"Kok Ke Jerman? Kok Gak Ke Prancis?"

15.10.2017. Udah hampir 2 bulan gue tinggal di Berlin, Jerman, dan sampai detik ini masih ada pertanyaan “Kok ke Jerman?” “Kok gak ke Prancis aja?” “Katanya mau ke Amerika?”.
Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu akan gue beberkan disini mengapa demikian, mengapa begini dan mengapa begitu.



Pertama-tama, gue akan bilang terimakasih terlebih dahulu kepada kalian semua yang sudah mau melontarkan pertanyaan ini ke gue. Jujur, dengan pertanyaan kalian ini gue merasa gue diperhatikan, gue merasa masih ada orang yang sayang sama gue. Gue tidak merasa pertanyaan itu menjadi jebakan atau ujian tersendiri buat gue untuk menghadapi hari-hari kedepannya. Mengapa? Mungkin udah banyak dari kalian yang tahu kalo gue ini dulunya bagaimana.

Dulunya bagaimana yang bagaimana jul?

Ya, dari SMA sampe kuliah semester 3 gue koar-koar pengen jadi Duta Besar Indonesia untuk Prancis lah, pengen S2 di Sorbonne lah, sampe pengen jadi Sekjen PBB lah. Wah, kayaknya semua kalangan temen-temen udah tahu soal itu.

Tapi guys, yang namanya manusia kan bisa aja berubah, termasuk gue. Kayak sekarang nih, gue udah berubah haluan (lagi), tapi gue nggak akan membeberkan final decision gue disini, karena gue tahu mungkin kedepannya gue mungkin aja akan berubah pikiran lagi. Jadi, cukup dahulu kala aja yang bikin kalian bingung dan heran setengah hidup karena statement-statement yang gue buat dulu.
Lupakan soal masa lalu, balik lagi soal topik kenapa gue bisa ke Jerman. Mungkin dibagian ini gue akan jabarkan dulu prosesnya dari awal sampe gue bisa ke negeri Schnitzel ini.

First of all, gue di Berlin kerja jadi relawan. Relawan perang? Bukan dong, kan Jerman Barat sama Jerman Timur udah bersatu. Relawan jaman sekarang udah gak digeneralisasi jadi relawan bencana alam atau perang, tapi lebih spesifik lagi, diantaranya adalah relawan bidang pendidikan, bidang pertanian, dan masih banyak lagi. Lebih enak pake kata volunteer aja kali yaa. Nah, kalau diantara kalian ada yang udah tahu, dulunya gue juga pernah jadi volunteer di Vietnam, , tepatnya di bidang pendidikan, jadi asisten pengajar Bahasa Prancis. Di Vietnam cuma 1 bulan doang sih (3 September-3 Oktober 2016) tapi pengalaman cukup lah kalo boleh dibilang. Eit, tapi justru karena satu bulan itu gue nggak merasa puas (sama sekali). Gue butuh pengalaman lebih banyak lagi, ke luar negeri dalam jangka waktu lebih lama lagi, dan lebih menantang lagi.

Sepulang dari Vietnam, satu bulan, dua bulan gue still okay, belom ada ‘goncangan’. Artinya, bagi gue yang berjiwa kompetitif dan ambisius nggak tahan kalo hidup gitu-gitu doang.
Jarak antara kepulangan dari Vietnam sampe sesaat sebelum ke Jerman, gue habiskan waktu buat kerja jadi guru di Sekolah Nasional Plus di daerah Sentul Bogor Jawa Barat. Sekitar bulan November 2016 gue apply dan Alhamdulillah gue diterima di Bright World School (nama sekolahnya) di bulan Desember. Nah di bulan yang sama juga (yang lucunya) cuma beda satu hari, gue juga diterima jadi siswa kursus bahasa Inggris di EF for Adults cabang Kuningan City Jakarta Selatan.
Dah tuh, gue menjalani hidup gue dengan biasa saja, yang mana bagi gue itu kurang greget. Maksudnya gini, gue bukan tipe orang yang betah 5 kali dalam seminggu dengan waktu 8 jam tiap harinya berada di tempat yang sama. Itu buat gue bosen pake banget. Pekerjaannya sih menyenangkan, siapa yang nggak suka sama anak kecil, yegak? Tapi sistem kerjanya yang menurut gue kantoran banget. Yaa, ada kalanya gue merasa nyaman, tapi gue tipe yang dinamis dan nggak suka yang gitu-gitu aja.

Di bulan ketiga gue kerja, udah mulai nggak betah tuh. Akhirnya gue ‘kepanasan’ dan mulai-mulai cari informasi di internet soal program kerelawanan sama seperti yang gue lakukan di Vietnam sebelumnya. Gue cari, gue cari, sampe akhirnya gue punya akal buat menghubungi ke Dejavato Foundation, organisasi waktu ngirim gue ke Vietnam. Dalam hati waktu itu “Bego aja lu jul lu kenapa nggak nanya-nanya dari awal sama Dejavato ada atau nggak program voluntary lagi, ngapain capek-capek nyari info di Google kalo nyatanya yang lebih deket jelas ada”. Yaa, pokoknya begitu. Perang batin.

Nah trus, tepat di bulan Februari, gue dapet informasi soal seleksi beasiswa volunteer di Jerman selama 1 tahun. Belum pernah denger yaa beasiswa untuk relawan? Hahahah sama gue juga baru denger waktu itu. Dah lah, pokoknya pas nerima email itu dalam hati “WADIWAW BOLEH NIH”. Tanpa berpikir panjang gue mendaftarkan diri, ya tentu atas ijin orang tua lah yaa. Dan tepat 4 Februari 2017 yang mana berbarengan dengan acara kawinan kakak gua, adalah deadline pengiriman formulir dan berkas. Jelas dong hectic, chaos, kepikiran, pesimis tapi optimis, semua nano-nano lah saat itu. Proses demi proses berlangsung, mulai dari di interview sama pihak Dejavato Foundation selaku national committee, trus di interview langsung sama pihak Jerman (ICJA), dan kemudian, tadaaaaaaa SELAMAT YULIA DITERIMA. Wew meeeenn, gue pas pertama tahu pengumuman itu gue merinding bulu romaku. Pokoknya nggak nyangka lah, bersyukurnya pun jadi berkali-kali lipat.


Oh yaa BTW, yang dari Indonesia nggak cuma gue doang, sama seperti di gambar ini, ada satu lagi orang Indonesia yang keterima beasiswa ini, namanya Avi. Si Avi ini penempatan beda kayak gue, gue di Berlin, dia di Dortmund.

Nggak cuma sampe disitu, enak aja tinggal berangkat ke Jerman gitu? GAK LAAAAAH. YAKALI.

Gue kemudian galau segalau-galaunya. Kenapa?
Pas diterima, gue masih dalam kontrak kerja sama BWS, kontrak gue 1 tahun, dan didalam kontrak disebutkan kalau gue keluar atau resign sebelum kontrak habis, maka gue harus membayar denda sebanyak 1x gaji gue. Yaa, sebenernya gampang aja sih, gue keluar yaa tinggal keluar aja. Masalah uang (bukannya sombong nih) itu bisa dicari, uang mah gampang tapi masalah kesempatan kan nggak datang dua kali. Tapi yang bikin gue galau adalah gue akan meninggalkan pengalaman-pengalaman menarik sama murid-murid gue. Jujur, bagi gue, melewatkan satu hari tanpa mereka tuh rasanya kayak ngeliat buah rambutan dipohonnya tanpa kulit alias telanjang, aneh aja gitu. Tapi yaudah lah, toh bokap nyokap gue setuju kok. Dan emang tahu banget anaknya ini pengen banget keluar negeri apalagi sampe Eropa segala, jelas di suggest  keras buat keluar dari kerjaan daripada nggak sama sekali ambil pengalaman ke Jerman.

Nah ada lagi yang lebih galau, selain udah taken contract sama BWS, gue juga udah taken contract sama EF. Karena kalo di EF sistem pembayarannya cicilan macam nyicil rumah pake KPR. Dan gue harus melunasinya sampe Desember yang mana kalo gue berangkat ke Jerman akan tetap bayar cicilan tapi nggak dapet kelas offlinenya dan istilahnya hangus aja gitu, sisa 3 bulannya sia-sia. Tapi yaa balik lagi, nggak akan ada yang sia-sia, uang bisa dicari tapi kesempatan nggak datang dua kali.

Semua urusan kerjaan dan EF kelar, trus gue juga harus ngurus visa. WAH INI RIBET LAGI. Gue harus print 7 dokumen utama buat dikumpulin ke kantor kedutaan. Karena kan ini soal kerja relawan dan beasiswa, jadi dokumen-dokumen itu penting banget buat meyakinkan pihak Jerman kalo gue memang udah ada yang nanggung dan akan legal tinggal di Jerman. Setelah sekitar 6 minggu nunggu-nunggu, AKHIRNYA KELUAR VISANYA. ALHAMDULILLAH.

Eh ntar dulu, visa cair bukan berarti leha-leha, masih ada banyak hal-hal yang harus dipersiapin. Mulai dari, medical check-up lah, beli baju baru lah (biar kece gitu maksudnya), sepatu baru (soalnya sepatu yang biasa gue pake dulu udah nggak layak pakai), lensa kacamata baru lah (karena minus dan cilindris udah nambah dari lama), beli obat-obatan pribadi lah, beli oleh-oleh buat host-family nya lah (hunting ke Tanah Abang dan Asemka), sampe yang nggak begitu penting macam ganti anti-gores hape. Yaa, intinya gue mau prepare semaksimal mungkin karena gue mau hemat sehematnya selama di Jerman karena 1 euro itu mahal kalo dikonversiin ke rupiah.

Semua udah beres, time to say “See you next year” sama semua anggota keluarga dan teman-teman. Jelas gue nangis waktu di bandara, siapa yang nggak sedih akan ninggalin orang-orang tercinta dalam beberapa waktu. Tapi semua udah saling support jadi insyaAllah nggak akan ada masalah.

Perjalanan juga seru, Jakarta-Singapore, Singapore-Zurich, dan Zurich-Berlin. Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar dan sampe di Berlin pun dengan selamat.

Kenalan baru, temen baru, keluarga baru, itu yang bisa gue deskripsikan disini. Meskipun ada banyak kendala di awal-awal kayak bahasa, atau kebiasaan-kebiasaan yang beda banget sama budaya Indonesia, tapi so far so good lah, gue masih bisa menghandle itu semua.

Tapi balik lagi nih soal kenapa gue bisa ke Jerman. Yaa, seperti yang gua jelasin diatas, semua emang udah ada yang ngatur, yaitu Tuhan YME. Dia udah ngatur sedemikian rupa supaya semua ini terjadi, Alhamdulillah pake banget kalo menurut gue. Karena jujur, sesaat gue balik dari Vietnam, gue ada doa yang gua panjatkan tiap hari ke Allah SWT, yang mana gue agaknya udah nggak nyaman sama apa yang gue pelajari di perkuliahan dulu. Tanpa mengurangi rasa hormat, gue mohon maaf banget kalo gue jujur soal ini. Jadi sebenernya, gue udah nggak ada lagi sense dan feeling sama bahasa Prancis. Somehow, it happens to me. Ya, karena gue bilang tadi semua orang bisa berubah pikiran, semua orang intinya bisa berubah, ke arah baik atau buruk itu bukan perkara, perkaranya adalah soal keberlangsungan hidup di masa depan. Bukan, bukan soal uang atau gaji yang akan di dapat di kemudian hari, bukan itu. Tapi masalah kenyaman, masalah hati ini bisa bahagia atau nggak.

Jadi emang waktu gue di Vietnam, gue memang bisa ngomong bahasa Prancis, sama halnya waktu gue di kampus dulu, lancar-lancar aja lah ngomongnya, tapi sering banget gue nemuin diri gue jadi agak kaku dan nggak percaya diri sama skill gue tersebut. Yang akhirnya memunculkan ide bahwa “Gimana kalau gue cabs aja dari bahasa Prancis. Agaknya menyakitkan tapi gue nggak tahu itu bakal cuma sementara atau selamanya”. Tapi menurut gue kalau diterusin ini makin membuat gue makin nggak nyaman dan makin nggak bahagia. Kenapa ya? Gue juga bingung sih. Mungkin karena ekspektasi dulu gue pengen belajar bahasa Prancis yang bener-bener belajar bareng sama temen-temen kampus, diskusi pake bahasa Prancis, jalan-jalan sambil ngobrol pake bahasa Prancis, ke bioskop nonton film Prancis atau sekadar dari donlotan juga nggak apa-apa dah, pokonya bener-bener niat dan tekun belajar bahasa Prancis. Sampe ada kejadian dongkolnya dosen gue soal ujian DELFnya mahasiswa-mahasiswanya (yang tidak akan gue ceritakan disini) yang mana juga jadi bikin gue ikutan dongkol. Intinya harapan tidak sesuai kenyataan.

Bukan gue sombong nih, menurut gue semangat belajar gue sama temen-temen gue nggak sama waktu itu, gue juga jadi nggak ikutan semangat dan ITU BUKAN GUE BANGET. Gue bukan sok-sokan ala-ala Mahasiswa Berprestasi, yaelah IPK gua aja yang cumlaude cuma semester 1 doang, sisanya ngelus dada. Tapi gue emang butuh suasana yang positif, suasana yang semangat, biar gue ikutan semangat, biar semua orang happy. That’s all. Intinya, berangkat dari kekurangpuasan dan sedikit kekecewaan itu, gue jadi berubah pikiran. Memang terdengar sangat tidak konsisten mengingat dulu gue greget banget pengen ini itu yang berhubungan dengan bahasa Prancis. Tapi yaa namanya udah beda yaudah beda aja.

Kalo bisa diistilahin sih gini, ini istilah doang yaa, istilah doang nih :
Prancis itu kayak pacar pertama lah buat gue yang dulu gue anggap bahasa Prancis adalah jodoh buat gue. Pertama dan yang terakhir (yaelah kayak lagu). Udah Pede banget bakal jadi jodoh eh ternyata gue putus ditengah jalan yang akhirnya gue dikasih ke Jerman sama Allah yang mana mungkin akan lebih baik. Gue nggak bisa bilang Jerman itu jodoh gue, gue nggak mau takabur. Gue cuma lagi berusaha aja supaya gue bisa suka balik sama Jerman (terutama soal bahasa sama budanya yaa bukan orangnya hahahaaaa) karena istilahnya sekarang ini lagi proses PDKT antara gue dan si Jerman. Jadian atau nggak urusan belakang. Yaa gue sih berharapnya tetep jodoh ke Amerika. Makanya gue nggak berani bilang apa-apa. Dijalanin dulu aja.

Nah, dari situ gue merasa Allah SWT ngasih gue jalan sedikit demi sedikit. Mulai dari diterimanya gue kerja di Sekolah Nasional Plus yang mana setiap hari setiap waktu ngomong pake bahasa Inggris, gue pun jadi kepikiran nerusin ilmu bahasa Inggris gue yang mana gue masih merasa bodoh sama grammar-grammarnya yang bikin gregetan sendiri, sampe yaa di Jerman ini. Gue merasa Allah udah denger doa gue dan udah mengijabah doa gue. Makanya sesusah-susahnya tantangan yang gue alamin di Jerman, itu nggak menyulutkan semangat dan nggak bikin gue down. Justru disini gue jadi makin semangat buat merealisasikan mimpi-mimpi gue selanjutnya.

Masih soal kenapa bisa ke Jerman.
Yang satu ini agaknya lucu. Mengapa? Karena kalau mau tahu, jauh sebelum gue milih Prancis sebenernya secara tidak langsung gue memilih Jerman. Tapi sense nya memang nggak sekenceng Prancis pada jaman dulu.
Jadi, waktu Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, gue sama temen gue namanya Dewi, kami berdua dukung timnas Jerman. WADIWAW KAAAN. Sampe diginiin gue “Yul, lu kan pengen ke Prancis kok dukung Jerman. Dukung Prancis lah”. Somehow, gue lebih dukung Jerman. Yaa, karena alasannya cuma satu, pemain-pemainnya ganteng-ganteng hahaha. Manuel Neuer, Thomas Müller, Mesul Özil, wah semua ganteng-ganteng dan berbakat. Nah ketika gue pertama kali tahu gue keterima ke Jerman, gue langsung terbesit “Wah ini nih kayaknya kenapa alasan gue bisa ke Jerman”. Terdengar konyol memang, tapi bagi gue, kalo kita bener-bener into it sama sesuatu, secara tidak langsung semesta akan menarik kita ke dalam lingkaran sesuatu itu. Ya, percaya nggak percaya sih. Istilahnya gini “Lu sih kebanyakan nonton Thomas Muller jadinya begini”. Yaa, kira-kira begitu.

Ada lagi satu hal yang juga cukup unik. Jadi tahun 2015 gue ikutan program Postcrossing yang mana gue bisa tuker-tukeran kartu pos ke orang-orang di seluruh negara di dunia. Dan anehnya, ketika gue randomly searching people, gue dapetnya negara Jerman. Orang yang gue kirimin kartu pos itu orang Jerman yang tinggal di Dunum (gue juga nggak tahu itu dimana), yang jelas mungkin itu udah jadi pertanda dari Yang Maha Menciptakan Alam Semesta kalau sebenernya memang gue lebih okay tinggal di Jerman (mungkin loh yaa).

Tapi apapun pertandaNya, gue bener-bener bersyukur. SANGAT AMAT BERSYUKUR. Rasa syukur gue nggak bisa dihitung pake jari, nggak bisa diitung pake sekarung beras, atau dengan satu kodi BMW X6. Bener-bener uncountable deh, dan tak terhingga rasanya.

Jadi, untuk menjawab pertanyaan :
“Kok Yulia ke Jerman? Kenapa nggak ke Prancis aja? Nggak sayang tuh uangnya udah abis banyak buat kuliah bahasa Prancis?”
Gue akan jawab :
“Allah ngasih rejekinya ke Jerman. Ke Prancis bisa kapan-kapan, toh udah di Eropa, tinggal naik kereta atau bus. Nggak kok, nggak pernah nyesel keluar biaya banyak buat kuliah bahasa Prancis, nggak ada yang sia-sia.”


Dan tidak sampai disitu, menurut gue Jerman adalah satu langkah lebih dekat dengan impian utama gue, yaitu nerusin S2 di USA. Apa hubungannya? Ada lah. Gue yakin dengan nantinya selesai program ini, dan gue cantumin ke CV gue, insyaAllah akan ada universitas di USA yang mau ngasih gue beasiswa S2 buat gue karena mereka yakin bahwa gue ini layak dan mampu kuliah di Uni itu. Sekali lagi gue bukan sombong, tapi nggak ada salahnya kan yakin atas kemampuan sendiri. Gue juga yakin Allah SWT juga tahu mendengar hal itu. Hey, Allah tidak pernah tidur cuy!
Pokoknya, apapun yang akan terjadi InsyaAllah soal Amerika gue akan konsisten. Cuma bakal ambil jurusan apa S2 nanti itu masih dalam pertimbangan. Sebenernya gue udah tahu mau ambil jurusan apa, tapi biar waktu yang akan menjawab. Masih mau gue rahasiain. Gue nggak mau disangka nggak konsisten untuk yang kesekian kalinya. Dan gue juga percaya Allah yang justru masih merahasiakan itu semua dan tugas gue sekarang adalah tetap bersyukur, makin banyak belajar, dan nggak pernah bosen cari ilmu dan pengalaman. Ke Jerman juga bukan akhir dari segalanya, gue masih harus menghadapi tantangan-tantangan lainnya yang lebih WADIWAW. Wish me luck and I wish you luck wherever you are and whatever you do now. SEMANGAAAAATTT!!!



Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kumpulan Cerita Bersambung : DOUBLE YU - SEASON 1 (karya Yulia Sutjahjono)

"Langkah-Langkah Menjadi Volunteer (Relawan)" Part 2

Langkah-Langkah Menjadi Volunteer (Relawan) Part 1