DOUBLE YU SEASON 2 - Episode 6 : "Cinta Segi Banyak"


(Courtesy of Pinterest)


Angelique Arianna Inolatan. Februari dan Maret 2019. New York. Masa Depan.
Hari ini, ada kumpul-kumpul sama anak-anak kesayangan, tidak lain tidak bukan, anak-anak Batik Day, mahasiswa tanpa dosa kalau kata Yureka. Dan seperti biasa, kumpulnya di apartemen gue, dimana lagi yang bisa dibuat rusuh sama mereka, yaa mungkin mereka sengaja karena gue tinggal sendirian dan mereka rata-rata sharing apartment dan di asrama, jadi emang lebih enak kalau kumpul di apartemen gue. Tapi ya dengan senang hati gue menerima mereka tiap mereka dateng ke rumah. Hitung-hitung biar gue nggak kesepian juga.
Sering juga tiap weekend, salah satu atau dua dari mereka numpang nginep di gue karena bosen dan gabut di rumah mereka masing-masing. Yang paling sering nginep itu si Chandra sama Dhimas. Meskipun gue sama Dhimas sebenernya sering adu pendapat, tapi entah kenapa dia justru yang sering dateng. Sering juga curhat soal cewek yang dia taksir di kampus atau di tempat dia kerja part-time, di salah satu bar di Upper East Side. Kalau Chandra jangan ditanya, dia sering kesini karena numpang makan. Tapi bagusnya dia jadi yang sering masakin gue, jadi bahan-bahannya gue yang beli, dia yang masak. Ya, namanya juga mahasiswa sekolah masak, udah jadi kesehariannya berurusan sama dapur.
Dan kali ini, semua anak-anak Batik Day kumpul. Kita mau ngadain “Farewell Party” buat Farida yang dalam beberapa hari akan pulang ke Indonesia. Ya, soalnya dia disini cuma anak exchange dari kampusnya, dan nggak kerasa udah 1 tahun dia disini. Tadinya dia programnya cuma 6 bulan di Pace University, tapi karena satu dan lain hal, dia extend alias perpanjang jadi satu tahun. Kalau boleh kepedean sih, jangan-jangan Farida extend karena terlalu betah di New York karena ada gue lagi. Hahaha. Ya kali deh, Na.
Sekitar pukul 3 sore, gue liat dari jendela dapur apartemen, Eugene sama Yureka udah ada di depan gedung apartemen, tapi mereka kayak lagi ngobrolin sesuatu. Setengah marah-marah. Lah kenapa tuh mereka? Nggak berapa lama, mereka mencet bel rumah, dan gue persilahkan masuk.
Gue mencoba buat tanya apakah mereka baik-baik aja. Mereka cuma bilang “Baik-baik aja kok. Kenapa emang kak?”. Yah, malah balik nanya. Tapi yaudah lah, mungkin nanti-nanti aja gue tanyanya.
Acara farewell-nya sih nggak formal, santai-santai gitu aja. Yang penting semua kumpul dan makan-makan kita malam ini. Tapi ketika Eugene dan Yureka dateng, udah ada Gilang sama Dhimas. Chandra masih di jalan dan begitupun dengan duo sepupu Fikri dan Farida.
---
Farida Kumala Dewi. Apartemen Kak Anna. Februari 2019. New York. Masa Depan.
Nggak kerasa udah satu tahun gue jadi mahasiswa exchange di New York. Siapa sih yang nggak pengen ke salah satu kota terbesar di dunia? Alhamdulillah banget gue bisa dapet kesempatan itu. Gue banyak dapet pengalaman yang nggak bisa diganti apapun, contohnya perkuliahan di Pace University yang super duper kece, ditambah temen-temen yang juga super duper baik, terutama temen-temen Batik Day. Waktu itu nggak nyangka aja bakal dipilih Kak Anna buat jadi tim acara Batik Day. Nggak tahu yaa gegara apa. Tapi kayaknya gue pernah satu acara bareng juga sama Kak Anna, dan Kak Anna bilang untuk acara Batik Day dia butuh tenaga perempuan secara kebanyakan dari kami adalah laki-laki. Jadilah, gue waktu itu ada dibagian publikasi bareng sepupu gue, Fikri.
Oh ya, banyak yang bilang juga gue bisa ke Amerika karena sepupu gue. Fikri, udah 2 tahun tinggal di New York dan lagi studi teknik industri di Columbia University. Tapi gue tinggal di New York bukan semata-mata karena dia. Tapi emang gue dapet kesempatan buat jadi salah satu perwakilan kampus gue di Indonesia untuk jadi ikut pertukaran pelajar di Amerika, dan emang Allah udah rencanain ini semuanya kalau gue bisa ke Amerika dan terlebih di satu kota yang sama kayak si Fikri.
Tinggal di Amerika emang berat banget. Gue bukan pertama kalinya sih ke luar Indonesia. Dulu gue pernah ikut exchange juga waktu gue SMA ke Jepang, dan pernah liburan bareng Nyokap-Bokap gue ke Australia dan Selandia Baru, dan kebetulan emang ada sanak family juga disana. Tapi yang bikin berat tinggal disini adalah karena perbedaan waktu antara Amerika dan Indonesia cukup jauh, yaitu 12 jam lamanya. Kebayang kan kalau mau telpon orang tua di Indonesia harus jam berapa?
Ngomongin soal perbedaan waktu, gue juga harus bisa mengatur waktu buat tetep komunikasi sama cowok gue di Indonesia. Dia senior gue di kampus dan tahun ini rencananya akan melangsungkan sidang skripsi, jadi dengan kepulangan gue ke Indonesia adalah waktu yang tepat buat bisa liat langsung momen bahagianya dan juga wisudanya juga akan berlangsung bulan Juli depan.
Jadi gimana rasanya LDR? Berat! Berat banget! Cuma orang gila yang bisa ngelakuin pacaran LDR. Capek. Saat gue butuh dia, dia disono jauh banget. Kalau lagi pengen manja-manja juga nggak bisa langsung. Harus sabar, cuma bisa lewat telpon atau Facetime aja. Susah! Pokoknya kalau salah satu dari kalian juga pernah atau lagi ngelakuin LDR, sabar aja ya, be strong. Pasti kalian bisa!
Tapi jujur nih, selama gue di New York, ada satu atau dua momen emang gue pengen manja-manjaan sama cowok. Ya, kasarnya selingkuh. Jujur, ada kepikiran buat kayak gitu. Bukan karena gue udah nggak pengen sama cowok gue lagi, Vito, tapi emang lagi pengen ada yang merhatiin gue di tempat dan jam yang sama. Ngerti kan maksud gue?
 Dan jujur selama satu tahun di New York, ya, ada sih satu cowok yang gue merasa dia bisa manjain gue, kayak sebagai kakak sendiri. Gue nggak bermaksud selingkuh kok, beneran. Tapi yang gue bilang tadi, gue lagi butuh seseorang yang bisa dengerin curhatan gue kalau lagi galau atau apalah. Cowok itu ada diantara kita berdelapan, para anggota Batik Day. Udah baik, pinter, ganteng, dan hobi kita sama, sama-sama ngomongin Jejepangan, cuma bedanya kakak yang satu ini nggak se-freak gue sih. Atau kadang kita ngomongin serial drama Korea bareng, secara Nyokapnya dia orang Korea, dan dia sendiri juga sesekali nonton drama Korea.
Ya, bisa tebak sendiri lah siapa. Ya ya, gue sempet naksir Kak Eugene. Ya, gue tahu sekarang dia jadian sama Kak Yureka, dan gue nggak mau merusak hubungan mereka, karena yang gue liat mereka emang serasi banget, cocok satu sama lain. Tapi gimana dong, sebenernya sebelum mereka deket, gue udah deket duluan sama Kak Eugene, tapi ya nggak mungkin kan karena waktu itu juga gue masih punya pacar, sampe sekarang juga masih.
Kenapa ya gue bisa sesuka itu sama Kak Eugene? Bukan cuma soal tampang aja, yah, semua orang juga tahu kalau mukanya yang Korea banget itu siapa yang nggak naksir? Apalagi ditengah maraknya kepopularitasan drama dan idol-idol Korea, siapa yang nggak mau jadi pacar Kak Eugene? Tapi mungkin karena tiap kali kita ketemu dia bahas hal yang sama, jadi yaa nyambung aja, dan entah kenapa jadi nyaman. Parah banget sih emang, gue mengkhianati Kak Yureka, tapi gue sebenernya dari dulu masih nggak percaya kalau Kak Eugene jadiannya sama Kak Yureka. Pasti banyak banget yang nyinyirin Kak Yureka, dan gue juga yakin banyak banget cewek-cewek diluar sana yang patah hati karena Kak Eugene udah double gitu sama Kak Yureka. Tapi nih ya, kalau boleh jahat sih, emang mereka cocok ya? Kalau boleh kepedean sih, kayaknya masih cantikan gue daripada Kak Yureka. Tapi yaudah lah namanya juga suka, mau segimanapun luarnya, kalau udah demen ya demen aja.
Gue sama temen-temen Batik Day mau ngadain farewell party buat gue. Gila, so sweet banget ya mereka, gue jadi terharu. Yang pasti ada seneng dan sedihnya. Gue seneng gue bakalan balik ke Indo dan ketemu sama keluarga, temen-temen, plus Vito, sumpah gue udah kangen berat sama mereka! Tapi sedih karena bakalan nggak ada lagi kumpul-kumpul nggak jelas di rumah Kak Anna, ketawa-ketiwi bareng sampe pagi, dan makan makanan Indonesia bareng. Ya, jujur gue juga bakalan kangen ngobrol bareng sama Kak Eugene, yang udah baik banget sama gue. Dia juga sering banget nolong gue kalau gue butuh bantuan. Tapi apapun itu, gue tetep pengen Kak Eugene dan Kak Yureka tetep bareng-bareng terus. Semoga mereka langgeng.
---
Chandra Setiawan. Apartemen Kak Anna. Farewell Party buat Farida. 2019. New York.
Udah akhir pekan lagi nih, gila cepet banget. Minggu ini gue sama temen-temen Batik Day mau ngadain “Farewell Party” buat Farida yang dalam beberapa hari mau balik ke Indonesia karena exchange-year-nya udah selesai. Bakal sedih sih dia pulang karena nggak ada lagi cewek bawel yang sering ceramahin gue kalau gue naro sepatu nggak bener di rumah Kak Anna, atau segala omongan gue yang suka jorok dan porno didepan temen-temen yang lain. Hahahah. Ya maafin deh, padahal kan cuma buat have fun aja.
By the way, ini adalah kumpul-kumpul lengkap lagi setelah terakhir minggu lalu kita semua bareng-bareng pergi ke Ottawa, Kanada selama beberapa hari. Tapi ini kayaknya baru kumpul lagi di rumah Kak Anna setelah beberapa minggu nggak ketemu. Waktu malam tahun baru sih, kita berdelapan nggak kumpul bareng karena kita punya rencana masing-masing. Kak Anna waktu itu ke D.C buat ngerayain tahun baru bareng temen-temen kampusnya disana. Dhimas juga ada New Year’s Eve Party bareng temen-temen sejurusannya karena katanya sengaja ikut soalnya ada cewek yang dia taksir. Hah, basi! Nah kalau Eugene sama Yureka pergi liat Ball Drop di Times Square. Gue yakin mereka pasti cipokan disitu. Kan katanya membawa keberuntungan kalau ciuman di Times Square pas malam tahun baru. Tahu deh, beneran apa nggak mitosnya. Sedangkan gue sama Gilang, Fikri, Farida yang nggak diajak sama siapa-siapa, cuma pergi ke Rockefeller Center buat liat kembang api. Trus nggak lama balik ke apartemen gue karena nggak kuat tahan dingin, dan sisanya nonton Kartun Jepang plus main PS. Meskipun pas tahun baru kemarin kita nggak lengkap kumpulnya berdelapan, tapi gue masih bersyukur kok gue masih bisa ngelewatin momen-momen bareng orang-orang yang terdekat, malah terlalu dekat. Hahahaha.
Tapi jujur, gue sempet kesel sih karena gue nggak bisa bareng-bareng sama Yureka. Gue sebel sebenernya mau ngakuin ini. Kenapa? Karena sebenernya gue udah lama naksir sama Yureka dari pas Batik Day berlangsung. Dari pas awal-awal rapat bareng, gue merasa kalau Yureka itu anaknya care banget sama semua orang, termasuk sama gue. Kalau nggak salah, waktu sebelum Batik Day, entah pas rapat ke berapa, waktu itu gue sakit, demam kalau nggak salah, dan Yureka yang dengan sukarela bantuin gue dan ngerawat gue sampe demam gue turun. Ih, baik banget sumpah. Gue suka tuh sama cewek yang keibuan kayak gitu. Ya, semua cewek juga bisa kayak gitu. Tapi kalau Yureka tuh gue litanya beda aja.
Gue nggak tahu waktu itu Yureka ngelakuin itu karena apa? Kalau semata-mata karena suka kan nggak mungkin juga. Ya, gue tahu dia ngelakuin itu karena care sama gue, karena gue sakit, dan karena gue butuh pertolongan. Tapi jujur, dari situ gue jadi suka sama dia. Ya, nggak suka-suka amat sih, cuma seneng aja kalau tiap kali kita ketemu. Gue juga udah punya gebetan, bule, orang lokal, temen satu magang di restoran, tapi kan yaa karena dia bule jadi gue juga harus hati-hati deketinnya. Makanya kalau ke Yureka kan, istilahnya dia orang Indonesia, gue tahu gimana caranya pendekatan sama orang Indonesia, gimana caranya gombal atau apalah, plus gimana reaksinya. Gue ibaratnya udah tahu resikonya karena dia sama gue sama-sama orang Indonesia, jadi lebih gampang. Ya, lu pada paham lah maksud gue.
Tapi pas gue tahu dia malah deketnya sama Eugene, yah sempet kecewa sih, tapi mau gimana lagi, kayaknya mereka udah jodoh banget. Gue tiap liat mereka berdua, gue merasa mereka udah cocok banget. Terlebih gue juga sama Yureka nggak bisa lebih dari temen, karena perbedaan keyakinan. Yureka sama Eugene yang satu agama, jadi mau nggak dicocokin, kalau mereka sama-sama saling suka dan terlebih soal kepercayaan, ya pasti bakalan jadi cocok. Ya, semoga mereka emang jodoh dari Tuhan.
---
Angelique Arianna Inolatan. Apartemennya sendiri. Farewell Party buat Farida. 2019. New York. Masa Depan.
Satu jam pertama perayaan farewell party-nya Farida berjalan normal. Kita masak bareng, nyiapin makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Semua bekerja. Duh, jadi inget Batik Day kan. Intinya, kita emang kayak gitu, kalau udah kumpul jadi kompak banget, saling bantu satu sama lain. Tapi pas masak-masak, ada yang janggal. Nggak persis kayak biasanya. Gue liat dari kejauhan Eugene sama Yureka nggak saling ngobrol satu sama lain. Ya, katanya kalau lagi kumpul nggak mau memamerkan kemesraan di depan publik. Tapi selama kumpul-kumpul, mereka bener-bener nggak ngobrol sama sekali. Malah saling berjauhan. Malahan, si Yureka jadi asyik ngobrol sama Chandra sama Gilang. Si Eugene malah ngobrol bareng sama Farida dan nyiapin meja buat makan bareng. Sedangkan gue sama Dhimas masih sibuk nyiapin lauk-pauk buat kita makan. Trus si Fikri juga sibuk nyiapin nasi yang bakal jadi makanan utama kita. As always, orang Indonesia nggak bisa lepas dari yang namanya nasi.
Sekitar pukul 19.30, makanan udah siap disantap. Ya, kemudian kita semua makan bareng. Ketawa-ketiwi bareng. Ngobrolin apa aja yang entah kenapa emang ada aja yang diobrolin. Sesekali nostalgia ke jaman Batik Day, terlebih waktu games biji semangka, yang Yureka dapet pertanyaan paling apes sedunia tapi ujung-ujungnya itu yang membuat dia jadian sama Eugene, dengan sedikit bantuan gue juga sih sebagai mak comblangnya. Hahaha. Atau ngobrolin momen-momen waktu di Kanada. Saling ngirim foto-foto entah dari HP-nya Yureka lah, dari HP gue lah, di kameranya Fikri lah, dan pokoknya kumpul-kumpul ini jadi momen buat saling kirim foto ke grup Whatsapp.
Tapi gue bener-bener masih merasa ada yang janggal. Kenapa ya? Hawanya lagi nggak bagus. Masa karena mau pergantian musim dingin ke musim semi, sih? Nggak ada hubungannya. Terutama soal Yureka dan Eugene, mereka duduknya aja misah. Jadi di ruang tamu gue, ada satu sofa besar warna coklat krem, beludru loh, nyaman banget pokoknya. Ah, nggak penting. Trus, ada dua kursi dan satu bantal gede yang bisa didudukin, dan karpet, plus meja ukuran kecil buat taro makanan. Di sofa bisa muat empat orang, dan di sofa itu ada Chandra, Yureka, Gilang, sama Fikri. Di dua kursi ada Eugene dan Farida. Sedangkan di bantal gede dan di karpet ada gue dan Dhimas. Ya, kita ngobrol-ngobrol sambil makan. Tapi nggak bisa kalau kayak gini, gue khawatir soal duo “Double Yu” itu. Gue khawatir soal hubungan mereka, gue takut ada apa-apa. Masalahnya gue tahu banget kenapa mereka bisa jadian, gue yang bikin mereka jadi deket, jadi ada semacam hutang budi kalau hubungan mereka renggang.
Hingga kemudian memunculkan sebuah ide, gue akan bikin games. Games nya pun sama kayak waktu dulu, yang waktu Yureka suruh pilih diantara lima cowok itu. Yap, kita main “Truth or Dare”.
Dulu sebenernya gue sengaja ngasih pertanyaan ke Yureka, dari lima pria (Eugene, Chandra, Dhimas, Fikri, dan Gilang), mana yang dia pilih buat nerusin keturunan. Dulu sih pertanyaannya agak bercanda, tapi soal milih satu diantara lima gue nggak bercanda. Dulu gue pengen tahu Yureka milih siapa dan tanpa kasih alasannya. Dan gue juga ngasih pertanyaan yang sama ke Eugene dan objeknya diganti tapi gue minta dia kasih alasannya.
Kenapa gue dulu ngelakuin itu semua? Karena sebenernya gue udah bisa liat dari gelagatnya Yureka kalau dia naksir Eugene. Dan sebelum dia ngasih jawaban atas pertanyaan gue itu, gue bener-bener berharap dia bakalan jawab “Eugene”. Plus, gue pengen tahu reaksinya Eugene gimana, karena jauh sebelum ada games itu, dan semenjak gue satuin mereka di divisi dekorasi pas Batik Day, gue juga ngeliat gerak-gerik Eugene yang udah kayak ulet bulu, and that means dia naksir sama Yureka. Makanya, gue waktu itu ngarep banget kalau dengan pertanyaan itu akan mendekatkan keduanya. Dan setelah Yureka jawab kalau dia lebih memilih Eugene, dan Eugene jawab dia milih Yureka, sumpah gue super duper lega! Ya, gue udah tahu sih sebenernya jawabannya apa. Ada kaitannya apa nggak, gue yakin emang Yureka demennya sama Eugene. Dan dari reaksi yang diperlihatkan Eugene, dia juga kayaknya emang naksir Yureka.
Nah sekarang gue juga akan bikin games yang hampir sama. Maksudnya, gue akan memberikan pertanyaan yang nanti ujung-ujungnya bongkar semua rahasia yang ada diantara kami. Gue nggak bermaksud jahat. Gue cuma mau ketika sepuluh tahun dari sekarang, nggak ada lagi salah paham dan atau lain sebagainya diantara kita berdelapan. Terlebih Farida mau balik ke Indonesia, gue pengen tahu apakah ada sesuatu yang pengen dia ceritain ke kita yang selama ini kita nggak tahu.
Dan permainan pun berlangsung sehingga menghasilkan percakapan berikut :

Arianna           : Pokoknya Truth or Dare ini, gue minta kalau truth yaa bener-bener truth. Gini sih sebenernya guys, gue pengen tahu sesuatu yang kita semua belom pada tahu.
Farida              : Maksudnya gimana, Kak?
Yureka            : Kalau truth semua berarti bukan Truth or Dare dong. Ya, kenanya jadi ajang “Jujur-jujuran terjujur 2019”
Arianna           : Oke oke. Jadi gini. Ini gue jujur aja nih. To the point ke kalian. Kita kan udah lama pada kenal, gue rasa diantara kita belom kenal-kenal amat.
Gilang             : Heh?
Arianna           : Gue belom selesai, Mas Ahmad Gilang Prasetyo…
Gilang             : Oh oke. Maap.
Arianna           : Jadi, gue bikin games ini adalah momen dimana kita saling cerita, soal apa aja yang menyangkut kita berdelapan.
Chandra          : Gue masih nggak ngerti lu ngomong apaan, Kak.
Dhimas            : Kayaknya gue tahu. Lu mau kita cerita rahasia kita semua?
Arianna           : Hmmm. Kasarnya gitu sih. Hehehe.
Chandra          : Yah, kalo rahasia dibongkar ya jadi nggak rahasia dong kak.
Arianna           : Maksud gue… gini loh guys. Oke gini, jujur nih. Farida besok kamis balik ke Indo, gue cuma pengen sesuatu yang belum terucap dari dia soal kita, gue mau dia cerita sekarang. Apa aja. Contohnya mungkin si A kesel banget sama si B, karena si B terlalu bacotnya orangnya. Or whatever in between lah.
Yureka            : Gue paham maksud lu kak.
Arianna           See? Akhirnya ada juga yang ngerti.
Eugene                        : Gue? Cukup paham sih sejauh ini.
Gilang             : Aku hayo aja lah kalau gitu.
Arianna           : Tapi kalau kalian nggak mau cerita detailnya, yaa nggak apa-apa, gue nggak maksa juga. Jadi, senyamannya kalian aja.
Yureka            : Gue berharap sih ini bukan ajang mojokin seseorang. Cuma mau cerita-cerita aja kan?
Arianna           : Huum. Gimana?
(Semua)           : (terdiam)
Arianna           : Ya, kalau nggak ada yang sreg yaudah nggak usah main.
Farida              : Yaudah yaudah main aja, main, hayok!
Arianna           : Eit, kalo terpaksa gue nggak mau ya. Ikhlas nggak nih kalian?
(Semua)           : ya, ya, ya.
Dhimas            : Yok main-main.
Arianna           : Tunggu, tunggu. Ni gue disclaimer lagi yaa. Ini cuma buat momen dimana kita yang sebelumnya nggak pernah tahu, jadi tahu. Siapa tahu kita masing-masing punya rahasia yang bener-bener dihindarin dari masing-masing. Gue nggak mau persahabatan kita, persaudaraan kita hancur gara-gara masih mendem rahasia ini sampe tua. Ya, gue tahu sih, abis rahasia itu diceritain pasti saling canggung satu sama lain. Tapi itu normal kok. Kalo menurut gue lebih bagus diceritain sekarang aja daripada nggak pernah sama sekali. Nanti mati penasaran loh.
Chandra          : Serem euy.
Yureka            : Ngeri.
Arianna           : Setuju?
(Semua)           : Oke
Arianna           : Well, karena gue yang punya ide permainan ini, berarti gue yang mulai.

            Semua bersiap-siap. Posisi duduk pun jadi agak berubah. Yang tadinya di sofa jadi diatas karpet, yang di kursi jadi pindah ke sofa, dan lain sebagainya. Menit pertama semua diam tanpa kata. Bener-bener awkward. Tapi, yaudah lah, mau gimana lagi. Gue harus tetep ngelakuin ini.
Arianna           : Oke, gue pakai botol ini buat ngarahin siapa objek yang akan gue bahas. Misalnya, kalau ujungnya kena ke… hmm Chandra, berarti gue akan ceritain sesuatu yang Chandra nggak tahu, atau selama ini gue pendem-pendem ke dia. Apapun. Oke? Paham ya. Gue mulai ini.
((Botol coca-cola yang tadi siang gue beli dan isinya udah kosong pun gue pake untuk dijadikan alat permainan ini. Destinasi pertama jatuh pada Fikri. Nah, kalau dia gue nggak punya rahasia, paling cuma kesel kalau tiap kumpul dia yang paling pasif. Anti gue sama orang pasif.))
Fikri                 : Waduh. Gue!
Arianna           : Nah, Fikri. Hmmm. Apa ya? Cuma ada satu uneg-uneg yang selama ini gue pendem dan gue pengen banget lu tahu ini.
Fikri                 : Waduh apaan tuh?
Arianna         : Fikri Harizki, student of Industrial Engineering and Operational Research of Columbia University yang terhormat, kalau jadi orang tuh yang aktif kenapa. Jangan diem aja. Speak up men! Lu udah mending waktu gue suruh di divisi publikasi, lu udah mending mau ngomong ke orang asing. Dulu-dulu ya, pas gue kenal lu pertama kali, astaga kayak anak kecil baru belajar ngomong tahu nggak. Dieeeemmm aja. Orang udah mancing-mancing buat ngobrol, cuma “Hehehe iyaa, hehehe iya”. Gitu doang. Apaan tuh? Heh, lu tuh anak Columbia, ngaca. Yang aktif gitu loh fik. Elah.
Fikri                 : Ya kak, ya kak. Maap. Makasih masukannya, btw.
Arianna           : Udah itu doang. Sekarang giliran lu, Fik. Entar lu kenanya ke siapa, nah dia dapet giliran berikutnya.
Fikri                 : Oke. (Memutar botol). Wuih, Kak Gilang. Mantap nih.
Gilang             : Piye? Kamu mau ngomong apa?
Fikri              : Jadi, sebenernya aku pernah ngambil shower gel-nya Kak Gilang sampe setengah gara-garanya, waktu aku nginep di dormitory Kakak, baju aku ketumpahan coklat panas, dan baju itu mau aku pake besoknya. Pokoknya intinya pengen cuci lah, eh trus pas ke kamar mandi, aku liat keranjang tulisannya “G- Indo”, dan aku tahu itu pasti punya Kak Gilang, karena nggak mungkin keranjang alat mandi orang bule ada pepsodent-nya, jadi akhirnya aku pake sabun itu sampe hampir habis. Dan aku nggak bilang sama Kak Gilang.
Gilang             : Oh, ya ampun, selaw aja kali. Kayak kalo kamu pake langsung kiamat. Santai aja. Eh tapi btw kenapa kamu nggak bilang sama aku?
Fikri                 : Ya, malu kak.
Farida              : Dia emang kayak gitu kak. Saking pemalunya.
Gilang             : Owalah, gitu. Ya, lain kali ngomong ya.
Arianna           : Kan, apa gue bilang, Fik. Speak up!
Fikri                 : Ya, ya. Hehehe.
Arianna           : Ayo, Lang. Giliran lu.
Gilang             : Waduh kena siapa ya? (memutar botol). Wah, kok ke Kak Anna. Apa ya? Hmmm, oh aku tahu. Aku pernah ngilangin gelas plastiknya Kak Anna waktu kita piknik ke taman pas rapat Batik Day. Aku waktu itu mau pipis, cari toilet darurat dan bodohnya aku masih pegang gelas plastiknya ke toilet, dan bodohnya lagi aku lupa dan meninggalkan gelas itu di dalam toitlet.
Arianna           : Hmm gelas IKEA ya? Pantesan, berkurang. Hahaha. Ah santai lah. Bisa beli lagi.
Yureka           : Eh tunggu, berarti abis ini, Kak Anna jalan dua kali dong. Abis ini pas dia muter botol, trus kena ke siapa gitu, trus dia musti ngomong lagi?
Arianna           : Ya, iyaa. Ya, nggak apa-apa, berarti gue harus ngomong lagi kan. Tapi kalo ada yang pengen diomongin, ya diomongin aja. Kalau enggak ya di skip.
Yureka            : Oh gitu.
Arianna           : Oke. (Memutar botol).
Farida              : Wah Kak Dhimas.
Arianna           : Waduh. Tepat sasaran ini mah namanya.
Dhimas            : Tepat sasaran?
Arianna         : Okay, guys. It sounds very exaggerating and surprised but I need to confess this one…
(Semua)           : (terdiam dan kebingungan).
Arianna           : Gue cuma mau bilang, kalo sebenernya… jangan pada kaget ya. Gue sempet naksir sama lu, Dhim.
Dhimas            : Waduh.
(Semua)           : Uuuuuu.
Chandra          : Eh ternyata ya Kak Anna.
Dhimas            : Kok bisa, Kak?
Arianna           : Ya, kita emang nggak cocok sih, karena kita sering debat kan. Dan emang somehow ribut mulu. Terlebih gue emang pribadi yang rada-rada feminis, jadi yaa nggak terlalu mikirin cowok banget. Tapi, ya gue tetep perempuan. Dan gue normal, gue nggak lesbian. Jadi karena kita sering ketemu, jadi ya gue naksirnya sama elu deh.
(Semua)           : Ciyeeeee. Duh duh.
Yureka            : Nggak nyangka gue. Ini bukan mimpi kan?
Arianna           : Tapi gue nggak gimana-gimana sama lu, Dhim. Gue kan tahu juga siapa cewek yang lagi lu taksir. Plus, lu sangat amat playboy. Dan gue nggak cemburu. Ya, cuma emang demen aja. Terlebih gue nggak percaya pernikahan dan nggak komitmen, jadi kalau gue suka sama orang ya cuma suka aja, nggak lebih.
Eugene            : Yakin Kak nggak lebih? Nanti nyesel loh.
Yureka            : Sayang… pssstt.
Arianna           : Nggak. That’s what I want to confess. That’s all.
(Semua)           : (Terdiam)
Dhimas            : (Mukanya memerah)
Farida             : Huum gue boleh ngakuin sesuatu juga nggak? Hmm, karena Kak Anna tadi bahas soal siapa demen siapa, gue juga mau ngaku sesuatu. (Bicara pelan).
(Semua)           : (Siap-siap mendengarkan)
Farida              : Eh jangan serius-serius dong. Jadi parno nih.
Chandra          : Iya, iyaa selaw. Selaw.
Farida          : Jadi, rahasia terbesar yang selama ini gue pendem yang terjadi diantara kita berdelapan, adalah… maybe this is too obviousAnd maybe some of you already got this.
(Semua)           : (terdiam dan terheran)
Farida             I was in crushed to Kak Eugene… sebelum Kak Eugene sama Kak Yureka jadian, gue sebenernya udah suka duluan sama Kak Eugene.
Eugene            : (Mukanya keheranan)
Yureka            : (Menunjukkan ekpresi kesal dan acuh). I knew it.
Farida            : Maaf ya, Kak Yure. Ya, aku cuma naksir aja kok. Karena aku sama Kak Eugene sering bahas jejepangan bareng, jadi kebawa deh sampe kayak naksir gitu.
Yureka            : Tapi kan lu udah punya cowok, Far? (Nada marah)
Farida             : Ya, tahu. Tapi LDR itu nggak segampang membalikkan telapak tangan, Kak. Dan aku nggak berniat selingkuh dari cowok aku, tapi kenyataannya ada seseorang yang bikin aku nyaman dan bisa manjain aku. Dan itu Kak Eugene.
Eugene             : Emang kapan gue manjain elu, Far?
Farida            : Ya, secara tersirat. Tiap kali aku Whatsapp Kakak, Kakak selalu bales dan aku tahu Kak Eugene taking care aku banget. Itu yang bikin aku naksir Kak Eugene waktu itu. Tapi setelah aku tahu Kak Eugene jadian sama Kak Yureka, ya aku mundur perlahan. Aku mencoba untuk hilangin perasaan itu. Tapi nggak bisa. Karena aku masih disini, masih ketemu Kakak. Jadi…
(Semua)           : (Terdiam). (Momen canggung pun terjadi)
Chandra       : Hmmm, sekarang boleh giliran gue nggak? Nggak usah muter botol gapapa. Kelamaan. Biar cepet. Udah terlanjur juga si Farida bikin pengakuan.
Arianna           Go ahead, Chan.
Chandra          : Gue juga mau ngaku. Jauh sebelum Batik Day, gue juga naksir sama Yureka.
Eugene           : Nah, udah ketebak kan. (Nada kesal).
Chandra      : Karena Yureka juga care banget sama gue. Apalagi kalau gue curhat tiap kali gue kangen sama adek kembar gue, dia pasti selalu mau dengerin gue cerita. Dan disitu gue nyaman banget. Tapi semenjak gue tahu Eugene deketin Yureka, dan gue sama Yureka juga nggak mungkin bisa jadian kan, karena kita beda, jadi ya gue cuma suka aja dalam hati. Dan gue sebenernya berterimakasih sama Kak Anna. Karena dia yang udah ngasih ide buat bikin games ini. Gue tahu ini awkward, tapi gue nggak tahu kalau gue pendem terus jadinya bakal gimana.
Yureka            : Makasih, Chan, udah mau ngaku. Tapi, sorry.
Chandra          : Iya, santai. Gue tahu kok. Gue cuma mau bilang aja.
Arianna           : Ayo siapa lagi yang mau ngaku? Mumpung masih sore nih.
Gilang             : Aku! Aku!
Arianna           : Silahkan.
Gilang         : Kalau Eugene dan Yureka saling suka, tapi Farida suka sama Eugene dan Chandra naksir sama Yureka. Kalau aku, aku sebenernya pernah naksir kamu, Far.
Farida              : Gue?
Gilang            : Iya. Kamu inget waktu tim publikasi mau bikin video buat media promosi, aku yang dengan suka rela mau ikut bantuin syuting. Itu sebenernya sambil menyelam minum es kelapa muda. Gara-gara masuk tim Batik Day, day by day, aku jadi tertarik sama kamu. Tapi setelah kepo Instagram kamu, aku nggak jadi. Ya, karena kamu sudah punya kekasih. Tapi aku berharap kamu nggak putus sama Vito, Far, kasian, dia udah nungguin kamu setahun, loh. Kalo pas balik, kamu minta putus, rasanya nggak adil. Cuma gara-gara kamu lebih suka sama Eugene atau suka sama yang lain. Whatever. Tapi pesan aku, jangan kamu putusin pacar kamu, Far. Percaya deh sama aku.
Farida              : Gitu ya.
Gilang          : Iya. Tapi tenang kok, aku udah punya gebetan baru. Anak Permias juga. Doain ya, semoga bisa jadian.
Arianna           : Eh siapa tuh? Kasih tahu dong. Jangan-jangan gue kenal nih.
Gilang             : Aduh. Jangan ah. Kak Anna kenal soalnya.
Arianna           : Lah iya, makanya gue pengen tahu. Nanti gue comblangin.
Gilang             : Ada lah. Nanti aku kasih tahu.
Arianna           : Nggak, Lang. Sekarang. Cepet! Jangan-jangan Bella ya? Yang anak NYU itu?
Gilang             : Hi, kok Kak Anna bisa tahu, tho? Dukun opo piye Kak Anna iki?
Arianna           : Kalau soal percintaan, gue dewinya.
Yureka            : Bella anak S2 Museum Studies itu? Itu kan pernah satu seminar sama gue, pas jaman dulu gue ketemu Eugene.
Chandra          : Eaaaaa
Fikri                : Ciyeee.
Dhimas       : Yang Yureka baru sadar kalau Eugene adalah teman satu kelompoknya pas udah dipasangin di divisi dekorasi, bukan?
Yureka            : Diem, ah.
Dhimas           : Tapi bener kan?
Yureka           : Iya iya. Btw dia baik loh orangnya. Kayaknya cocok deh sama elu, Lang. Udah, besok langsung ajak kemana gitu, makan bareng, ke bioskop kalo perlu, trus tembak deh.
Gilang             : Aku nggak seberani kamu, e,Yur. Yang bener aja dong.
Arianna           : Oke. Siapa lagi hayo yang belom dapet giliran?
Chandra          : Double Yu? Yureka dan Eugene? Mau membuka suara? Atau Dhimas? Mau mengaku sesuatu?
Eugene        : Jangan-jangan Dhimas juga memendam rasa dengan Kakak Angelique Arianna Inolatan nih.
Fikri                 : Uuuuuuu
Gilang             : Wah, fenomena terbesar 2019 nih kalau beneran.
Arianna           So… Mau ngomong apa lu?
Dhimas         : Ya, kan gue sering curhat soal cewek-cewek yang gue taksir nih, Kak. Sampai akhirnya beberapa ada yang berhasil jadian sama gue, meskipun ujung-ujungnya gue putusin… sampai pada suatu hari gue nembak si bule asal Prancis, Jacqueline, cuma dia satu-satunya yang gue gebet dan nolak gue…
Yureka            : Gue nggak nyangka seorang Dhimas, anak gaul, bisa ditolak. Sabar ya.
Dhimas        : Ya, bukan rejeki juga. Intinya, entah kenapa pas gue ditolak Jacqueline, gue bener-bener patah hati banget dan curhat semua ke Kak Anna.
Farida              : Jangan-jangan udah takdir Tuhan kalau Kak Dhimas dan Kak Anna….
Arianna           : Tunggu, tunggu. Dhimas belom selesai. Ayo terusin.
Dhimas            : Dan somehow, pas curhat soal Jacqueline itu, lu yang paling bisa nenangin gue. Dan ya, jujur sih…. Gue jadinya ada rasa dikit sama elu, Kak. Hehehe.
Farida              : Nah, kan, beneran!
Gilang             : Fenomena terwah 2019 telah diumumkan, sodara sodara!
Fikri                 : Uwuuuuuww!
Yureka            : Aw aw
(Semua)           : (Bersorak sorai).
Chandra          : Ini sih kejadiannya sama kayak waktu Yureka kena Truth waktu itu ya.
Fikri                 : Makanya, Kak Anna, kalau bikin games jangan terlalu niat. Kena karma nya kan.
Arianna           : Ya ya ya. Sorry. Eh btw, Duo Yu, Double Yu, ada yang mau disampein nggak? Cuma kalian berdua yang tersisa nih belum menyatakan sesuatu.
Eugene        : Apa dong? Nggak ada lah. Lah kan gue udah menyatakan perasaan pada Yureka tercinta           
Gilang             : Eaaaakkk
Dhimas            : Kawin kawin… abis lulus dari Columbia kawin!
(Semua)           : (Bersorak sorai)
Yureka            : Tapi gue mau ngomong sesuatu. Gue berterimakasih banget buat Farida yang udah mau jujur ke kita semua. Karena jujur, tadinya kalo ini games nggak ada, gue yang bakal nanya langsung ke elu, sebenernya ada apa yang terjadi antara elu sama pacar gue. Tapi karena lu udah ngaku duluan, dan menurut gue udah clear semua. Jadi, jangan sampe diulang lagi ya. Please.
Farida              : Ya, Kak. Makasih, udah nggak marah sama gue.
Yureka            : Siapa bilang. Gue marah lagi sama lu tadi pas lu ngomong. Sebel banget gue beneran.
Farida              : Sekarang? Masih?
Yureka            : (Menggelengkan kepala). Nggak kok. Hehehe.
(Farida dan Yureka berpelukan sebagai tanda saling memafkan).
(Semua)           : Uuuuu so sweeetttt.
Arianna       : Tunggu tunggu. Ada yang belom baikan juga. Eugene, Chandra, ada yang ingin disampaikan? Atau mau pake ruangan gue buat adu jotos.
Eugene          : Cukup adeknya roommate-nya Yureka aja yang gue hantam Kak, Chandra nggak usah. 
Chandra          : Syukurlah. Terimakasih Tuhan.
Eugene            : Tapi gue masih kesel sama elu sih, Chan. Dikit. Dikit doang.
Chandra          Sorry ya, bro. Gue nggak berniat gitu ke cewek lu. Dan mungkin ini saatnya gue cari gebetan baru. Maafin ya.
Eugene            : Yok, santai. Yaudah sana cari gebetan.
(Chandra dan Eugene juga berpelukan sebagai tanda saling memaafkan).
Gilang             : Eaaa rekonsiliasi.
Fikri                 : Gencatan senjata, Kak.
Gilang             : Yah, sama aja.
Yureka            : Eh, bentar. Urusan Kak Anna sama Dhimas belom kelar. Gimana tuh?
Arianna           : Aduh. Dibahas lagi.
(Semua)           : Ciyeeeeeeee.
Arianna           : Gini ya. Gue jujur nih ke elu ya, Dhim. Lu kan tahu, semua disini juga tahu kalo gue nggak percaya pernikahan, dan nggak mau komitmen, dan terlebih ya emang nggak mau punya pacar aja…
Chandra          : Emang siapa yang nikahin elu, Kak. Pede banget, ih.
Arianna           : Berisik. Belom selesai gue ngomongnya.
Chandra          : Oh ya, maap.
Arianna           : Kalo semisalnya kalian jodohin gue sama Dhimas, ya nggak masalah. Tapi gue harus tanya dulu ke Dhimas, lu siap nggak kalo kita cuma pacaran aja, nggak bisa lebih jauh. Karena gue emang nggak mau nikah.
(Semua)           : (Terdiam).
Arianna           : Terlebih kita juga beda keyakinan. Jadi, takutnya elu gimana-gimana.
Dhimas            : Yah, gue sih bukan orang yang relijius amat, Kak. Sholat juga bolong-bolong.
Arianna           : Tapi gue juga nggak nyuruh lu pindah agama juga.
Dhimas            : Nggak. Maksud gue, ya kalo kita mau jalanin semua dulu, ya, jalanin aja. Nggak harus liat agama kita apa. No offense, ya guys. Tapi dari perspektif gue pribadi, gue bisa jalan sama cewek mana aja, asal dia baik dan berbudi pekerti luhur. Itu sih.
Chandra          : Gaya lu ngomongnya.
Farida              : Iya, setuju. Masalah nanti gimana nya, kan itu soal nanti Kak. Bisa dipikirin lagi.
Dhimas            : Ya, gitu maksud gue.
Arianna         : Sebenernya jauh sebelum gue naksir Dhimas, gue udah deket sama banyak cowok. Ya, sebagian besar dari kalian juga udah tahu. Dan hampir semua cowok yang gue ajak jalan ya karena gue emang butuh temen jalan aja. Nggak lebih. Banyak dari cowok-cowok itu yang tahu ketika gue nggak mau komitmen, mereka banyak yang ilfil, minta putus ditengah jalan. Ya gue nggak marah, orang itu juga udah jadi resikonya. Dan soal Dhimas. Hmmm, jujur sih. Gue awalnya biasa aja.
Chandra          : Boong. Pasti dari awal, bukan akhir-akhir ini. Tahu gue, Kak.
Arianna           : Nggak, beneran. Ya, kalo karena cool nya sih, yaa dari awal sih.
Chandra          : Nah, kan.
Arianna         : Dan seiring dengan berjalannya waktu, kita sering Whatsappan, dan gue merasa ada sesuatu aja yang beda dari Dhimas. (Senyum lebar)
Dhimas            : (Berbalas senyum)
Arianna           : Dan ya, yang gue bilang tadi, gue suka sama elu, Dhim.
(Semua)           : Ciyeeeeeee
Eugene            : Nambah lagi pasangan baru.
Chandra          : Kira-kira dinamain apa nih? Eugene-Yureka kan Double Yu. Anna-Dhimas apa dong?
Fikri                 : Adim? Nggak enak.
Gilang             : Masan? Anmas. Duh jelek, ik.
Yureka            : The AD. Wuiz.
Chandra          : Nggak, nggak.
Gilang             Totally not.
Arianna          : Suka-suka kalian deh. Eh bentar. Fikri? Elu nggak mau ada yang diakuin gitu? pernah suka sama siapa? Diantara kita. Misalnya, Gilang.
Fikri                 Astagfirulloh, gue straight Kak. Gue nggak gay.
Arianna           : Puji Tuhan. Syukurlah.
Farida              : Tenang kak, dia masih setia sama ceweknya.
Arianna           : Lu masih sama Tabita?
Fikri                 : Masih lah. Alhamdulillah.
Yureka            : Jelas lah, Tabita cantik luar dalem, mana mau dilepas. Tapi, pertahankan, Fik.
Fikri                 : Yoi. Kakak juga. Kak Eugene?
Eugene             : Ya, kenapa?
Fikri                 : Baju merah jangan sampai lolos.
Eugene             : Hah, baju merah?
Fikri                 : Ini Kak Yure pake sweater merah.
Eugene             : Oh ya. Sip. Makasih.
Yureka            : Hii, kok elu ngeh aja sih, Fik. Hahaha.

Percakapan selama kurang lebih 2 jam itu pun akhirnya berakhir. Gue lega, akhirnya nggak ada yang gontok-gontokan lagi. Sempet awkward, tapi karena gue tahu kita semua udah pada gede, jadi nggak mungkin ada yang sampe dendam satu sama lain. Justru, itu dengan obrolan dan games ini, semua jadi terbuka satu sama lain, rahasia yang nggak boleh dipendam memang harus disampaikan, biar pas kita udah pada tua nggak ada salah paham lagi. Dan gue bersyukur kekhawatiran gue sama pasangan Double Yu udah nggak ada lagi. Semenjak obrolan tadi, Yureka sama Eugene jadi ngobrol bareng. Bahkan jadi pamer kemesraan. Tapi mereka masih ngobrol sama yang lain, contohnya Eugene masih bercanda-canda sama Farida dan Chandra tanpa kecanggungan lagi. Pokoknya semua berjalan dengan lancar. Kami masih berdelapan, dan kami masih sama-sama anak Batik Day yang tidak berdosa yang kecemplung di kota raksasa.
Kami masih bersaudara, kami masih jadi sahabat. Terlebih, sekarang ada satu yang jadi lebih akrab. Hahahah. Awkward nih. Ya, setelah games itu, gue dan Dhimas jadi intens ngobrolnya. Bercanda bareng, meskipun canggung. Padahal cuma niat mau balikin pasangan yang lagi renggang, eh malah gue yang dapet pasangan. Mungkin ini rejeki dari Tuhan.
Meskipun hasilnya gue jadian sama Dhimas, Yureka sama Eugene makin nempel, Farida akan tetep sama Vito, Fikri sama Tabita, Gilang yang masih berjuang dapetin Bella, dan Chandra yang nggak tahu sama siapa, ternyata terbongkar kalau dulunya Chandra yang pernah suka sama Yureka, Yureka dulunya emang udah suka Eugene, Eugene pun demikian naksir sama Yureka sampe curhat ke gue pagi-pagi di balkon, dan Eugene malah didemenin sama Farida, malah Farida yang didemenin sama Gilang, dan Dhimas yang ternyata selama ini naksir gue, untung gue naksir balik ke Dhimas, karena kalau gue naksirnya ke Chandra atau Gilang, hmmm nggak deh, bukan tipe gue. Sorry, boys. Hahaha.
Ternyata, diantara persahabatan kita selama ini, ada rahasia yang kita nggak pernah tahu. Unik sih, ini kayaknya udah bukan jamannya cinta segi tiga atau segi-segi yang lain. Bersyukurnya cinta segi banyak ini nggak membuat tali persahabatan kita renggang, justru makin erat, karena udah saling jujur satu sama lain. tapi gue seneng kita masih utuh berdelapan, kecuali Farida yang bentar lagi balik ke Indo, tapi sejauh apapun kami berada, kami masih berdelapan, masih mantan anggota acara Batik Day, tapi semoga nggak ada istilah mantan teman diantara kita, ya. Semoga sampe tua nanti, sampe udah pada punya anak dan cucu, cerita ini masih seru untuk didengarkan ataupun diceritakan.

- BERSAMBUNG -


Lanjut Episode 7 --> Double Yu S2E7

Comments

Popular posts from this blog

Kumpulan Cerita Bersambung : DOUBLE YU - SEASON 1 (karya Yulia Sutjahjono)

"Langkah-Langkah Menjadi Volunteer (Relawan)" Part 2

Langkah-Langkah Menjadi Volunteer (Relawan) Part 1