DOUBLE YU SEASON 2 - Episode 9 : "The Proposal: Salah Satu Hari Terbahagia"


Episode 9: The Proposal: Salah Satu Hari Terbahagia
(Courtesy Pinterest)



Yureka. Pancaroba 2019. Jakarta, Indonesia. Masa Depan.

“…Gue akan cari tahu lebih lanjut. Lu tenang aja
Pokoknya I am with you, Yur”
Begitulah kiranya pesan Whatsapp dari Kak Anna yang dikirim kepadaku. Aku langsung lemah tak berdaya. Petir menyambar begitu kuat dan menusuk tulang belakangku. Ngilu. Apa yang terjadi ini Ya Tuhan? Aku baru saja mendapat hal tidak menyenangkan yang terjadi di tempat kerjaku dan sekarang Eugene?
Sepanjang perjalanan menuju kantor, aku benar-benar lemas. Tidak bisa berpikir apapun. Hanya air mata yang tumpah dari bendungannya. Tapi berusaha agar tidak ada yang mengetahui itu. Aku tahan. Bahkan sampai di rumah pun aku menyembunyikan apa yang tengah terjadi pada diriku. Karena baru makan lontong isi oncom, aku masih lapar. Dan kebetulan di meja masih ada lauk kering tempe basah dan sambal plus kerupuk di dalam kaleng. Nasi pun masih tersedia di rice cooker. Kemudian ketika aku sedang mengambil piring di lemari kaca, ibu menegurku, “Eh udah pulang”. Kemudian berakhir dengan percakapan anatara aku dan ibu.
Kami ngobrol layaknya Ibu dan Anak. Kalau soal pekerjaan, aku tidak bisa menutupi rasa kekecewaanku terhadap bosku. Tapi kalau soal Eugene, aku bungkam. Aku tidak ingin ketika aku tidak sengaja membahas hubunganku dengan Eugene, nanti berhujung dengan pernyataan Ibu yang sekiranya seperti “Tuh kan apa Ibu bilang. Orang-orang model kayak Eugene China gitu pasti bandel. Suka mabuk lalalalala”. Tidak mungkin. Aku bisa muak. Jadi sebagai orang dewasa yang baik, aku harus berusaha untuk menyelesaikan masalah ini sendiri dan berusaha agar orang tuaku hanya tahu bahwa anaknya mempunyai hubungan yang baik-baik saja dengan kekasihnya.
Makan malam selesai, aku mandi dan siap-siap pergi tidur. Sebelum tidur, aku sempat mengecek smartphone-ku dan sekadar melihat-lihat isi Instagram story teman-teman sebagai penghibur diriku. Bukan berhasil menenangkan diri sendiri, aku tidak sengaja membuka galeri di smartphone-ku dan tapi kemudian sengaja membuka folder “Double Yu” yang berisi foto-fotoku dan Eugene sewaktu di New York dulu. Bodoh. Kan aku jadi ingat Eugene lagi. Aku memang belum tahu apa yang sebenarnya terjadi dengannya dan apakah memang ada sesuatu yang terjadi antara dirinya dan Jessica. Tapi semenjak tahu kalau ia mulai cuek denganku, aku jadi malas berurusan dengan Eugene untuk sementara waktu.
Tapi namanya juga dengan orang yang kita sayang, semarah apapun kita padanya, pasti ada rasa rindu ingin melihat wajahnya. Terlebih masih dalam rangka LDR. Dan LDR memang sulit bukan kepalang. Sudah LDR, 12 jam pula. Memuakkan.
---
Satu minggu berlalu. Aku sempat ada masalah dengan tempatku bekerja. Dan mau tahu apa yang terjadi? Aku resign alias keluar dari pekerjaan itu. Aku sengaja keluar karena sebelum aku mendadak memutuskan resign, sudah ada pekerjaan baru menantiku. Ya, namanya rejeki tidak ada yang tahu. Jadi, aku memang punya dua pekerjaan yaitu bekerja di redaksi majalah anak-anak dan menjadi penulis lepas di salah satu rumah produksi yang menggarap FTV. Dan aku resmi keluar dari redaksi majalah anak-anak tersebut dan terganti dengan menjadi salah satu karyawan divisi promosi dan publikasi di salah satu galeri seni di Jakarta. Galeri ini baru buka tahun lalu, dan untuk mempromosikan galeri ini memang butuh beberapa orang lagi. Aku memang tidak tahu sama sekali soal seni murni. Meskipun aku suka dengan seni, apalagi aku memang lulusan S2 dari sekolah seni di New York, tapi setidaknya aku masih tahu dunia publikasi, terlebih aku dulunya memang bergelar S.Ikom dari Universitas Paramadina. Jadi, tidak kaget-kaget amat lah.
Aku mengetahui pekerjaan ini juga dari teman kuliah S1 ku dulu yang bisa dibilang sahabat ku sendiri yang bernama Nina. Nina ini kebetulan juga bekerja di galeri seni tersebut dan ia lah yang membantuku untuk bisa menjadi karyawan di galeri seni itu. Terimakasih, Nina.
Di hari pertama bekerja, semuanya baik-baik saja. Sebagai awalan, aku hanya diminta mengecek website galeri tersebut dan juga membalas email yang masuk. Dan sejauh ini tidak banyak email yang masuk, jadi ya bisa dibilang pekerjaanku masih dibilang oke.
Saat makan siang, aku dan Nina pergi keluar galeri dan mencari makan. Saat makan siang kami pun berbincang-bincang seperti berikut :
Yureka            : Duh pokoknya gue makasih banyak banget nih sama lu, Nin.
Nina                : Halah. Gue cuma disuruh cari orang yang bisa pegang publikasi, dan gue tahu lu bisa handle itu, dan kebetulan elu juga lagi ada masalah di kantor lama, jadi kenapa enggak.
Yureka            : Mati satu tumbuh seribu, ya?
Nina                : Nah. Eh tapi makasih juga nih Mie Ayam nya.
Yureka            : Sama-sama. Anggap aja rasa terimakasih gue ke elu.
Nina                : Kalau yang ini mati satu tumbuh seribu juga?
Yureka            : Bukan. Tapi ayamnya emang udah mati trus diolah jadi Mie Ayam
(tertawa)
Nina                : Eh btw lu masih sama Eugene?
Yureka            : Masih.
Nina                : Kenape muka lu? Ada masalah sama dia?
Yureka            : Yah, namanya juga lagi LDR. 12 jam pula. Jadi yaa gitu….
Nina            : Udah cerita aja sama gue. Yaelah. Kayak gue ama siape aje. Dulu noh waktu sama Nabil, lu juga….
Yureka            : Eh nggak usah bawa-bawa nama tuh orang ya. Tolong.
Nina            : Iyaa, sorry. Yaa, pokoknya kalo lu butuh temen curhat, udah jangan malu-malu lah, santai. Emang kenapa lu sama Eugene?
Yureka            : Gue udah dua minggu nggak contact Eugene, Nin.
Nina                : Buset. Lama amat. Berantem apa gimana?
Yureka         : Awalnya gue berantem gara-gara gue ngeluh sama kerjaan gue yang dulu itu. Trus somehow kita ribut hebat. Trus gue denger dari temen gue kalo dia… selingkuh…
Nina                : Astagfirulloh… yah. Kok bisa? Tunggu. Lu udah cari tahu gimana-gimananya?
Yureka         : Temen gue yang cari tahu. Dan katanya emang bener dia pernah ciuman sama roommate gue di apartemen dulu.
Nina                : Yang orang Mexico itu?
Yureka            : Bukan. Ada yang baru yang baru masuk beberapa minggu sebelum gue balik ke Indo. Orang Indonesia juga kebetulan dan… Chinese. Dan yang bikin gue khawatir itu karena dia Chinese. Dan yaa lu tahu lah, kalo Chinese sama Chinese yaa bisa aja…
Nina                : Eh tunggu. Jangan suudzon dulu. Seinget gue yang pernah lu Whatsapp ke gue kan karena Eugene suka sama lu dan akhirnya kalian jadian kan karena lu berdua sama-sama seiman, sama-sama muslimnya. Dan Eugene sendiri yang bilang kata lu kalo dia emang cari pasangan yang semuslim juga, iya kan?
Yureka            : (Aku hanya mengangguk)
Nina        : Dengerin gue, nih Re. Sebuta-butanya cowok dibikin sama cewek cantik, kalau kelakuannya nggak cantik, dia bakalan tetep balik ke yang hatinya cantik. Gue tahu sih banyak cowok-cowok yang cuma cari kecantikan luarnya cewek, tapi dari semua cerita-cerita lu dan gue pernah ngobrol sekali lewat video call waktu itu sama lu sama dia juga pas lu masih di NY, gue rasa Eugene orangnya beda. Dia yaa emang beda aja. Dan menurut gue dia emang nerima lu apa adanya. Dan buktinya dia duluan kan yang nembak lu. Selama lu PDKT ama dia lu juga bilang lu nggak usaha-usaha amat, dia yang datengin lu terus. Ya kan? Nah berarti emang dia yang suka sama lu dan dia konsisten kalo dia emang mau jadi the one and only-nya elu.
Yureka        Oh My God, Nin. Lu tuh selalu bikin gue tenang, kenapa sih? Sebel tahu. (aku tersenyum lebar kembali). Makasih ya.
Nina                : Sama-sama. Tapi btw dia udah berusaha hubungin elu, atau emang kalian lagi nggak sama sekali contact-contact-an?
Yureka            : Dari minggu lalu dia nelpon tapi nggak gue angkat. Dia chat gak gue bales, cuma gue read aja. Eh gue bales sih, cuma bilang “Lagi sibuk interview di tempat kerja baru. Sorry”. Gitu.
Nina           : Ayolah. Dia pasti mau bilang sesuatu ke elu. Dan kalo dia ngomong jujur ke elu misalnya emang dia beneran ada apa-apa sama siapa yang roommate lu?
Yureka            : Namanya Jessica btw.
Nina           : Ya Jessica… pokoknya lu harus janji sama gue, jangan putus sama Eugene. Karena sebenernya gue punya feeling lu bakal berjodoh sama Eugene.
Yureka            : Serius?
Nina               : Yap. Gue tahu semua cerita cinta lu semenjak kuliah dulu. Dan gue beneran empati sih sama lu. Makanya gue seneng ketika lu akhirnya bisa nemuin Eugene, gue yang sebenernya pengen bilang terimakasih ke dia karena dia udah milih elu. I know you well, Yur.
Yureka            : Ah so sweet deh. Thank youuuu banget!

Malamnya, sepulang kerja, aku mendapatkan voice note dari Eugene. Aku tidak berharap apapun dari VN itu. Entah itu pengakuannya dia sendiri, atau apapun, aku tidak peduli. Yang penting, aku tetap ingin melanjutkan hubunganku dengan Eugene. Titik.
Ku putar VN itu dan suara Eugene terdengar. Ah, aku rindu suara itu.
“Assalamualaikum, Sayang. Kamu apa kabar? Angkat telpon aku ya. Please. Atau telpon balik. Aku tahu kamu sibuk sama kerjaan baru kamu, tapi please aku mau ngomong sebentar aja. Hmmm. Aku tahu kok kalo kamu tahu sesuatu dari Kak Anna…”
Wait, Kak Anna? Jangan-jangan…
Aku langsung melanjutkan VN itu yang sempat aku pause beberapa saat.
“Pasti kamu udah tahu kalo aku ciuman sama Jessica di suatu malam. Dan Kak Anna nyamperin aku besokannya. Tapi tanpa memberi tahu kamu. Kata Kak Anna, dia yang mau tahu duluan karena dia semacam ada rasa mewakili kamu kalau ada apa-apa sama aku disini. Dan bukan berarti kamu nggak dikasih tahu, Kak Anna cuma nggak mau kerjaan kamu terganggu karena dia juga tahu kamu abis resign dan sibuk di tempat yang baru. Dan tadinya aku mau ngasih tahu ini besok-besok, tapi aku udah nggak bisa nahan lebih lama lagi… Hmmm. Ya, aku ciuman sama Jessica. But it didn’t mean anything, Sayang, I swear! Waktu itu aku lagi ada problem di kampus. Maket aku hancur karena aku taro di kardus gitu dan gatau, somehow ada yang ngerusakin, dan mungkin yang ngerusakin itu nggak sengaja dan nggak tahu kalo di dalemnya ada maket buat bahan ngajar aku. Dan kala itu Jessica yang bantuin aku buat bikin lagi dalam satu malam. Aku sempet stress berat, tapi aku nggak bilang kamu karena takut kamu khawatir. And then she brought me to a bar and we drunk. Maaf ya sayang aku pernah bilang ke kamu kalo aku nggak mau minum bir atau alkohol lagi tapi somehow I needed it. So, aku minum, dan nggak kerasa bikin aku drunk dan Jessica bawa aku pulang dan kata Jessica aku drunk parah banget sampe di jalan juga aku kayak orang gila, dan aku pun nggak sengaja nyium dia di jalan. Ya, you know, drunk people. Dan Jessica juga ngaku dia ngambil kesempatan dan kesempitan kala itu. Dia juga balas cium aku, like very hard. But I didn’t feel anything cause I was too drunk…”
Jeda lima detik. Aku tidak mendengar apa-apa tapi VN nya masih ada sekitar lima menit lagi. Ternyata aku mendengar Eugene menangis dibalik VN itu. Kemudian suara Eugene di VN berlanjut,
“… Aku minta maaf sayang. Maaf, banget! I swear it didn’t happen anything. Like… you know… no. Big no. Aku nggak ngapa-ngapain sama dia. Beneran. We just kissed and that’s it. Nggak pernah ada dalam otak aku buat having affair sama cewek lain. Nggak ada, Yang. Sumpah! So, please call me. I do really apologize…. And believe me I’m telling you, that I still love you…”
Air mataku tumpah setumpah-tumpahnya. Aku menangis sejadi-jadinya. Ya, kalimat terakhir yang makin membuat tangisanku bertambah mengharu biru. Aku benar-benar tidak pernah mendengar Eugene semenyesal itu. Aku yakin dia benar-benar menyesal. Mumpung di Indonesia belum terlalu larut, dan di Amerika juga tidak terlalu pagi, aku memutuskan untuk menelponnya.
Setelah panggilan pertama, Eugene tidak mengangkat. Mungkin masih tidur. Panggilan kedua juga. Karena tidak sabar aku balas dengan VN juga.
“Hi Eugene. Thank you for your messages. That’s so touchy I guessed. I was upset, I really was. But… I knew you never had a thought to do that kind of thing. So, I forgive you, Sayang. And I still love you too…”
Semoga tujuh belas detik itu bisa membuat Eugene tenang sekarang.

---

Eugene. Musim Gugur 2019. Kampus Columbia University. New York. Masa Depan.
            Setelah kejadian gue mabuk parah dan hampir selingkuh sama Jessica, untungnya gue udah baikan sama Yureka. Gue sampe harus berkali-kali telpon dia, entah Video Call atau Voice Call di Whatsapp, Skype, sampai telpon normal pake data roaming, udah gue lakuin semua. Dan pas gue desperate, gue emang udah pasrah sih, nggak tahu Yureka mau maafin gue apa nggak. Yang jelas gue emang bener-bener nyesel ngelakuin itu dibelakang dia. Tapi sejujurnya gue emang masih sayang sama dia. Dan kepengen hubungan ini berlanjut sampai jenjang yang lebih serius.
Ngomong-ngomong soal serius, tadi pagi sebelum gue berangkat ke kampus buat ngisi kelas, gue nyempetin waktu buat nelpon sang kekasih tercinta kita masih ada jarak 12 jam, dan entah kenapa ada salah satu topik pembicaraan yang mengarah ke topik pernikahan. Maka terjadilah percakapan berikut ini:
Eugene          : Eh, Sayang, kamu belum cerita gimana waktu ke kondangan si Adam Wang sama Tiara waktu itu.
Yureka            : Ya, nggak gimana-gimana. Cuma liat akad, trus sah, trus lanjut ke acara resepsi, trus makan-makan, trus foto-foto, upload sana sini. Udah. Ya kayak kondangan normal aja.
Eugene            : Yakin nggak baper?
Yureka            : Yaelah. Please deh.
Eugene            : Ya kan aku cuma tanya. Siapa tahu.
Yureka            : Ya, sejujurnya sih waktu liat dia ngucap ijal qobul, sempet bergetar gitu.
Eugene            : Maksudnya?
Yureka         : Ya, kan aku pernah suka sama dia. Pernah jalan-jalan sama dia. Makan Tong Shui bareng di George Town, keliling Penang, ketemu sama dia berminggu-minggu. Mana ganteng pula kan anaknya. Ya, normal lah kalau cewek biasa kayak aku naksir sama dia…
Eugene            : (Gue terdiam. Kayaknya Yureka sengaja bikin gue cemburu)
Yureka            : But it was on the past kok. Ada di masa lalu. Hahaha…
Eugene            : Tapi sekarang?
Yureka          : Ya sama elu lah. Gimana sih. Cemburu ya? Ya, intinya, meskipun Adam Wang menjadi salah satu barisan mantan gebetan aku, yang berakhir na’as, tapi berakhir bahagia sama kamu, jadi aku ikhlas banget liatnya. Malah lega gitu waktu menyaksikan langsung kalau Adam Wang resmi jadi suaminya Tiara.
Eugene            : Syukur deh. Alhamdulillah. Eh, Sayang ngomong-ngomong soal kondangan, aku kok pengen cepet-cepet tinggal berdua sama kamu ya.
Yureka            What? Maksudnya?
Eugene            : Ya, kita tinggal berdua. Biar kalo ada masalah, nggak usah gini, capek reconnecting terus kalau kamu nggak ada sinyal atau apalah. Capek ternyata LDR. Nikah aja yuk!
Yureka            : (terdiam)
Eugene            : Halo? Sayang? Aku nggak becanda loh ini. Sayang?
Yureka            : (tertawa kecil). Ini serius? Apa coba ulang?
Eugene         : Ya, intinya kita harus mulai mikirin, hubungan ini mau dibawa kemana. Kita nggak bisa kan gini terus. Ya karena agama kita, kultur kita, yaa kita nggak boleh terus-terusan sepuluh tahun gini terus. Ya nggak sih? Ya, kecuali kita orang Amerika, bebas, bisa tinggal bareng, tanpa mikirin biaya nikah, bikin anak sebanyak-banyaknya sesuai dengan keinginan, atau apalah.
Yureka            : (Tertawa kecil) Ya, kamu bener. Kita udah pernah bahas ini sebelumnya. Dan ya, kita harus memikirkan gimana caranya supaya kita tetep bareng tapi ya harus ikutin aturan yang ada. Isn’t it?
Eugene            That’s right.
Yureka         : (menghela napas) Kamu pulang dulu ke Indonesia, nanti kita bahas. Gimana? Dan kalau kamu emang serius, yaa ke rumah ku dong, bawa orang tua kamu.
Eugene            : Berani. Siapa takut?
Yureka            : Tapi…. Apa kita nggak terlalu muda yaa buat ngomongin ini. Aku masih 26. Kamu 24. Kok kayaknya dalam mindset aku, umur kita tuh terlalu muda buat ambil keputusan kayak gini.
Eugene            : Ya, kita nggak ke penghulu besok juga kali, Yang. Kita masih ada waktu kok santai aja.
Yureka            Yeah, you’re right.
Eugene            : Okay. Changing subject! Eh mau tahu sesuatu nggak?
Yureka            : Apa?
Eugene         : Aku, InsyaAllah, kalau jadi, aku bakalan di kontrak sama salah satu perusahaan interior design di…
Yureka            : Dimana? Jakarta?
Eugene            : Sayangnya masih diluar Indonesia tuh.
Yureka            : Yah. Kamu…
Eugene            : Tapi deket kok dari Indonesia. Deket banget. Kamu bisa kesana kapanpun yang kamu mau. Tanpa pake visa pula.
Yureka            : Yah luar negeri lagi. Tapi kalau tanpa visa berarti masih daerah MEA ya?
Eugene            : Coba tebak dimana?
Yureka         : Timor Leste kayaknya nggak mungkin. Malaysia? Ih nanti ketemu Adam Wang ah nggak mau.
Eugene            : Ya ampun masa nyerah. Singapore, Sayang.
Yureka            : Hah serius, Yang? Beneran?
Eugene           : Iyaa. Tapi InsyaAllah, ya. Aku belum bisa janji. Aku masih tahap berkas-berkas gitu. Ya kontraknya 1 tahun sih. Setidaknya meskipun lebih lama dari kontrak kerja ku yang sekarang, tapi kan kita bisa agak deketan dikit dibanding ini. Capek LDR 12 jam tahu.
Yureka        : Yaudah, aku akan selalu doain kamu semoga kamu bisa terpilih jadi interior designernya Singapore punya.
Eugene            : Aamiin.
Yureka          : Eh, Yang, udahan ya. Aku ngantuk. Kamu selamat kerja ya. Jangan lupa sholat. Makan, makan buah dan sayur dan olahraga.
Eugene            : Sip. Thank you, my Honey Bear. Sleep well, yah. Bye. Assalamualaikum.
Yureka            : Walaikumsalam.
            Ya gitu deh, percakapan gue sama Yureka. Dan entah mengapa, setelah gue tutup telepon dan masih santai di kantin sambil menyerutut segelas kopi sebelum masuk kelas, gue semakin berpikir untuk tetap ingin melangkahkan hubungan kami ke jenjang yang bener-bener serius. Gue tahu gue masih muda, tapi kalau emang Yureka jodoh gue, ya kenapa nggak. Ya kan?


…Sepuluh bulan kemudian

Yureka. Juni-Juli 2020. Jakarta dan Singapore. Masa Depan.
            Banyak hal yang telah terjadi dalam kurun waktu sepuluh bulan ini. Aku semakin menikmati pekerjaanku di galeri seni di bilangan Jakarta Pusat ini, masih sering menulis untuk ide-ide cerita FTV yang juga masih menjadi side job-ku, dan hubunganku dengan Eugene juga semakin lama semakin menyenangkan.
            Bicara soal hubunganku dengan Eugene, aku jadi teringat beberapa waktu lalu dan dalam beberapa kali kesempatan, aku dan Eugene membicarakan hubungan kami yang akan dibawa ke jenjang yang lebih serius. Jujur, aku masih takut membicarakan ini. Di satu sisi aku masih ingin berkarir, terlebih keinginan ku untuk berkarir di ranah internasional belum tercapai, tapi di sisi lain, aku sudah berpacaran hampir 2 tahun dengan Eugene. Tidak terasa. Tapi memang kalau dipikir-pikir, sudah waktunya juga memikirkan hal itu. Ya, mau bagaimana lagi. Tinggal aku dan Eugene yang menentukan apakah kami benar-benar siap atau tidak. Dan soal kapannya pun semua ada ditangan kita, dan juga campur tangan dari Yang Maha Kuasa.
            Soal restu kedua orang tua. Alhamdulillah-nya usahaku dan Eugene untuk saling mengenal keluarga lumayan berhasil. Berangsur-angsur, aku diterima baik oleh Tante Mia, Mamanya Eugene, yang pertama kali mempermalukan didepan semua anggota keluarga Oetomo karena aku makan mie udon terputus tidak seperti orang Korea yang makan mie atau ramen atau sejenisnya langsung dalam satu tarikan napas. Ya, namanya juga tidak tahu dan tidak terbiasa. Tapi kala itu aku rasa Mamanya Eugene sangat ilfil denganku. Tapi dengan segala daya dan upaya, aku berusaha melakukan pendekatan persuasif dengan beliau, juga Papanya serta Adiknya Eugene, Genji. Kalau Papanya untungnya tidak ada masalah, aku malah merasa sangat diterima oleh Papanya. Om Geni benar-benar pribadi yang ramah dan baik hati yang pernah aku kenal.
            Suatu hari Om Geni berkunjung ke Jakarta karena sedang ada bisnis dengan rekannya, tapi tanpa mengajak Tante Mia dan Genji. Dan malah Om Geni menyempatkan diri bertemu denganku ditengah kesibukannya dengan bisnisnya tersebut. Kala itu, Om Geni menginap di rumahnya di Tebet, ya keluarga Oetomo memang punya rumah di bilangan Tebet, dan sebelum pulang ke Tebet, ia mengajakku makan malam di salah satu restoran sushi di salah satu Mall dekat Bundaran HI, dan Om Geni yang mentraktirku! Alhamdulillah. Aku berbincang banyak disana dengan Om Geni dan awalnya aku tidak ingin mencurahkan isi hatiku pada Om Geni tentang anak sulungnya. Tapi ternyata Om Geni sendiri yang memancingku untuk bercerita.
            Intinya, aku memang sayang dengan Eugene. Aku dan Eugene sudah mulai membicarakan hubungan kami menjadi hubungan yang serius. Dan aku berkata juga pada Om Geni kalau Eugene itu memang cinta pertamaku dan mudah-mudahan cinta terakhirku. Ya, memang terdengar sok puitis, tapi ya memang kenyataannya begitu. Tapi ada satu hal yang masih mengganjal, karena latar belakang keluarga mereka sangat jauh dari kelas keluargaku. Aku dan keluargaku hanya berasal dari kalangan kelas menengah, sedangkan Eugene dan keluarga berasal dari keluarga kelas atas.
            “Ya, jadi itu Om, yang sampai saat ini masih membuat saya berpikir ulang, apakah anak Om benar-benar soulmate saya atau bukan”, ujarku pada Om Geni.
            Om Geni sempat terdiam. Aku tidak tahu apa yang dipikirkan oleh beliau saat itu. Tapi sesaat kemudian, Om Geni mengeluarkan kata-kata, “Kamu tahu tidak, Yureka? Sebenernya Om nggak boleh bilang ini ke kamu. Ini dari Eugene. Tapi Om sangat berempati dengan semua cerita kamu tadi. Dan kamu mau tahu? Eugene yang bilang sendiri ke Om kalau dia benar-benar suka sama kamu. Sayang malah. Om tahu semua mantannya dia. Mulai dari yang beda agama, oh sering kalau beda agama, karena Eugene kan dulu tak sekolahkan di sekolah untuk orang-orang Chinese waktu di Bali dulu. Ya, dan kebanyakan anak-anaknya Non-Muslim semua. Yo, ndelalahnya, kebetulannya, ada yang suka sama dia, trus dia kan dulu belom paham mana yang boleh ditemenin, mana yang boleh dipacarin. Ya, akhirnya mereka pacaran. Dan ketahuan sama orang tua mantan pacarnya itu….”
            Aku memotong pembicaraan Om Geni sesaat, “Kayaknya saya pernah diceritain om yang ini sama Eugene. Itu pacarnya pertamanya Eugene kan om? Namanya… Janice kalau nggak salah”
            “Ya, betul sekali. Nah, setelah itu putus. Trus lama dia tidak punya pacar, karena terlalu sibuk sama sekolahnya. Mamanya yang mendisiplinkan dia sampe sebegitunya sebenernya. Tapi Eugene memang anaknya sangat rajin dan tanggung jawab. Sampai dia berhasil masuk SMA Negeri favorit di Denpasar. Nah trus dia pacaran lagi. Tapi sama beda agama juga. Yang waktu SMA sama yang beragama Hindu. Ya karena di Bali toh, banyak orang Hindu…”
            “Ya, betul Om. Ya, bukan salah mereka yaa om, Namanya juga yaa kita minoritas disana. Jadi, ya gitu. Saya paham kok.”
            “Ya betul. Nah, trus lebih parah waktu di Hongkong. Nggak pacaran. Sama sekali. Tapi adaaaa aja yang deketin. Tapi ya gitu, sama Non-Muslim terus. Bule pernah, orang Ceko. Yang orang lokal Hongkong pernah. Trus kan Eugene pernah exchange di Jepang selama satu semester, dan sama orang Jepang yang namanya Michiko juga pernah deket. Tapi karena Eugene tahu kalau dia pacarin mereka ujung-ujungnya putus karna beda agama, ya mending cari sekalian sampai yang benar-benar pas. Ya tho?”
            “Ya Om”
            “Nah, jadi om menyimpulkan, ya memang bukan salah Eugene dia punya wajah China banget, oriental punya, karena memang dia ada darah China-Korea itu. Tapi ya namanya hidup ya tantangannya gitu. Om juga dulu sama Mamanya, wuisss yaa kayak kalian persis. Tapi karena yaa…. sama-sama suka, ya diperjuangkan. Dan yang nggak setuju kan nggak semua, tho? Siapa? Paling Mamanya Eugene masih setengah-setengah lah sama kamu. Dan kamu tadi cerita Mamamu juga kurang sreg sama Eugene karena dia Chinese. Padahal kalo saya ngomong langsung sama Mamamu sebenernya Om marah loh…”
            “Marah kenapa Om?”
            “Lah wong itu anak saya, dikatain Chino Chino yaa saya marah lah. Saya bapaknya. Dan yang tadi saya bilang, dia nggak salah punya wajah oriental karena Mamanya asli dari negeri Ginseng. Ya tho? Jadi Eugene pernah bilang sekali sama saya, gini, <<Pah, aku kena kutuk atau gimana ya? Kok aku selalu terjebak dengan wanita-wanita tidak seiman denganku. Karena wajahku begini?>> Ya Om bilang aja. Ya jangan gitu. Itu mukamu begitu ya Gusti Allah yang paringi. Harus bersyukur dikasih sehat selamat sama Allah. Ya, mungkin kamu harusnya bikin mereka jadi mualaf mungkin. Yaa nggak tahu ya kita. Tapi dia memang sudah geram begitu, marah begitu. Trus dia bilang sama Om <<Yaudah aku di New York nanti belajar aja yang rajin, biar cewek-cewek tahu aku ini siapa>> Gitu. Nah makanya dia terlalu fokus, sampai dia lupa cari pacar. Sampai akhirnya ketemu kamu. Tapi kalau nggak salah kalian sebenernya sudah pernah ketemu ya sebelumnya?”
            “Sudah Om. Sebenernya pertama kenal Eugene itu waktu ikut seminar. Kami satu kelompok. Tapi saya nggak suka sama Eugene waktu itu karena dia sombong, sombong banget Om…”
            “Ya mungkin itu dia kebawa serius belajar makanya terkesan jutek. Jadi dia, anu, apa namanya, bikin benteng sama cewek-cewek gitu. Tapi kan akhirnya kalian jadian. Dan Om ikut senang”
            “Makasih Om. Doain aja kita tetap langgeng.”
            “Jadi, pesan Om, pokoknya kalian berusaha dulu, kalian jangan buru-buru. Pikirkan baik-baik. Kalian masih punya banyak waktu. Nanti untuk pendekatan personal dengan Mamanya Eugene, Om yakin Mia akan menyetujui hubungan kalian. Karena Om yakin kalian memang ya cocok. Jodoh lah pokonya”
            “Aamiin. Bisa aja, Om. Makasih banyak ya, Om.”
Setelah bertemu dengan Om Geni, aku jadi semakin yakin kalau Eugene memang seseorang yang dikirim Tuhan untuk hidupku. Aku tidak tahu apakah ini benar-benar kenyataan atau hanya mimpiku saja. Bayangkan saja, siapa yang pernah menyangka aku bisa disukai oleh laki-laki tampan berwajah oriental yang baik hati dan cerdas seperti Eugene? Belum lagi ternyata dia ini anak orang kaya, yang kalau menginap di hotel sekelas JW Marriott Essex House New York saja mereka mampu. Meskipun aku tidak sama kelasnya dengan keluarga Eugene tapi dengan prestasi yang aku punya, itu yang bisa aku andalkan untuk menyamai kelas keluarga Eugene. Apapun itu aku yakin seorang Yureka dan Eugene memang berjodoh.
---

Satu bulan kemudian, aku akan segera berusia 27 tahun. Ya, jangan ditanya itu tua atau tidak, tapi apapun itu, aku bersyukur sudah banyak pencapaian yang aku dapatkan menjelang usiaku ke 27 ini. Dan untuk merayakannya, aku berencana pergi liburan ke Singapore menyusul Eugene yang sekarang kerja disana. Oya, ngomong-ngomong, selepas masa kontrak Eugene menjadi dosen tamu di Bernard College atau sekolah Arsitektur di Columbia University, ia diterima sebagai salah satu dari jajaran interior designer muda Asia Tenggara bersama dengan interior designer muda lainnya dan dikontrak selama satu tahun bekerja. Sungguh membanggakan!
Dan akupun mengambil jatah cutiku selama lima hari untuk liburan ke Singapore mulai dari tanggal 27 sampai tanggal 31 Juli. Hmm, sebenarnya ulang tahunku sudah lewat, tapi berhubung aku baru bisa mengambil cuti di tanggal tersebut dan Eugene juga mengambil cuti di salah satu tanggal tersebut akhirnya kami setuju untuk liburan bersama meskipun nantinya ada hari dimana Eugene harus tetap bekerja sedangkan aku bisa berjalan-jalan sendiri keliling Singapore. Untung Singapore itu negara kecil, jadi kalau nyasar, tinggal lihat arah laut saja dan jauhi arah laut kemudian kembali ke daerah perkotaan. Keren, ya?
Sampai di Singapore, di bandara Changi Airport, ada Eugene yang sudah siap menjemputku sedari tadi. Aku bisa melihatnya dari kejauhan. Dengan mengenakan celana bahan hitam, kemeja panjang berwarna krem, dan rompi coklat muda, plus tidak ketinggalan dengan kacamatanya yang katanya baru ia beli beberapa minggu lalu, aku akhirnya bertemu dengan kekasih hati yang sudah sepuluh bulan tidak bertemu. Karena tahu itu si Eugene tampan, aku pun sontak langsung memeluknya dan menciumnya! Oh Tuhan maafkan kami!
“Aku nggak salah orang kan?”, ujarku pada Eugene.
“Ya, nggak lah?”, jawab Eugene dengan wajah yang berseri-seri.
“Ya kan yang muka kamu disini banyak”
“Oyaa ya”
Well. I should investigate you. Who’s your name, Sir?
Hmmm Hendrick
What is your nationality?
Singaporean. No. Hong Kong. No. Taiwanese.
“Kenapa tadi bisa bahasa Indonesia?”
“Karena saya orang Indonesia. Tada”
Dan kami pun tertawa bersama. Melepas rindu yang terlalu besar hinggap di hidup kami di sepuluh bulan terakhir. Senang bisa melihat wajah tampannya lagi. Terimakasih Ya Tuhan!
Eugene oh Eugene. Aku benar-benar masih tidak menyangka kalau akhirnya kita bisa bertemu lagi. Aku pun memeluknya lagi dan yang ini semakin erat, sebagai tanda aku masih tidak menyangka bahwa kami bisa melepas rasa rindu kami seakan membayar hutang-hutang akan LDR kami. Terimakasih hubungan jarak jauh, Anda membantu kami mengingatkan akan nikmatnya bertemu melepas rindu yang mendebu-debu. Luar biasa!

---

Eugene. Tanggal-Tanggal Gajian Orang Swasta, Juli 2020. Singapore. Masa Depan.
Gue lagi ada kerjaan di Singapore. Kebetulan kontrak gue di Columbia University jadi dosen tamu udah abis, dan Alhamdulillah dapet kerjaan baru di Singapore. Ya, setidaknya gue bisa lebih deket lah jarak LDR nya sama Yureka, cuma beda 1 jam aja. Dan di akhir Juli ini Yureka mau dateng ke Singapore! Buat ngerayain ultahnya dia yang ke 27, dan sekaligus gue akan melakukan sesuatu yang bakalan paling historical yang pernah ada di hidup gue. Yap, gue bakal melamar Yureka!
Nggak banyak sih persiapan gue. Gue juga nanti cuma bakal candle light dinner di restoran gitu deket Fullerton Square, dan nanti bakalan nayangin sesuatu dan bakal kasih cincin ke dia. Cincinnya juga nggak yang mahal-mahal amat kok, karena gue tahu Yureka itu orangnya sederhana banget jadi gue bakal nge-treat dia seperti yaa apa adanya dia, dan nggak bakal maksa meskipun bisa aja gue beliin dia yang rada mahal dan agak kece dikit. But, anyway, that’s not my point, yang penting rencana ngelamar gue berhasil dan Yureka bakalan nerima lamaran gue. Doain ya!
Tepat pukul 19.00 gue dan Yureka udah sampe di salah satu restoran bernama The Lighthouse. Itu salah satu restoran candle light dinner terkece di Singapore. Gue juga udah observasi dan reservasi sebelumnya dan pokoknya banyak review yang bilang kalau tempat ini emang cocok buat kencan sama pasangan.
Karena gue udah pesen set dinner menu, jadi kita tinggal nunggu aja pelayan dateng dan kasih makanan kita. Tapi jangan khawatir, restoran ini restoran Italia dan tentunya kita berdua pasti bakalan nikmatin banget makanannya karena kami berdua emang sama-sama doyan makanan Italia.
Makan appetizer, masih oke. Suasana aman dan tenteram. Meskipun gue udah grogi dari sejak jemput Yureka di hotel di hari pertama kedatangannya dari Jakarta. Tapi gue harus tetap berusaha tenang dan nggak keliatan kalau gue mau melakukan sesuatu yang spesial malam ini. Menu entrée, gue mulai gelisah, gue lupa gue harus mengeluarkan rencana melamar gue pas abis main course atau pas dessert. Tapi nggak apa-apa, yang penting malam ini gue bisa ngelamar Yureka. Lebih cepat lebih baik.
Pas makan main course, nah ini saat yang tepat. Gue baru inget kalo Yureka paling nggak suka diganggu pas lagi makan. Karena yang mau gue lakukan berikut ini adalah gue akan kasih unjuk sebuah video di Hape dan Yureka emang paling anti pegang Hape pas makan.
“Sayang, udah masuk whatsapp aku?”, tanya gue ke Yureka sambil masih menikmati Spagetti Bolognese.
“Aku nggak tahu. Aku dari tadi nggak pegang hape lah, Sayang. Kita juga dari tadi ngobrol kan. Kenapa sih emangnya?”, tanya Yureka balik dan agak sedikit sensi.
“Nggak apa-apa, sih”, jawab gue.
“Emang itu apaan?”, tanya Yureka lagi
“Ada video gitu, bagus banget. Kamu harus nonton”
“Dari youtube. Ya nanti aku liat, ya”
Masih makan main course, tapi Yureka nggak peduli sama apa yang barusan gue tawarin. Ya, gue udah tahu sih bakalan begitu jawabnya. Tapi gue harus tetep maksa dia buat liat video itu segera.
Kemudian menu dessert-nya dateng. Semoga kali ini berhasil.
“Lihat sekarang aja, Yang, kan udah selesai main course-nya”, paksa gue kali ini harus berhasil.
“Ya ya, oke oke. Emang apaan sih? Penting banget? Bentar ya…”
Gue melirik sedikit dan Yureka berhasil mengambil handphone-nya dari tasnya. Lalu mulai ngecek isi Whatsapp dari gue. Dan… dia berhasil masuk ke link video yang gue kirim tersebut. Dan dia lagi nonton, sedangkan gue sibuk makan Tiramissu gue sambil masih nervous tapi sambil nyiapin sesuatu yang bakalan jadi peran utama malam ini, cincin tunangan dan sebuket bunga. Kalau bunga nanti bakalan ada pelayan yang dateng nganterin ke meja kita.

---

Yureka. Periode Orang Swasta Pada Gajian, Juli 2020. The Lighthouse Restaurant & Rooftop Bar. Singapore. Masa Depan.
Kenapa lagi ini si Eugene?
Aku sedang sangat menikmati makan malamku sambil ditemani lampu kota Singapore yang nggak kalah indahnya dari Jakarta, dia memaksaku untuk membuka suatu link video di Youtube dari chat Whatsapp-nya. Aku tidak berpikir apa-apa, ya, paling saja hanya video-video dari tempat kerjanya atau apalah.
Tapi yang terjadi adalah, di dalam video itu ada Kak Anna dan anak-anak Batik Day. Ya, ampun! Sedang apa mereka di dalam Youtube? Hey, keluar kalian!
Didalam video tersebut ternyata merupakan video testimonial dari anak-anak Batik Day. Seperti berikut isi penggalan kalimat mereka :
 “Eugene+Yureka di mata kalian?”
Gilang             : Dari awal aku udah menyangka kalau keduanya saling menyukai. Tapi waktu itu Yureka kelihatannya masih malu-malu gitu. Dan Eugene pun demikian. Tapi pada akhirnya jadian, tho? Hehehe.
Farida              : Yah, jujur aku dulu gimana gitu liatnya. Soalnya ya kalian tahu aku pernah naksir Kak Eugene, etapi yaa nggak mungkin lah gue juga udah punya cowok yekan, jadi gue mengikhlaskan Kak Eugene buat Kak Yure. Kak Eugene sama Kak Yure menurut gue emang pasangan yang serasi. Kayaknya kompak gitu diliatnya. Semoga langgeng yaa kalian.
Fikri                 : The most romantic couple I’ve ever seen in this earth. That’s it.
Chandra          : Yah, gue nggak tahu musti bilang apa. Nggak, nggak, maksudnya, Yureka kan udah gue anggep sohib gue banget, Eugene pun demikian, tapi yaa dengan kenyataan kalian saling mengasihi, gue rasa kalian bener-bener bisa jadi jodoh gitu. Makanya nggak salah kalau anak-anak Batik Day nyebut kalian pasangan Double Yu. Eugene-Yureka. Aseeeekk.
Dhimas            : Gue udah nebak sih dari awal, kalau ada chemistry yang kuat diantara Yureka sama Eugene. Dan dari dulu kita temenan, kalian nggak bisa bikin lingkaran pertemanan anak Batik Day jadi rusak padahal udah resmi jadian. Jadi, gue salut banget. Kalian tetep bisa menjalani kisah romantis tanpa merusak keprofesionalitasan kerja dan persahabatan kita di Batik Day. Mantap!
Farida              : Makanya, kak Eugene buruan dong nikahin Kak Yureka. Biar anak-anak Batik Day jadi Bridesmaid sama Best Man buat kalian. Biar ke kondangan bareng. Hehehe.
Kak Anna        : Gue sebagai penanggungjawab atas hubungan mereka alias gue mak comblangnya, gue cuma bisa ikut seneng kalo… gimana ya. Jadi emang gue udah sering banget nyomblangin orang, ya ada yang berhasil ada juga sih yang nggak. Nah karena dari awal gue ngeliat Eugene itu kayaknya dia emang udah demen sama Yureka duluan, akhirnya gue pancing Eugene buat cerita ini itu dan gue persuasi, dan awalnya dia males buat ngomong tapi akhirnya dia mau ngutarain ke gue kalau dia emang ada rasa sama Yureka, dan…. Yureka pun secara tidak sengaja curhat ke gue kalau dia juga suka sama Eugene. Jadi intinya gue ini jembatan antara keduanya. Dan menurut gue juga emang ini udah jalan Tuhan buat mempertemukan mereka lewat gue, dan gue bangga dan seneeeenggg banget tentunya, apalagi bisa liat kalian jadian bahkan awet sampai sejauh ini. Meskipun didera berbagai macam badai dan fenomena LDR. Pokonya Tuhan berkati jalan kalian, kalian diberi kemudahan untuk menyempurnakan perjalanan cinta kalian, dan pokoknya Good luckI love you guys! Muach!
            To Yureka…
Eugene          : Yureka Bhanuresmi Cendekia. Wanita yang menyadarkan gue bahwa nggak selamanya gue boleh berkutat dengan buku dan kampus, tapi ada manusia ciptaan Allah yang harus dikasihi dan disayangi dan berbagi rasa dan berbagi kebahagiaan tentunya. Intinya, karena kamu, aku jadi lebih down to earth, aku lebih bisa ngilangin rasa maluku didepan orang lain, dan yang terpenting aku belajar banyak dari kamu, belajar berkomunikasi dengan orang banyak dan juga belajar untuk tetap optimis menghadapi segala kenyataan dalam hidup. Aku nggak tahu langkah apa yang harus aku ambil setelah ini, tapi aku tetap akan (tersenyum lebar), sayang kamu, mencintai kamu, menerima kamu apa adanya, dan aku selalu berharap kamu ngelakuin itu juga ke aku….
Tiba-tiba videonya terputus. Entah memang hanya itu atau bagaimana. Yang jelas selama menonton videonya aku berkaca-kaca bahkan air mataku mulai tumpah ruah tepat ketika testimonial dari Kak Anna. Dan saat sibuk menghapus air mataku, didepanku, Eugene sudah menengadahkan tangannya ke arah ku dengan sebuah kotak diatas telapaknya, lalu membuka isi kotak yang ternyata sesuai dugaanku itu adalah sebuah cincin, dan kemudian berkata,
“Makasih ya Sayang, udah nyempetin nonton video tadi. So, actually this is my proposal….” Ungkap Eugene dengan masih dengan sekotak cincin ditelapak tangannya.
Eugene berdeham dan melanjutkan perkataannya, “Yureka Bhanuresmi Cendekia, kamu mau nggak menikahiku? Jadi istriku, jadi Ibunya anak-anak aku. Dan tinggal bareng secara halal sama aku. Kamu mau?”
Aku lemas tak berdaya. Bibirku bergetar. Ini seperti yang aku rasakan di bulan Oktober 2018 silam Eugene memintaku menjadi pacarnya. Tapi ini rasanya lebih bergetar lagi.
Aku belum menjawab karena aku belum sanggup berkata-kata. Tapi di depanku, Eugene, masih dengan kotak berisi cincin, entah itu jenis perhiasan apa aku tidak peduli, dan ternyata Eugene juga sudah menyembunyikan sebuket bunga dibelakang punggungnya. Kemudian bertanya lagi sambil mengeluarkan buket bunga itu,
Will you marry me?
Aku belum bisa menjawab. Lidahku makin membeku. Air mataku tetap mengucur dengan indahnya. Rasanya campur aduk. Aku menghela napas. Menghapus air mataku yang masih bertumpahan ke pipi.
Tapi tunggu dulu…
Apakah aku siap dengan semua ini?

- BERSAMBUNG -

Lanjut Episode 10 --> Double Yu S2E10

Comments

Popular posts from this blog

Kumpulan Cerita Bersambung : DOUBLE YU - SEASON 1 (karya Yulia Sutjahjono)

"Langkah-Langkah Menjadi Volunteer (Relawan)" Part 2

Langkah-Langkah Menjadi Volunteer (Relawan) Part 1