Nyesel Nggak Ke Jerman?




PS. FOR ENGLISH VERSION, YOU CAN CLICK THIS LINK

Nggak kerasa pake banget udah satu tahun tugas gue sebagai relawan internasional di Jerman hampir selesai. Kalau ditanya orang gimana rasanya? Standar dan klasik sih jawabannya "Ya gitu, ada seneng ada sedihnya". Wajar. Apapun pekerjaannya, dimanapun tempatnya, emang akan selalu ada plus dan minusnya. Tapi mari gali sedikit lagi.

Di artikel ini, akan gue ceritakan sedikit dan banyak apa yang gue alamin setahun belakangan di Jerman. Disclaimer gue bukan mau buka aib gue sendiri atau orang lain atau whatever lah itu. Di artikel ini gue cuma mau berbagi cerita tentang apa aja yang gue dapet di Jerman, apa yang gue pelajari dari satu tahun mengemban tugas sebagai relawan, dan apa yang bakal gue kangenin.

Berikut ini gue beberin apa aja yang bisa gue ambil selama tinggal di Jerman selama satu tahun :
  1. Gue jadi nggak manja. Maksudnya gimana? Gue domisili Depok, Jawa Barat, dan waktu kuliah dulu gue kuliah di Semarang. Harusnya sih, normalnya sih, gue bisa jadi jauh lebih mandiri selama gue kuliah di kota lain. Tapi nyatanya nggak signifikan. Gue masih sering minta duit jajan karena duit jajan cepet banget abis waktu itu. Berarti itu namanya gue masih nggak tanggung jawab sama diri gue sendiri. Atau banyak jajan yang nggak penting. Atau kebutuhan lain yang nggak penting-penting amat gue tetep keukeuh beli. Nah jadi bisa diliat lah gue kurang menghargai diri gue sendiri dan orang tua gue secara finansial kala itu. Yah nggak heran kalau tingkat kemandirian gue nggak berkembang pesat, orang gue tinggalnya masih satu negara, satu bahasa, satu pulau pula! Nah kalau di Jerman? Apa-apa bener-bener musti sendiri. Ya, ada banyak temen sih, kebetulan juga 6 minggu terakhir gue di Jerman gue tinggal sama kerabat Nyokap gue yang tinggal di Berlin karena terpaksa pindah dari rumah lama. Intinya, keadaan di Jerman yang memaksa gue untuk jadi jauh lebih mandiri dari sebelumnya. Dan karena disini gue dapet uang saku dari tempat gue kerja yang nggak seberapa, tapi gue jadi tahu gimana mempergunakan uang itu dengan sebaik-baiknya. Gue nggak mencoba buat belanjain uangnya dengan membabi buta beli ini itu. Okay, pertama-tama kayak gitu. tapi setelah 4 bulan di Jerman, gue semacam dari nol lagi ngatur uangnya. Jadi berusaha semaksimal mungkin kalau uang saku itu cukup untuk membeli apa yang bener-bener pengen gue beli. 
  2. Jadi lebih sehat. Yap, ini gue suka banget. Di Indonesia, gue jarang pake banget jalan kaki, selalu naik motor. Mau beli apa gitu yang cuma 500m aja naik motor. Lah di Jerman? Boro-boro motor, gue punya sepeda pun kalau mau keluar cuma 500m naik sepeda rasanya ribet, karena harus ngeluarin sepeda dari Keller (ruang bawah tanah) trus ngangkut-ngangkut keatas naik tangga dsb dsb. Hah capek! Mending jalan kaki. Simpel, cuma ngeluarin tenaga dan malah jadi sehat. Trus di Jerman juga gue jadi bisa ngakal-ngakalin kalau ada sesuatu yang terjadi. Misalnya, kalau sakit, gue nggak buru-buru minum obat (kecuali obat pribadi kayak obat alergi), maksudnya kayak batuk pilek. Gue disini hampir nggak pernah minum obat kimia, kalau sakit sedikit gue langsung atasin pake jalan alami alias minum jamu-jamuan bikin sendiri. Ya, pernah sih minum obat kimia kayak pas batuk beli di apotheke tapi nggak cocok, eh malah minum jahe anget selama tiga hari berturut-turut Alhamdulillah sembuh. Kalau pilek juga gitu, minum herbal-herbal di Jerman malah murah dan emang banyak yang konsumsi. Trus kalau mulai pegel-pegel, gue ngakalin dengan berendem air panas di bath tube atau olahraga kayak lari dan jogging. Pokoknya kalau udah mulai pegel, dulu di Indonesia langsung manggil tukang urut, yaa soalnya murah dan terjangkau, jadi bisa banget manggil tukang pijit ke rumah. Lah di Jerman? Sekali dateng ke Thai Massage aja bisa 30-50 euro. Mending duitnya buat gue traveling wkwkwk. Makanya kalau udah mulai pegel-pegel karena kebanyakan jalan kaki, jalan keluarnya ya lari atau jogging dan pernah juga berenang. Sumpah beneran ngebantu banget. Kalian coba juga deh. Ya orang emang beda-beda yaa penanganannya, tapi nggak ada salahnya dicoba kalau mulai pegelinu nggak minum obat atau manggil tukang pijit, langsung olahraga apa kek lari kek renang kek. Bener-bener jadi seger udahannya. Ke tukang pijit boleh aja, tapi kalau jadi ngandelin itu tiap sebulan sekali yaa jadi manja dong nanti badannya. Jadi, selama di Jerman gue bener-bener kembali ke alami, hmm kecuali emang bener-bener udah parah gue baru ke dokter kok karena pasti nggak mau ngambil resiko terlalu jauh. 
  3. Belajar on time. Ya meskipun masih suka ngaret tapi di Jerman bisa dibilang manajemen waktu gue jauh lebih baik dari sebelumnya. Dulu tuh rasanya apa-apa males, dan dingaret-ngaretin. Tapi semenjak di Jerman, gue jadi selalu nyalahin diri sendiri kalau kelamaan siap-siapnya. Apalagi kalau ketinggalan kereta atau tram atau bus yang mana harus nunggu lagi tuh rasanya jengkel banget sama diri sendiri. 
  4. Belajar jadi pendengar yang baik. Di Indonesia, gue banyak cakap, banyak ngoceh, nggak bisa nggak ngeluarin kata-kata sehari aja. Tapi di Jerman, karena bahasanya beda, jadi yaa gue jadi pendengar lebih banyak dari biasanya. Gue meresapi apa yang orang utarakan dan gue belajar untuk dengerin itu dengan baik. Baru kalau ada kata yang mau diungkapin baru gue bicara. Atau ada yang nanya yaa gua jawab. Intinya satu tahun di Jerman itu adalah terapi buat gue yang aslinya bawel ini, jadi lebih pendiam dan mendengarkan lebih banyak.
  5. Tuker pikiran lebih banyak. Di Indonesia, gue emang pada dasarnya pernah kuliah jurusan Bahasa Prancis, dan tentunya selama gue kuliah gue belajar banyak hal soal kebudayaan Eropa, jadi seharusnya nggak kaget ketika sampe di Jerman karena secara garis besar gue harusnya udah tahu gimana budaya orang Eropa. Nyatanya emang nggak segampang itu. Mau teorinya 100 kalau belom pernah tahu aslinya yaa tetep aja 0 besar. Jadi, selama di Jerman yaa pasti gue culture shock juga, cuma emang Alhamdulillah nya gue cepet bisa adaptasi gimana menanggulangi si culture shock itu sendiri. Nggak cuma budaya Jerman, gue juga belajar sedikit dan banyak dari kebudayaan lain. Karena gue volunteer nggak cuma dari Indonesia aja, tapi ada banyak volunteer yang datang dari banyak negara di dunia kayak dari benua Amerika khususnya Amerika Tengah dan Selatan, juga Asia, dan Afrika. Jadi, gue juga jadi banyak tanya soal kebudayaan mereka dan asli itu asyik banget! Gue jadi ngerasa kalau ajang-ajang kayak Miss Universe atau Miss World itu ya pas karantina yaa kayak gitu. Ketika semua kandidat atau perwakilan lagi kumpul makan siang atau makan malem, kita semua pasti bahas sesuatu dan ada aja yang dibahas, dan kurang lebih seputar kebudayaan dan kebiasaan dari negaranya masing-masing. Dan itupun gue alamin pas seminar sama semua volunteer. Pas lagi waktu senggang kita ngobrol-ngobrol, cerita-cerita di negara masing-masing itu gimana, dan lain sebagainya.
  6. Masih seputar tukar pikiran. Disini gue belajar juga kalau dunia nggak sesempit itu. Ada banyak hal yang bisa digali. Di Jerman, pengetahuan gue soal beberapa hal jadi terbuka. Contohnya soal keluarga campuran. Gue punya mentor yang dia sendiri adalah anak campuran alias anak Mix. Nyokapnya Jerman, Bokapnya Uruguay. Yang selalu bikin gue penasaran adalah bagaimana caranya dua budaya bisa hidup dalam satu rumah. Meskipun pasti udah terbiasa tapi pokoknya gue amazed lah sama keluarga campuran yang semacam itu. Kenapa ya gue bisa se-amazed gitu, mungkin karena gue dulu-dulu nggak pernah punya temen yang dari keluarga campuran beda bangsa gitu. Ya, ada sih yang kerabat Nyokap gue yang gue tinggal sama mereka di Berlin. Tapi selama di Indo, hampir nggak pernah nemu temen yang keluarganya dua bangsa gitu. Ya paling campuran beda suku tapi masih satu Indonesia mah banyak. Tapi yang bener-bener beda bangsa dan negara hampir nggak pernah.
  7. Masih seputar hubungan antar masyarakat dan seputar pengetahuan kebudayaan asing. Selama di Jerman gue juga jadi liat banyak fenomena yang aneh-aneh, contohnya pasangan sesama jenis dan kawan-kawannya. Di jalan, cewek gandengan sama cewek, cowok gandengan sama cowok, banyak! Ya jujur gue nggak suka karena emang di agama gue nggak diperbolehkan karena udah menyimpang juga tapi gue mencoba untuk nggak judgemental dan sinis terhadap hal tersebut. Gue mencoba untuk tanya kesalah satu temen volunteer yang kebetulan pacarnya perempuan (btw dia perempuan). Mantan Ibu asuh gue juga lesbian. Dan dari jawaban yang mereka kasih sih yaa emang terkesan gimana gitu, agak ganggu buat kita yang normal, tapi yaa namanya juga mereka punya orientasi yang menyimpang, kita yang normal juga nggak bisa ngapa-ngapain selain berdoa ke Tuhan semoga mereka secepatnya sembuh dari 'penyakit' itu. Tapi intinya, hal-hal yang gue nggak tahu sebelumnya di Indonesia, jadi tahu dan lebih membuka banyak sudut pandang selama di Jerman.
  8. Lebih mencintai Bahasa Indonesia. Kedengarannya sih klasik atau bahkan lebay. Tapi jujur sih selama di Jerman, gue jadi lebih suka kalau lagi ngomong pake bahasa Indonesia, sekalipun lagi ngoceh sendiri, tetep pake bahasa Indonesia. Dulu waktu di Indonesia gue kalau lagi ngoceh sendiri pake bahasa Inggris, kadang bahasa Prancis. Menurut gue mungkin karena kalau lagi ngoceh sendiri kan gue nggak mau orang lain tahu gue lagi ngedumel apa, jadi lebih baik pake bahasa asing yang orang susah buat nangkep maksudnya apa. Nah ketika di luar negeri, lu yang lagi berusaha memahami bahasa lokal alias itu bahasa asing buat lu, dan ketika lu mau ngoceh sendiri yaa jelas lu pake bahasa lu sendiri supaya nggak ada yang ngerti apa yang lu omongin. Tapi bener sih, nggak cuma soal kalau lagi ngedumel pake bahasa Indonesia, tapi emang bahasa Indonesia sangat berharga banget. Percaya atau enggak, gue suka capek sendiri kalau abis ngomong pake bahasa Inggris sama temen-temen gue. Kadang kepala suka cenut-cenuh kayak engap kekurangan oksigen gitu. Nah kalau udah selesai ketemuan sama temen-temen pake bahasa Inggris, sampe dirumah tuh cara nyembuhinnya pake nonton Youtube, nonton yang berbahasa Indonesia. Nah, gue biasanya nonton Youtube Channel-nya Raditya Dika, Ken and Grat sama Ria Kusuma yang soal makanan-makanan itu, atau kalau mau yang bikin ngakak nonton Stand Up Comedy. Dan asli, rasa capek abis ngoceh pake bahasa Inggris langsung sembuh. Otak kayak bisa napas lagi. Ya, lu bayangin lu ngomong utara ke selatan barat ke utara pake bahasa bukan bahasa yang lu pake dari lu kecil, terlebih bahasa Inggris yang pake tenses ini-itu, sedangkan bahasa Indonesia nggak punya, jadi pasti buat kita orang Indonesia mau se-perfect apapun bahasa Inggrisnya pake susah juga buat membuat suatu kalimat bahasa Inggris yang gue akuin cukup rumit juga. Bagaimanapun, gue harus tetep pake bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi gue sama temen-temen volunteer disini, bahasa Jerman di tempat project, dan bahasa Prancis kalau lagi ada temen dari Prancis dan gue juga sengaja dibuat praktek biar bahasa Prancis gue nggak ilang-ilang amat. Tapi tetep satu, bahasa Indonesia yang paling gue cintai. Gampang, santai, bebas, dan pokoknya gue jadi makin cinta sama bahasa gue.
  9. Gue bisa jadi diri gue sendiri. Dulu-dulu sih yaa jadi diri sendiri gue juga, tapi semenjak di Jerman, gue jadi lebih leluasa mau mengambil keputusan yang mana tiap kali ada pilihan didepan gue. Misalnya kalau ada masalah, gue bakalan pikirin mateng-mateng, dan dengan sedikit saran dari teman, akhirnya gue bisa tahu gue bakalan ngambil jalan keluar yang mana. Contoh lain yang lebih sederhana, gue mau pake baju apa, makan apa, pola hidup yang kayak gimana, semua gue yang ambil keputusan sendiri. Intinya sih bener-bener jadi fokus dengan diri gue sendiri dan itu berhasil bikin gue jadi lebih bisa jadi diri gue sendiri.
  10. Masih soal menjadi diri sendiri dan aplikasinya dalam traveling. Jujur sih kalau di Indonesia, gue agak susah dapet ijin dari orang tua. Kalau nggak penting-penting amat pasti nggak dibolehin traveling ke suatu tempat. Selama di Jerman, gue mau kemana aja yang gue mau sesuai dengan keinginan dan terutama mewujudkan keinginan gue yang udah lama gue impikan, itu semua adalah keputusan gue. 95% kegiatan traveling gue semua berdasarkan keinginan gue, bukan saran dan masukan orang, dan apalagi paksaan. Artinya, semua gue yang putusin gue mau pergi kemana aja. Contohnya waktu bingung mau milih Praha atau ke Budapest. Karena tiket ke Budapest sedikit mahal dari Praha, akhirnya gue ambil Praha. Bukan cuma itu tapi juga karena nama Praha lebih familiar di kuping gue dibanding Budapest yang lebih banyak orang nyaranin ke gue buat kesana. Kalau bagus, pasti dua-dua gue yakin bagus, tapi gue harus buat keputusan yang tepat. Bukan cuma melampiaskan hasrat dan apalagi berlomba-lomba banyak-banyakin tempat yang udah pernah dikunjungin, tapi juga apa sih yang bakalan gue temuin di tempat itu, sepadan atau nggak sama biaya yang gue keluarin. Karena waktu jalan-jalan ke Milan, jujur gue agak kecewa karena apa yang gue keluarin sama yang gue dapetin nggak sesuai. Walaupun pada akhirnya yaa gue tetep menikmati karena meskipun tujuan awal pengen ke Roma, tapi Milan juga salah satu kota yang udah familiar di telinga sejak gue kecil. Nah kalo yang satu ini udah pasti adalah pilihan gue sendiri, yang meskipun pasti orang lain bakalan 100% merekomendasi ini, tapi tetep ini adalah cita-cita gue, yaitu ke Paris. Awalnya gue nggak mau kesana karena terlalu mahal, tapi karena gue tahu gue udah kuliah bahasa Prancis lama dan susah, akhirnya keinginan gue buat ke Dublin, Irlandia, gue alihin ke Paris. Dan pastinya gue nggak nyesel sama sekali ngeluarin budget hampir 400€ selama 5 hari di kota romantis itu.

Nah trus apa nih yang bakalan gue kangenin dari Berlin dan Jerman?
  1. Transportasi umum. Jangan dibandingin sama Indonesia, jelas lebih maju di Jerman. Tapi yang mau gue bagikan kenapa gue bakalan kangen sama ini di Jerman karena semua serba jelas. Arah di stasiun jelas, fasilitas oke, jadwal keberangkatan dan kedatangan juga jelas, on time, meskipun nggak semua sih, suka ngaret juga, tapi secara garis besar tepat waktu. Dari segi penampilan, gue juga bakalan kangen sama BVG. BVG itu perusahaan jasa transportasi lokal milik Berlin. Warnanya kuning dan entah kenapa gue suka aja (meskipun warna kesukaan gue hijau). Tapi BVG tuh bener-bener khas banget dan mengakar banget di memori orang-orang yang tinggal di Berlin. Dan bentuk yang paling gue suka adalah Strassenbahn alias Tram. Nggak tahu yaa bentuknya unik aja hehehe. Kalau yang paling gue nggak suka itu adalah kereta bawah tanah alias UBahn. Sebenernya cepet banget pake UBahn tapi kalau lu naik UBahn sendirian, lu bakalan mati gaya karena nggak ada sinyal, gelap, dan nggak ada pemandangan yang bisa lu saksikan selama lu di dalem UBahn. Makanya gue lebih suka naik Tram atau SBahn (kereta biasa).
  2. Belanja kebutuhan di supermarket. Entah kenapa suka banget tiap kali gue belanja di supermarket. Gue sih selalu mengistilahkan ke diri gue sendiri itu adalah “belanja di Eropa”. Karena barang-barangnya emang yaa Eropa banget hehehe ya iyalah. Dan bisa milih mau yang mana, yang mahal tapi bagus, atau yang murah tapi kadang suka nggak memuaskan. Atau yang packagingnya oke punya. Pokoknya enjoy banget tiap belanja ke supermarket. Menurut gue itu juga yang jadi self-healing kalau gue lagi stress, gue cuma cukup ke supermarket, jajan sesuatu dan sambil-sambil liat barang-barang yang ada di supermarket itu, dan entah kenapa stressnya jadi ilang. Hahaha.
  3. Naik kereta ngeliat pemandangan sekitar. Wah itu bakalan kangen banget sih. Naik kereta ICE (kereta cepat Jerman) kalau mau traveling ke suatu kota, dan ngeliat pemandangan sekitar yang “Eropa banget”. Kincir angin, ladang gandum, sapi-sapi yang lagi dilepas di padang rumput, bukit-bukit yang ada rumah-rumah di sekitarnya, dan masih banyak lagi. Pokoknya mirip banget yang ada di film-film hehehe.
  4. Ngumpulin botol plastik buat dijual lagi. Ya, jadi di Jerman, ada sistem Pfand alias deposit tiap kali kita beli minuman kemasan. Dengan tanda khusus, tiap kali lu beli air mineral misalnya, lu harus bayar deposit sebesar 0,25€ tapi lu bisa dapetin uang itu lagi kalau lu ke supermarket dan nuker di mesin khusus. Uangnya nanti bisa lu dapetin di kasir atau lu juga bisa dipake buat belanja lagi. Nah, semenjak itu, tiap kali gue liat ada botol plastik nganggur, pasti gue cek ada tanda khusus Pfand apa nggak. Kalau nggak ada yaa gue buang lagi, kalau ada langsung gue ambil dan dikumpulin sampe banyak dan nanti ditukerin ke mesin pengembalian botol di supermarket terdekat. Gue pernah ngumpulin sampe 20 botol dan dapet 5€. Lumayan kan buat nambah uang jajan? Hehehe. Hmm emang kayak pemulung gitu sih, tapi nggak gitu juga sih hahaha. Nggak salah juga dicoba, kan lumayan buat nambah uang jajan hehehe. Nanti kalau kalian bisa ke Jerman, kalian coba aja. Karena buat gue yang asyik itu ketika nemu botolnya dan pas ngembaliin botolnya di mesin, itu asyik banget!
  5. Tinggal di apartemen. Nah ini nih. Tinggal di apartemen adalah salah satu impian gue sejak kecil. Mungkin karena gue dari kecil tinggal di rumah biasa, jadi pengen ngerasain gimana rasanya tinggal di apartemen. Dan selama di Jerman gue tinggal di apartemen, dan itu asyik banget! Lu jadi lebih punya privasi lebih banyak karena meskipun lu punya tetangga tapi hampir tiap waktu lu hampir nggak pernah ketemu sama tetangga-tetangga lu. Tiap orang emang beda-beda, tapi gue salah satu orang yang lebih suka berdiam diri kalau udah dirumah, jadi pengen lebih an-sos setelah lelah seharian beraktifitas diluar rumah. Terkesannya emang nggak mau gabung sama tetangga, tapi kadang privasi juga jadi berkurang kalau udah gabung dan terlalu lama ngobrol sama tetangga. Makanya, gue lebih suka tinggal di apartemen, gue bisa lebih fokus ngerjain hidup gue dan tidak mengusik hidup orang lain, dan sebaliknya orang lain juga jadi nggak mengusik hidup gue.



Jadi, nyesel nggak ke Jerman?
Jelas nggak dong. Bukan perkara soal keren ke Eropa lalalala. Salah! Gue banyak belajar disini. Nah yang tadi gue sebutin semua diatas, semua yang gue laluin di Jerman adalah proses pembenahan diri gue menjadi lebih baik. Tapi bukan berarti gue udah jadi terbaik. Nope. Masih banyak PR buat gue sendiri kok dan gue harus masih belajar dari situ.
Dan kalau ditanya juga gimana soal relasinya dengan bahasa Prancis gue dan lain sebagainya.
Ya, anggap aja ke Jerman dan dengan bonus bisa bahasa Jerman, adalah sebuah kesempatan yang langka. Kapan lagi belajar bahasa asing baru secara alami? Dan kemampuan bahasa asing lainnya tetep bisa dipake kalau lagi ada kesempatan lain ketemu sama native-nya. Misalnya waktu jalan-jalan ke Paris, yang pasti gue kesana bukan cuma sekadar jalan-jalan ala-ala turis doang, tapi gue juga sebenernya membayar tanggung jawab gue sama kedua orang tua gue dan dosen-dosen yang mana nyokap-bokap udah support selama gue kuliah dulu, dan dosen-dosen juga jelas udah bantu gue jadi bisa bahasa Prancis, meskipun nggak fasih-fasih amat tapi dasar-dasarnya akan selalu gue usahakan untuk tetap ada di otak. Juga bahasa Inggris yang jadi ikutan lebih baik karena komunikasi dengan teman-teman volunteer pake bahasa Inggris dan semua aspek dalam kerjaan gue jadi volunteer dengan si organisasi gue yang namanya ICJA itu sebagian besar juga pake bahasa Inggris jadi otomatis bahasa Inggris juga bisa tetep kelatih.
Gue berharap semua proses dan pengalaman di Jerman selama 1 tahun ini adalah modal yang kuat buat gue menghadapi masa depan. Nggak cuma soal karir tapi juga skill untuk hidup dalam ruang lingkup sosial dan juga di masyarakat.
Gue nggak punya plan khusus mau ngapain setelah kembali ke Indonesia. Yang jelas gue kayaknya nggak akan cari kerjaan yang semacam kantoran gitu, mungkin freelancer yang jam kerjanya bisa lebih santai karena gue pengen fokus ke rencana studi gue ke Amerika Serikat. Gue juga harus tetep melanjutkan karir gue di bidang menulis yang mana gue emang pengen banget jadiin itu jadi lebih profesional dan serius.
Terimakasih Jerman. Terimakasih karena lu udah ngasih banyak pelajaran dan pengalaman berharga buat gue. Gue nggak mau bilang perpisahan karena gue tahu gue bakalan balik lagi ke Jerman suatu hari nanti. Nggak tahu kapan, tapi pokoknya gue mau fokus ke karir gue dulu dan kalau gue udah bisa ngumpulin jutaan euro, gue pasti bakalan balik lagi kok ke Jerman sebanyak apapun yang gue mau.
Gue nggak bakalan bohong kalau gue nggal bakalan kangen berat sama negara satu ini, pasti bakalan kangen sama semua aspek didalamnya! Pokoknya terimakasih ya Jerman! Sampai bertemu lagi kita :D

Terimakasih yang teristimewa kepada :
1. Allah SWT.
2. Bapak dan Ibu, serta semua anggota keluarga terutama Keluarga Sutjahjono
3. ICJA dan ICYE
4. Dejavato Foundation (ICYE Indonesia)
5. Tempat project di Jerman; Freizeitzentrum für Kinder und Familien Upsala Berlin.
6. Mantan keluarga asuh; Keluarga Rickensdorf
7. Keluarga asuh lainnya; Keluarga Neumann
8. Teman-teman dan semua volunteer ICJA di Jerman
9. Berlin!
10. Jerman!


Comments

Popular posts from this blog

Kumpulan Cerita Bersambung : DOUBLE YU - SEASON 1 (karya Yulia Sutjahjono)

"Langkah-Langkah Menjadi Volunteer (Relawan)" Part 2

Langkah-Langkah Menjadi Volunteer (Relawan) Part 1