banget sih karena ini ibaratnya aset gue yang siapa tahu 2-3 tahun lagi gue bisa ikutan daftar lagi dan tetep pake isu ini untuk memenuhi portofolio penerimaan NU. Sisanya, syaratnya paling yaa standar: TOEFL minimal 600, surat rekomendasi 3 buah, Paspor untuk mahasiswa asing, CV, Motivation Letter, dan Statement of Purpose. Dan saat itu gue yakin banget bakal tembus program ini.
Semua udah gue prepare tapi saking optimisnya dan malah terlalu menyepelekan, gue jadi hampir lupa buat belajar TOEFL. Ya, namanya manusia yaa, kepedean, dan jujur sempet dalem hati agak sombong dan berkata “Ya TOEFL mah gampang dah, gue juga udah pernah latian dikit pas les di EF dulu”. Tapi yah namanya sombong yaa akan membawa ‘bencana’ tersendiri buat diri sendiri. Sangking lengahnya, sampai balik ke Indonesia gue nggak belajar TOEFL sama sekali, dan bener-bener ngerjain sistem SKS (Sistem Kebut Semalam) sekitar 2-3 minggu belajar sebelum akhirnya ambil tes tanggal 7 Desember 2018.
Gue sempet stress juga karena ternyata setelah di telaah, test TOEFL itu tidak semudah mengerjakan portofolio yang gue prepare sebelumnya. Se-fancy apapun, se-Wow apapun ide cerita gue buat portofolio ke NU, tetep penentunya adalah TOEFL. Gue nggak dapet poin 600 yaa nggak bakal tembus tuh kampus.
Satu minggu kemudian, gue nerima hasil tesnya. Sempet nangis sih pasca tes, alias bener-bener pas keluar ruangan tes, gue sambil ngeteh di salah satu café deket gedung tempat gue tes waktu itu, dan begonya gue nangis di café itu. Hahaha. Gue juga sempet telpon temen gue buat cari saran dan ketenangan. Alhamdulillah lumayan tenang setelah ngobrol ngalur-ngidul sama temen gue, yaa setidaknya emosi gue release lah, lepas dan nggak stress lagi, dan berhujung dengan keoptimisan. Makasih, Kak Mut!
Tetep optimis dan berharap skor gue nggak jelek-jelek amat, kemudian tanggal 14 Desember 2018 pas ambil hasil tesnya, ternyata hasilnya emang jelek. Tidak sesuai ekspektasi. Demi apapun, dengkul gue lemes banget. Lemes selemesnya. Berasa kayak di drama-drama tuh yang ke rumah sakit ambil hasil CT Scan atau hasil rontgen, trus pokoknya hasilnya menyedihnya. Tadinya gue mau buka hasilnya (karena di segel di amplop dan bener-bener rahasia banget) di rumah atau nggak cari café trus buka disana. Tapi gue udah terlalu nggak sabar dan buka amplopnya di balik tembok menuju toilet di lantai yang sama dengan si kantor tes TOEFL ini.
Pas dibuka, tadaaaaa gue langsung lihat ke angka di result nya. Dan poinnya cuma 497! Damn damn damn! Gue lemes selemesnya, speechless, nggak ada gairah seketika, nggak nafsu makan atau minum, rasanya cuma pengen teriak dan nangis sebanyak-banyaknya.
Gue tahu meskipun gue cuma dapet skor segitu, tapi gue nggak bisa nyalahin siapa-siapa, kecuali diri gue sendiri. Ya, ini semua akibat gue yang terlalu lengah dan meremehkan persiapan test TOEFL yang seharusnya emang harus dipersiapkan lebih matang lagi. Plus, nggak terlalu fokus ke portofolio penerimaan NU tadi, karena kalau aja gue sadar sejak awal bahwa TOEFL adalah yang paling fundamental dan crucial dibanding si portofolio itu, gue nggak bakal keteteran kayak gitu. Nasi telah menjadi bubur.
Anyway, gue mencoba nggak larut dalam kesedihan. Gue mencoba buat move on meskipun harapan untuk daftar S2 nya tinggal 20%, tapi gue tetep berusaha buat cari cara supaya tetep bisa daftar beasiswa ke Amerika. Program apapun pokoknya harus bisa ke Amerika tahun 2019.
Lalu, suatu siang beberapa hari setelah ngambil skor TOEFL itu, gue yang lagi buka-buka Instagram, nemu sesuatu yang membuat mood gue seketika bergairah dan bersemangat. Jadi, di salah satu akun informasi beasiswa bersponsor di Instagram (gue liatnya Storygram), ada informasi soal beasiswa ke luar negeri yang programnya non-akademik (kalo nggak salah gitu highlight-nya). Nah trus gue swipe-up deh tuh artikelnya. Dibaca, dibaca, dan dibaca, ternyata AMINEF atau Fulbright Indonesia punya program beasiswa non-degree yang bernama Community College Initiative Program atau singkatnya CCIP. Pas gue baca ternyata persyaratannya nggak terlalu se-wadiwaw yang S2 (yaiyalah). Salah satu persyaratannya adalah punya TOEFL minimal 450! Jadi, kebayang dong betapa excited nya gue dengan informasi itu. Dimana gue lagi stress dan galaunya menghadapi kenyataan TOEFL gue cuma 497, dan ini bener-bener jadi harapan buat gue untuk step-up dan move on dari kesedihan gue itu, dan masih ada harapan buat ke Amerika. Meskipun beda program dan nggak bakal dapet gelar, yang penting ke AMRIK!!!
Tapi gue nggak begitu aja percaya si artikel ini. Setelah baca informasi itu, gue langsung cek ke website resminya AMINEF (https://www.aminef.or.id/) dan gue buka informasi di bagian “Grants for Indonesian” dan benar! Informasi soal CCIP itu memang benar adanya. Berarti artikel bersponsor itu tidak hoax sama sekali. 
Trus gue langsung baca-baca lebih rincinya. Disitu semua informasi mengenai program CCIP ada semua. Nih kalau nggak percaya gue berbaik hati dan attach link nya DISINI! Intinya program CCIP kurang lebih kayak kursus singkat gitu di Amerika. Nggak cuma kursus, tapi ada juga kegiatan magang sama program kerelawanan yang kayak gue lakukan di Vietnam atau di Jerman dulu. Tapi semuanya hanya dilakukan selama satu tahun DAN tidak mendapat gelar apapun. Bener-bener NON-DEGREE! Yaa, jadi kalau suatu saat salah satu dari kalian yang abis baca ini langsung tergerak untuk ikutan daftar, jangan pasang ekspektasi tinggi karena ini cuma program singkat aja. Yaa, mirip-mirip waktu gue di Jerman, cuma bedanya ada sesi kursus di salah satu universitas dan bisa magang kantoran gitu-gitu. Plus, semua program dilaksanakan di AMERIKA! Plus, semua biaya full dibayarin AMINEF! Ya, siapa yang nggak mau ya kan? Secara buat ke sana aja kayaknya nggak mungkin banget, plus jauh, plus ada huru-hara ini-itu soal presidennya yang sekarang masih menjabat, si Tuan businessman itu. Makanya, gue tertarik buat daftar ini karena meskipun cuma setahun tapi setidaknya impian gue yang bener-bener The Ultimate Dream could be coming true through this program!
Gue pun langsung download formulirnya, isi formulirnya, fotokopi ini itu, print ini itu, dsb. Gue sampe nitip doa ke Nyokap gue yang waktu itu lagi umroh ke negeri Arab buat bilang ke Allah untuk mengijabah doa gue yang intinya gue pengen tahun 2019 bisa keterima CCIP dan berangkat ke Amerika. Soalnya kan katanya kalo berdoa di tanah suci akan cepet dijawab sama Allah dan dikabulkan doa-doanya.
Ternyata, Allah belum mengijinkan gue lolos CCIP.
Mulai awal Januari 2019, gue nunggu pengumuman dari AMINEF karena katanya prosesnya nggak selama dan se-berbelit-belit Master Degree Program. Intinya kalau gue lolos tahap dokumen, gue bakal dapet email buat menuju proses selanjutnya yang mana kalau gue lolos gue bakal dapet undangan wawancara dan seterusnya. Gue sampe join group Whatsapp sama orang-orang yang juga daftar CCIP 2019 itu. Tiap jam, tiap menit, tiap detik, gue nongkrongin notifikasi hape, nunggu email dan juga ikutin perkembangan berita AMINEF dari grup Whatsapp CCIP itu. Satu demi satu, kandidat CCIP ngasih kabar kalau mereka udah dapet email dari AMINEF plus dapet undangan interview untuk melakukan tahapan berikutnya.
Awalnya gue masih optimis, karena kloter pertama yang berisi 6 orang kandidat itu udah nerima invitation dari AMINEF. Masih ada 30an orang lagi yang masih punya kesempatan untuk lolos tahap berkas karena kalo nggak salah kuota untuk tahap interview ada 40 orang. Beberapa menit kemudian, kloter 2 udah ketahuan, kloter ketiga juga, sampe kloter 5 udah keluar semua nama-nama yang lolos tahap berkas. Gue makin pasrah tapi masih optimis kalau gue bakalan jadi last call di invivation itu.
Semua berasumsi kalau satu kloter itu diambil dari wilayah atau provinsi, misalnya kloter pertama dari wilayah Timur kayak Papua, Maluku dsb, kloter 2 Sumatera dan sekitarnya. Tapi ternyata kayaknya asumsi semua kandidat melenceng, karena meskipun kloter pengumuman yang isinya kandidat dari Jawa Barat (gue representasi Jawa Barat karena tinggal di Depok bukan termasuk Jakarta, kayak ikut Puteri Indonesia aja yak wkwkwk) udah diumumin di kloter 4, tapi di kloter terakhir alias kloter 6, beberapa dari Jawa Barat, beberapa Jawa Tengah, dan sisanya Kalimantan kalau nggak salah, masuk ke dalam daftar nama di kloter 6 itu. Yaa, intinya cuma si AMINEF yang tahu berdasarkan apa mereka nyantumin nama-nama kandidat yang lolos ke tahap berikutnya. Dan sebenarnya di grup Whatsapp itu nggak semua kandidat masuk grup ya, waktu itu hanya sebagian besar aja, beberapa aja yang keterima tapi mungkin nggak tahu kalo ada grup Whatsapp itu.
Inti dari pada semua intinya adalah GUE TIDAK LOLOS CCIP! Damn damn damn!
Asli gue langsung lemes, lebih lemes dari waktu ngambil skor TOEFL beberapa minggu sebelumnya. Efeknya, selama tiga hari berturut-turut gue dikit-dikit nangis, lagi mandi nangis, lagi sholat nangis, mau tidur nangis. Hampir semua yang gue lakukan bener-bener nggak mood. Gue sembunyiin ini dari Nyokap karena pasti Nyokap bakal ngomong ini itu yang intinya “Yaudah lah nggak lolos bisa tahun depan”. Dan temen-temen yang gue ceritain soal ini juga ujung-ujungnya komentar “Sabar yul, mungkin tahun depan lu bakalan keterima”.
Nah, masalahnya gini guys, kalo 2020 gue daftar lagi, dan nggak lolos lagi pun atau gue lolos, gue udah kepalang tua dan di usia masuk 26 ini, gue semacam udah nggak bisa ‘ngapa-ngapain’. Iyaa, nggak bisa ngapa-ngapain versi Indonesia karena sebenernya yang selalu ada di benak gue, mau 26 mau 30 tahun gue tetep punya harapan buat pergi keluar negeri lagi terlebih buat sekolah lagi. Lebih dan lebih lagi gue masih single, pacar belom ada, apalagi suami atau anak, nah makanya harusnya ini bisa jadi konsep yang jelas seperti “OKE GUE TETEP BISA NERUSIN KULIAH, BAHKAN KELUAR NEGERI!”.
Intinya emang gue tuh pengen banget sekolah lagi. Salah satu penyebabnya adalah gue merasa kuliah S1 dulu gue main-main kerjaannya, jarang ke perpus, kerjanya cuma main internet aja, nonton film, nulis. Yaa di satu sisi bagus sih, tapi di sisi lain gue jadi nggak menggali kemampuan gue dalam mengerjakan sesuatu yang ilmiah gitu, yang mahasiswa banget, makanya efeknya gue lulusnya telat karena lama di penyusunan skripsi yang ternyata emang sulit. Plus efek dari jarang baca buku juga. Nah, makanya dengan gue kuliah lagi, atau minimal yaa lewat CCIP itu, gue berharap bisa memaksimalkan kemampuan gue nantinya. 
Oyaa CCIP itu bidangnya tergantung skill atau keinginan kita yaa. Gue ambil bidang Media dengan konsentrasi Screenwriting for Film/Television. Kalian pasti udah tahu kenapa gue ambil itu. Hahaha. Tapi karena nggak lolos, ya hanya jadi kenangan aja. Entah bisa atau nggak suatu hari nanti. Karena galau juga, kalo suatu hari gue lolos CCIP, gue tetep bisa nerusin S2, tapi kalo gue ambil S2 duluan (baik di Indo atau di LN), gue nggak bisa daftar CCIP karena CCIP maksimal buat yang lulus S1.
Masih soal kegagalan gue lolos CCIP, ada satu dampak yang cukup signifikan ke hidup gue. Jadi, dari dulu, setiap nonton film, terutama film-film Hollywood (entah film atau TV series), selalu ada optimisme selama menonton film-film itu. Contohnya, kalo gue lagi  nonton ulang serial "Friends" atau lagi nonton film lain, gue selalu memasukkan mindset atau sugesti ke otak gue "Lu pasti bisa ke New York, Yul. Pasti bisa! Pokoknya bisa ke Amerika!". Selalu ada bisikan itu seolah gue emang bisa pergi mewujudkan mimpi gue ke negeri Paman Sam. Atau ketika nonton film juga, ketika subtitle-nya pake bahasa Inggris, gue jadi merhatiin banget setiap detil dari dialog dari subtitle itu. Gimana tuh maksudnya? Ya, intinya gue sambil nonton sambil belajar bahasa Inggris lewat situ. Ya, dari dulu emang gitu sih cara efektif gue belajar bahasa Inggris, salah satunya lewat film. Tapi semenjak ditolak CCIP, setiap kali gue nonton film Hollywood lagi, mood buat punya semua sugesti dan mindset atau optimisme itu jadi berkurang jauh, jadi sekitar 30% dari 100%. Asli emang ini ngaruh banget ke hidup gue. Semangat turun drastis dan lain sebagainya. Ditambah, keinginan gue buat nonton konser beberapa penyanyi favorit kayak David Archuleta atau Beyonce di Amerika yang makin nggak mungkin. Padahal seru banget kalo gue bisa kesana, gue sambil menyelam minum air, sambil sekolah sambil nonton konser. Heuheuheu. 
---
Udah nggak lolos, masih jobless, misqueen kalo kata anak milenials, pokoknya semua hal jadi bikin gue stress sendiri, sampe bikin menstruasi gue nggak lancar sangking stress nya. Gue pun berusaha buat menghiraukan itu dengan sesekali nulis draft buku kedua gue, atau sambil cari-cari kerja.
Ngomong-ngomong soal cari kerja, sejak magang gue di Semarang selesai, bahkan kayaknya sebelum selesai, gue udah mulai cari-cari kerja (lagi). Siapa bilang ke Jerman enak? Yaa enak sih, tapi nggak enak nya yaa gini, lu musti cari kerja lagi setelah balik dari service lu jadi relawan di negeri orang. Bisa aja sih lu balik ke tempat kerja lu sebelumnya, sayangnya kalo gue, gue udah memantapkan hati untuk nggak nerusin pekerjaan di bidang yang gue ambil sebelum ke Jerman, jadi guru TK. Dan gue merasa, pasca dari Jerman merupakan momen yang tepat untuk BANTING SETIR! Jadi seseorang yang gue inginkan sejak lama, jadi PENULIS!
Nggak gampang loh beneran. Mulai dari cari di Jobstreet, Indeed, Kalibrrr, Linkedin, sampai iklan-iklan lowongan kerja di Instagram, bahkan cari-cari platform Freelance juga kayak Freelance.com sama Sribulancer. Itu semua gue lakukan demi bisa berkarir jadi penulis. Apa pun jenis tulisan yang bakal gue kerjakan, seluruh jiwa raga, lahiriah batinian, gue siap jadi penulis!
Sebenarnya banyak lowongan penulis, mulai dari Content Writer, Copywriter, Ghost Writer, dan banyak juga posisi lain yang gue lamar, kayak Content Creator, Social Media Specialist, Art Director, Public Relation, Staf Perpustakaan, bahkan gue ngelamar di kantor-kantor Kedutaan di Jakarta, kayak Kedubes UAE, Austria, Korea Selatan, Bosnia dan Herzegovina, dan Mesir. Pokoknya yang sekiranya emang gue tahu gue bakal bisa ngerjain itu, kecuali kayak posisi akuntan, finance, teller, HR, apalagi desain grafis hahaha. Intinya kebanyakan pekerjaan yang gue lamar dan gue nemu di platform-platform lowongan kerja diatas, adalah di bidang kreatif dan digital. Nggak bisa dipungkiri, 2019 harusnya jadi tahun yang melek digital dan teknologi buat semua orang, termasuk gue, dan meskipun nggak semua orang bisa bekerja di bidang ini, setidaknya gue yang udah punya basic menulisnya, bisa berkontribusi secara nyata untuk perkembangan digital, kreatif, dan teknlogi di Indonesia dengan menjadi penulis. Dan penulis yang berorientasi digital dan kreatif itu adanya cuma di kantor-kantor agensi atau perusahaan-perusahaan yang emang udah punya divisi khusus untuk bidang editorial atau sejenisnya yang intinya meng-hire orang buat jadi Content Writer mereka.
Jadi singkatnya, dari 50 lebih lamaran yang gue kirim via email, dan ratusan lamaran di platform pencarian kerja tersebut, gue cuma dapet panggilan interview kerja sebanyak 4 kali! EMPAT KALI GUYS! Dan 2 diantaranya untuk tawaran magang, bukan full-time job. Tadinya gue mikir kalo emang gue bakalan lolos CCIP, gue nggak masalah ambil yang magang, tapi di sisi lain gue juga butuh uang buat support hidup gue, yaa minimal gue nggak minta bokap nyokap gue lagi. Tapi disisi lain waktu itu gue masih keukeuh mau keluar negeri lagi lewat jalur CCIP itu. Tapi takdir memang berkata lain.
Nah, jadi yang 2 itu kan tawaran magang, dua-duanya untuk posisi Content Writer. Yang satu di perusahaan E-Commerce yang bidangnya pariwisata, semacam traveloka gitu lah. Keren kan kalo gue bisa keterima? Waktu interview juga gue liat-liat pegawainya kece-kece banget, kantornya di gedung kece juga, pokoknya pekerjaannya kekinian gitu. Tapi sayangnya ya itu, cuma magang dan magang pun cuma dibayar 1,5 juta per bulan. Zzzzz. Tapi waktu itu gue ‘ngejual’ diri gue dengan berkata “Sebenernya nggak masalah sih kalo magang soalnya saya emang pengen banget mulai karir jadi penulis, dan kayaknya gapapa sih kalo emang cuma magang dan cuma 3 bulan”. Tapi yang namanya hati kecil suka berteriak, bahwa gue sebenernya butuh pekerjaan full time bukan sekadar magang. Tapi untungnya sih nggak ada kabar sampe sekarang yang mana berarti gue emang nggak diterima. Yaudah lah nggak pa-pa.
Yang posisi magang satu lagi, itu NGO gitu. Agak apatis sih NGO ini, jadi pas pertama mengiyakan undangan interview dan ke kantor mereka di Kemang, pas balik, gue langsung “Nggak deh, nggak jadi”. Karena NGO ini bergerak di bidang politik dan sosial budaya, jadi agak keras gitu pandangan politik mereka, jadi gue milih mundur duluan aja, meskipun tetep ‘jualan’ gue sama mereka dengan bilang “Iyaa gapapa kalo magang, yang penting bisa mulai karir nulis dari 0”. Apalah itu pokoknya gitu.
Nah, dua sisanya, ini untuk posisi Full Time job. Yang satu jadi Public Relation di bidang F&B alias restoran/café gitu. Cuma yang interview adalah agen konsultan yang menyediakan jasa pencarian karyawan dsb. Jadi pas gue di interview, ada dua kandidat lainnya tapi untuk posisi berbeda, yang satu buat jadi barista, dan satunya lagi buat jadi tim dapur gitu. Sebenernya pekerjaan ini menjanjikan banget, karena gajinya bisa 5-8 juta per bulan, tergantung restoran atau café mana yang bakal hire gue. Dan kayaknya seru aja kalo bisa kerja di restoran, tiap hari bisa liat makanan, hahahaha. Tapi sayangnya karena gue baru di interview di agen konsultan itu, jadi istilahnya masa depan gue belom ketahuan apakah gue beneran bisa kerja jadi PR restoran atau nggak. Ngerti kan maksudnya? Jadi setelah di interview itu gue musti nunggu lagi, dan nunggunya belum tentu 1-2 minggu, bisa jadi 1-2 bulan, bahkan lebih.
Nah sebelum gue dateng interview si agen konsultan F&B ini, gue juga dapet panggilan interview di salah satu kantor agensi kreatif di daerah Tebet untuk posisi Copywriter yang nantinya menjadi bagian dari hidup gue sekarang. Aciyeeee.

Jadi gini ceritanya…
Pas dapet undangan interview ini, gue lagi mau ikutan tes Psikotest di salah satu perusahaan kimia di Indonesia yang mana gue ambil tesnya di Depok yang deket rumah. Pas baca email undangan interview itu, gue sejujur-jujurnya nih, udah males banget, bukan udah tapi emang males. Apalagi pas dikasih undangan itu, ada banyak poin tentang peraturan kalo diterima, misalnya ada masa kompetensi 10 hari, kalo lulus bakal blablabla, kalo nggak lulus bakal blablala. Pokoknya ribet. Dan gue jadi males. Terlebih awalnya gue taunya kantornya itu di daerah SCBD Sudirman which is jauh pake banget dari rumah gue. Musti naik kereta 1 jam dan perjalanan bisa memakan waktu total 2-3 jam buat sampe kesana. Bener-bener udah lemes dan desperate banget. Kayaknya nggak mungkin nih diterima, dalam hati gitu waktu itu. Tapi ternyata undangan interview nya di kantor workshop mereka di Tebet itu. Jadi gua iyain. Intinya gue nggak berharap banyak dari yang satu ini.
Tapi emang yang namanya berharap atau berekspektasi terlalu tinggi bisa menyebabkan hati kecewa. Dan sebaliknya, kalo nggak terlalu berharap alias pasrahin semua sama Yang Maha Kuasa, pasti malah dapet dan jadi rejeki tersendiri.
Jadi, kalau nggak salah di akhir Januari, gue dateng ke kantor agensi itu, yang di Tebet seperti yang gue bilang diatas. Intinya memenuhi panggilan interview dari mereka. Kantornya sih di rumah yaa, tipikal kantor agensi banget. Heuheu. Tapi pas di interview, orang yang interview baik banget, lemah lembut, ramah, pokoknya nyaman banget waktu wawancara gue. Dan interview yang ini jujur itu interview paling lama yang pernah gue lakukan. Gue dateng jam 12.30 (padahal disuruh dateng jam 1 hahaha), dan baru selesai jam 14.30. Gue bahkan sampe kelaperan pas jawab pertanyaan si interviewer. Cuma yang bikin lama sih emang nggak cuma pas ngobrol-ngobrol sama interviewernya aja, tapi juga ngisi formulir yang lumayan banyak poin-poinnya.
Nah trus, sorenya, sekitar jam 4an, gue yang emang udah janjian sama temen gue, Anastasya (kenalan waktu bikin visa di Jakarta dan akhirnya jadi temen waktu di Jerman sampe sekarang), buat ngerjain sesuatu sama dia di salah satu café di Tebet. Sekitar 15 menit gue baru ketemu dan ngobrol-ngobrol sama Anastasya, gue dapet email dari kantor agensi yang baru aja interview gue tadi. Mereka bilang, GUE DITERIMA jadi COPYWRITER mereka! Yeaayyy!!!
Selain bilang Alhamdulillah, reaksi pertama gue adalah gemeteran. Hahaha. Pas di kereta jalan mau balik pun gue sempet menitikkan air mata. Meennn, come on! I got hired as Copywriter which was one of my target to have a career like that in my life. Moreover in the place such as the creative agency like that! Woohooooo!
Setelah diskusi dan lain sebagainya, gue mulai kerja tanggal 4 Februari 2019. Gue baru sadar sih tanggal 5 nya itu libur Imlek, tapi nggak apa-apa, anggap aja hari pertama jadi hari keakraban antara gue sama karyawan lain, plus adaptasi sama lingkungan kerjanya. Dan dua bulan belakangan gue kerja disini so far so great!
Mereka bilang sih, gue diterima karena emang kantor lagi butuh banget tim untuk ngisi kekosongan di posisi Copywriter, tapi gue yakin bukan perkara butuh karyawan aja, tapi mereka juga hire gue karena mereka mengapresiasi kemampuan dan ketrampilan gue di bidang menulis yang gue buktikan dengan portofolio yang gue kirim ke mereka pas wawancara. Yaa meskipun bidangnya emang sedikit sulit, tapi gue yakin mereka bakal terus kasih gue kesempatan untuk berkembang dengan learning by doing tiap harinya. Dan waktu interview gue juga bilang sih kalo pekerjaan gue yang dulu (guru TK) sebenarnya bukan passion gue, karena passion gue emang di nulis dan gue juga bilang kalo gue udah nulis sejak gue SD, jadi bukan hal yang asing bagi gue soal tulis-menulis. Cuma intinya gue pasti akan banyak belajar ketika gabung di tim mereka nanti karena bidang atau ruang lingkup pekerjaannya emang baru banget buat gue, dan gue yakin lama-kelamaan gue pasti bisa menyesuaikan diri sama semua tugas yang akan dikasih ke gue.

Apa sih tugas gue jadi Copywriter?
Jadi kantor gue ini adalah kantor agensi dimana divisi yang gue sekarang berada di dalamnya lebih banyak ngerjain project Annual Report (AR) alias Laporan Tahunan dari perusahaan-perusahaan besar kayak perusahaan BUMN atau Tbk gitu. Jadi tugas gue sejauh ini baru bantu terjemahin bab-bab yang ada di AR, kayak Profil Perusahaan, Tata Kelola Perusahaan, dan lain sebagainya. Btw, terjemahinnya dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris yaa, hehehe. Karena Bahasa asing yang wajib untuk di input di AR minimal menggunakan Bahasa Inggris. Dan Alhamdulillah-nya adalah, kalau kalian sering baca artikel traveling gue di blog, apalagi yang gue bikin 2 versi (Indonesia dan Inggris), gue merasa kalo berjam-jam nulis di depan laptop sampe nggak ketemu orang tua asuh gue di Jerman dulu, itu bener-bener ada hasilnya. Dan untungnya tahun 2017-2018 lalu gue emang udah membiasakan diri buat nulis lebih banyak dalam Bahasa Inggris. Alhamdulillah usaha itu nggak sia-sia dan kepake banget sama apa yang gue kerjakan saat ini. Ya, ofcourse pasti masih banyak kosakata yang belom gue tahu, tapi justru itu, gue jadi tahu vocabularies baru yang bisa jadi referensi gue dalam menulis Bahasa Inggris yang bersifat korporat. Pokoknya seru deh!
Selain nerjemahin bab-bab di AR, gue juga mengembangkan bab-bab yang ada di AR, pokoknya dibuat dengan kata-kata yang bener-bener korporat dan resmi which means ini asik banget, karena buat seorang kayak gue yang dulunya lemah banget dalam menulis yang resmi-resmi atau ilmiah, justru ini jadi tantangan tersendiri.
Oya, nggak cuma jadi Copywriter, gue juga merangkap jadi Content Writer dan Scriptwriter, dan semua itu sifatnya korporat yaa, jadi resmi dan semi-resmi gitu. Pokoknya asik banget, bener-bener a whole new thing in my life lah pokoknya. Hahaha.
Jadi, setelah dipikir-pikir, Tuhan baik banget sama gue, karena meskipun tes TOEFL cuma dikasih 497 poin, trus nggak dilolosin ke program CCIP, terlebih banyak perusahaan yang nolak lamaran gue sampe gue hampir putus asa, tapi Dia tahu kalo pekerjaan dan ditempat seperti apa yang terbaik buat gue. Ya, gue nggak bisa takabur juga sih, gue nggak tahu apakah ini bener-bener permanen atau cuma sementara atau sebentar aja, tapi gue selalu berdoa dan berusaha supaya gue bisa berkarir di kantor agensi ini setidaknya sampai 5 tahun kedepan, bahkan kalo bisa lebih dari itu.

Mau tahu kenapa gue akan berusaha untuk sebetah mungkin kerja di kantor agensi kreatif ini?
1.     Jam kerja yang meskipun 9.00 – 18.00, tapi gue diijinin untuk masuk kantor agak siang, dengan catatan sehari sebelumnya gue lembur sampe malem banget, dan atau gue akan lembur di hari itu. Dan karena gue orangnya late person, yaa gue bisa sih bangun pagi, tapi gue prefer nggak pagi-pagi amat. Jadi pekerjaan dengan budaya di kantor gue yang emang super duper nyantai, InsyaAllah cocok buat gue yang bentukannya kayak gitu juga. Maksudnya, di kantor juga banyak yang pulang malem sampe jam 12 atau 1 pagi, dan baru masuk kantor di hari berikutnya jam 10 atau jam 11 siang. Yaa selama bisa memenuhi jam kerja, jadi mau dateng jam berapapun sih bebas. Karena prinsipnya kerja di agensi (yang gue rasain sih) : YANG PENTING KERJAAN LU BERES. Nah sama nih kayak gue, gue nggak terlalu suka bangun pagi, suka sih suka, tapi kalo boleh milih gue lebih suka bangun jam 7 pagi dibanding jam 5, hehehe. Awal-awal kerja, yaa biasanya newbie, gue bangun jam 5.30 atau paling banter jam 6. Tapi setelah dua bulan, ketika gue udah tahu butuh waktu berapa menit untuk sampai kantor, akhirnya lama-lama gue jadi sering bangun jam 6.30 bahkan jam 7. Hehehe. Tapi gue sangat oke kalo ada kerjaan sampe lembur. Sejauh ini pulang kantor gue paling awal itu jam 18.25 petang dan yang paling malem adalah jam 1 pagi dan sampe rumah sekitar jam 2an dan baru tidur jam 3 subuh. Gokil kan? Hehehe. Tapi kalo lu tahu gue emang cenderung late person, plus kalo lu udah lama kenal gue, gue pasti akan ngerjain sesuatu yang dimulai siang banget dan selesainya malem banget, bahkan sampe pagi. Well, sekarang-sekarang ini sih lagi suka ngerjain sesuatu dari pagi, tapi siang dan sorenya agak nyantai, nah baru malemnya bisa ngerjain lagi sampe tengah malem atau pagi. Soalnya menurut gue, kalo siang atau sore itu ada aja distraksinya, ngantuk lah, laper lah, cari jajanan dulu lah, dan masih banyak lagi. Intinya, setelah dua bulan kerja di kantor agensi ini, gue menyadari betapa gue bersyukurnya punya pekerjaan ini. Hampir tiap hari gue bilang “God, I love my job! I really am! Thank you!”. Bukan gue membandingkan pekerjaan gue di TK dulu sih, tapi gue sepertinya emang kurang cocok dengan tipe pekerjaan yang kayak dulu. Dan pekerjaan gue waktu di Jerman juga mirip-mirip kayak yang sekarang, makanya kalo kalian sering liat Storygram gue dulu pas di Jerman, terlebih buat kalian yang udah follow gue dari dulu, pasti ngeh kalo gue sering posting Storygram dengan hastag #ilovemyjob, ya karena gue sangat mencintai dan menikmati pekerjaan gue waktu itu. Atmostfernya, sense-nya, hawanya tuh mirip kayak yang sedang gue kerjakan saat ini. Bener-bener bersyukur yang nggak akan ada habisnya. InsyaAllah, Alhamdulillah.
2.  Ritme kerja gue bener-bener gue kenal banget. Artinya, tiap kali gue nulis misalnya nulis draft buku atau buat artikel di blog, pembuatannya emang memakan waktu yang nggak sejam-dua jam. Apalagi buat gue yang kalo kerja super duper perfeksionis, tiap udah sampe di halaman terakhir, gue bisa cek dari halaman atas 3-4 kali supaya bener-bener nggak ada yang kelewat atau ada yang kurang rapih dikit, intinya gue sebisa mungkin ngerjain sampe sempurna, ya tahu meskipun nggak bakal yang sempurna hahaha. Pokoknya gue berusaha untuk serapih dan se-perfect mungkin dalam menyelesaikan pekerjaan.
3.  Masih soal durasi ngerjain tugas. Meskipun dituntut cepet, tapi ada salah satu Copywriter Senior yang selalu ngasih saran untuk nggak terlalu terburu-buru tiap ngerjain tugas yang di kasih Project Officer-nya. Kecuali emang bener-bener urgent. Intinya gue nggak terlalu memforsir diri. Intinya, kalau capek yaa berhenti, kalau haus yaa minum, kalo laper yaa makan, kalo kebelet p*p yaa segera ke kamar mandi untuk melakukan pembuangan. Sesantai mungkin tapi tetep serius, dan yang terpenting kerjaan kita beres dan kita bener-bener bisa mempertanggungjawabkan pekerjaan kita itu dan diselesaiin sampe kelar dan rapih.
4.  Komunikasi selalu nomor satu. Kalau kita ngerasa nggak kuat atau kayak udah diujung tanduk dan minta keringanan atau perpanjang waktu deadline, gue harus ngomong sama sesama Copywriter atau Strategic Director-nya terlebih ke Project Officer nya, jadi biar Copywriter lain mungkin bisa back-up kerjaan gue, dan next time gue bisa back-up kerjaan mereka. Intinya saling komunikasi, terbuka, dan sense of team work di kantor gue bener-bener bisa gue rasakan banget. Mantap!
5.    Secara nggak langsung nambah kosakata Bahasa Inggris. Jadi, karena sejauh ini yang gue kerjain kurang lebih terjemahan Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris, plus yang gue terjemahin itu sifatnya korporat dan resmi, jadi secara nggak langsung perbendaharaan kosakata Bahasa Inggris gue Alhamdulillah meningkat. Sebenarnya ada untungnya waktu belajar kebut semalam waktu mau tes TOEFL, karena tes TOEFL juga kurang lebih sifatnya resmi, formal, dan korporat, jadi di tempat kerja, gue tinggal aplikasiin aja semua itu, dan pastinya tiap hari gue jadi belajar dan mengenal kosakata baru. Intinya kerja jadi Corporate Copywriter bisa bikin pinter. Hehehe.
6.  Masih soal pekerjaan yang bikin pinter, sejauh ini gue juga merasa jadi banyak menyerap ilmu dari tugas-tugas yang gue kerjakan. Misalnya, gue lagi terjemahin bab Tata Kelola Perusahaan (Good Corporate Governance)-nya Perusahaan Kontraktor, gue jadi tahu gimana perusahaan kontraktor mengimplementasikan peraturan-peraturan yang berlaku dari pemerintah (terlebih kalo perusahaan ini diawasi BUMN dan OJK) dalam kinerja dan operasional mereka. Yaa pokoknya gitu. Sama juga misalnya kalau gue lagi nerjemahin Laporan Direksi dari salah satu Perusahaan yang berhubungan dengan Saham dan Pasar Modal, gue mau nggak mau harus riset dan baca-baca soal saham dan teman-temannya lewat internet supaya gue nggak cengo-cengo amat pas nerjemahin kalimat-kalimat yang pasti mengandung kosakata bersifat ekonomi dan bisnis itu. Dan itu gokil banget! Hahaha. Rasanya, selama riset dan baca-baca referensi saham itu, gue berasa jadi Sarjana Ekonomi tapi karbitan hahaha.
7.   Nah ini yang gue paling suka. Di kantor, gue bisa pake baju apa aja yang gue mau. Yaa maksudnya nggak kayak gembel juga yaa. Hahaha. Intinya gue nggak harus pake yang formal ke kantor. Gue dan semua karyawan diperbolehkan pake jeans dan kaos ke kantor hehehe. Jadi, baju formal hanya dipake pas meeting resmi sama pas ketemu klien aja. Dan ini yang emang gue suka banget dengan konsep ini: sekalinya rapih yaa rapih banget, tapi sekalinya nyantai itu yaa nyantai banget. Jadi misalnya salah satu diantara kalian papasan sama gue di jalan dan posisinya mau berangkat atau pulang kerja dan kalian liat gue pake jeans sama kaos polosan, jangan kaget dan jangan tanya “Lu mau kemana?” Hahaha. Karena keseringan gue emang pake kostum kayak gitu ke kantor. Gue cuma ambil dua hari dari 5 hari kerja buat pake yang formal. Tapi belakangan gue jadi sering pake jeans sih karena emang nyaman banget, apalagi dengan pekerjaan yang duduk terus dan lain sebagainya, gerak kesana kemari juga nyaman, paling enak emang pake jeans pokoknya hehehe.
8.   Bonusnya, hmmm apa ya. Sejauh ini kalo jam makan siang juga nggak dibatasi. Kalo kita mau makan siang jam 12 yaa silahkan, jam 1 yaa boleh, apalagi baru makan jam 3 sore yaa gapapa. Tapi jangan dibiasain yaa. Kalo gue karena ada problem sama pencernaan, jadi gue nggak boleh telat makan, jadi pasti gue istirahat kayak orang kantoran normal, jam 12-13, trus biasanya gue coffee break dulu jam 3an dan sholat Ashar. Trus istirahat lagi magriban dan makan malam, trus baru balik biasanya jam 8 atau 9 malem. Dan hitungan jam kerjanya juga harus akurat. Misalnya, kalo gue dateng jam 9 tet, gue boleh balik jam 18 tet. Tapi kalo ada lembur beda lagi ya. Nah, sedangkan kalo gue dateng jam 10, yaa gue harus balik minimal jam 7. Sebaliknya kalo gue dateng lebih awal, berarti gue boleh balik lebih awal juga. Pokoknya diitung durasi lah intinya, minimal 9 jam kerja. Dan sejauh ini gue nggak pernah kena omel kalo gue telat dateng ke kantor, kecuali kalo mau ketemu klien pagi-pagi yaa harus on time datengnya, itu lain soal hehehe. Pokoknya sejauh ini soal jam kerja aman dan nyaman sih. Kalo soal lingkungan kantor, ini juga salah satu favorit gue. Kantor gue itu bukan kantor yang di gedung-gedung bertingkat gitu. Cuma rumah sederhana yang cukup luas dan nyaman yang ada di daerah Tebet Timur. Ya, bisa dibayangkan kalo kantor bentuknya rumah, pasti sederhana dan nyaman banget plus santai dan yaa berasa kayak rumah sendiri. Fasilitas juga kayak dirumah, kamar mandi (bisa mandi kalo mau), sofa bed (kalo mau sesekali selonjoran atau tiduran, dan boleh tidur siang loh kalo udah ngerasa capek banget), dapur juga ada meskipun perlengkapan dan peralatan nggak selengkap di rumah sendiri tapi lumayan lah buat goreng-goreng chicken nugget atau ceplok telor. Fasilitas lainnya kayak mushola buat sholat, internet, dispenser air panas, kulkas, dan yang paling asyik adalah daerah Tebet itu surganya kuliner di Jakarta, jadi kanan-kiri semua makanan, nggak bakal kehilangan ide mau makan apa. Soto, sate, nasi padang, bubur, mie ayam, bakso, restoran dan bistro, coffee shop, sampe kaki lima macam pecel lele dan mie tetek, atau berbagai camilan (es cincau, es cendol, es podeng, es thai tea, takoyaki, rujak, dll), ada semua! Oh ya, dan parahnya lagi, ada Pasar yang jaraknya 2 blok dari kantor. Udah kebayang dong asyiknya kayak apa? Hahaha. Gokil kan? Heuheuheu.

Intinya, meskipun pekerjaan gue demanding banget, tapi dengan segala fleksibilitas yang ada, membuat gue jadi makin semangat buat kerja. Apalagi yang tadi gue bilang, ritme kerjanya itu gue kenal sejak lama, jadi gue semacam jatuh cinta sama pekerjaan Copywriter ini. So, doakan yaa supaya gue betah di tempat yang ini. Doain juga supaya gue juga tetep bisa ambil kuliah lagi suatu hari nanti. Gue tentunya juga berharap yang terbaik buat kalian. Apapun yang kalian lalukan saat ini, mau lagi merintis usaha, jadi guru, jadi PNS, jadi akuntan, jadi banker, jadi koki, apapun itu, mudah-mudah jadi happiness tersendiri buat kalian semua. Yang penting mengerjakan apapun emang harus banget pake hati dan dedikasi yang tinggi, supaya membawa kebaikan dan keberkahan. Aseeekkkk.

Terimakasih buat kalian yang udah baca postingan yang panjangnya kira-kira 14 halaman ini. KALIAN LUAR BIASA! TERIMAKASIH BANGET YAAK! 

Kalau kalian ngerasa artikel ini membawa pesan positif (yang negatif dibuang aja ya, kayak yang menyelepekan TOEFL itu hehehe) silahkan di share ke teman, sahabat, pacar, mantan, keluarga, keluarganya mantan, semuanya deh, hehehe. Tapi semua cerita diatas, murni gue ingin sharing atau berbagi sama kalian, nggak ada maksud sombong atau lain sebagainya. Karena gue sendiri sangat suka ketika gue bisa berbagi pengalaman apalagi kalau artikel semacam ini bisa jadi inspirasi tersendiri buat kalian. Hwaiting!

Gue juga dengan senang hati menerima saran dan kritik dari kalian dengan komen di kolom komentar di bawah.
Atau mungkin diantara kalian ada juga yang pernah mengalami hal serupa seperti diatas? Yuk silahkan tulis cerita kalian di komentar :)


Jangan lupa untuk cek artikel menarik lainnya, sepertinya artikel traveling gue dibawah ini:
1.      Traveling murah meriah di Eropa; Polandia
2.      Impian menjadi kenyataan; Paris, Prancis
3.      Handphone hilang di metro; Milan, Italia.

Atau kalau kalian belum baca cerita bersambung “Double Yu”, silahkan klik ini. Ayo cepet dibaca, karena tahun ini akan keluar Season 3 nya loh!
klik disini ---> Kumpulan DOUBLE YU SEASON 1
klik disini ---> Untuk Episode 1 Season 2 (kumpulannya masih dalam tahap pengerjaan, hehehe, sabar yaa)

TERIMAKASIH TELAH MEMBACA! 

HAVE A NICE DAY TO Y'ALL! 😁😁

➡➡➡➡➡➡➡➡➡➡➡➡➡➡➡➡➡➡➡➡➡➡➡➡➡➡➡➡➡➡➡➡➡➡➡➡➡➡➡➡




(di Salzburg, Austria)
Halo, namaku Yulia Sutjahjono. Aku lahir dan besar di Depok, Jawa Barat. Aku merupakan lulusan program studi Pendidikan Bahasa Prancis UNNES angkatan 2011. Aku juga merupakan peraih beasiswa relawan dari pemerintah Republik Federasi Jerman bernama “Bundesfreiwilligendienst Welwärts Programme “ angkatan 2017-2018. Menulis adalah kegemaranku sejak usia 11 tahun. Aku banyak menulis artikel di blog ku, seperti artikel tentang pengalaman traveling, pengalamanku menjadi volunteer atau opini-opiniku lainnya. Aku juga telah mempublikasi sebuah buku berjudul “Lost in Hanoi : Catatan Perjalanan Seorang Relawan”. Mau tahu isi bukunya gimana? Klik aja langsung di link ini. 
Saat ini aku bekerja sebagai Junior Copywriter di sebuah kantor Agensi Kreatif di Jakarta Selatan. 
Comment dan Share blog ku yaa kalau kalian suka. Terimakasih! Selamat membaca!

Comments

Popular posts from this blog

Kumpulan Cerita Bersambung : DOUBLE YU - SEASON 1 (karya Yulia Sutjahjono)

"Langkah-Langkah Menjadi Volunteer (Relawan)" Part 2

Langkah-Langkah Menjadi Volunteer (Relawan) Part 1