DOUBLE YU SEASON 1 - Episode 8 : "New York Memang Indah"



(Courtesy of Pinterest)

Eugene. Musim Gugur 2018. New York. Masa Depan.

Batik Day baru aja selesai, sekitar dua minggu lalu. Akhirnya kelar juga, bener-bener tiga bulan menyita waktu banget. Bukan gimana-gimana sih, tapi konsentrasi gue jadi terpecah belah; harus manage waktu buat kuliah, ketemu temen kuliah bahas tugas, ngerjain tugas individu juga apalagi, sama yang paling penting yaa itu tadi buat Batik Day. Tapi seneng sih ada pengalaman baru, ketemu orang baru yang mana gue kan susah banget buat kenalan sama orang. Intinya Batik Day membuka banyak peluang buat gue untuk dapet informasi baru, temen baru, yang nantinya mungkin akan saling bantu kalo masing-masing dari kita ada yang butuh bantuan.

Gue juga puas banget sama acaranya. Jujur sih nggak pernah liat acara sebegitu gedenya. Gue pernah ke event-event paling yaa seminar di kampus, pameran, sama festival gitu. Nah kalo Batik Day kemaren tuh bener-bener semua konsep ada disitu. Ada workshop-nya, seminar juga ada, forum diskusi, sampe fashion show. Pokoknya lengkap. Eh tapi ada satu sih yang rada mengecewakan, agenda kompetisi fotografi dengan tema “Me, New York, and Batik” nggak jadi diadain. Padahal bagus banget tuh kalo ada. Gue juga kalo jadi orang umum bakalan ikutan. Tapi karena satu dan lain hal akhirnya dibatalin. Kecewa sih tapi nggak apa-apa lah, maybe next time.

Dan yang bikin gue bangga sama acara ini karena yang ngadain Kantor Konsulat Jenderal Indonesia. Oh yaa, pengunjungnya juga lebih dari yang kita targetin loh. Pas acara fashion show plus exhibition-nya mencapai angka 300 pengunjung! Gokil banget kan? Peserta seminar aja hampir 50-70 orang, belom lagi diaspora Indonesia yang diundang juga hampir 100 orang yang dateng waktu itu. Pokoknya nggak nyesel jadi bagian dari Batik Day. Bener-bener pengalaman yang nggak akan gue lupakan.

Tapi dibalik enaknya Batik Day kemaren, ada nggak enaknya sih. Gue sebagai tim dekorasi pas hari H-nya malah banting setir jadi operator karena sebenernya kita kekurangan orang buat pembagian jobdesc hari H, jadinya gue di bagian operator, Fikri jadi sesi foto-foto, Farida bagian konsumsi, Gilang sama Dhimas bagian peralatan dan perlengkapan, Kak Anna jelas jadi seksi acara yang bantuin Ibu Mirna, dan sisanya bagian keamanan yaitu Yureka dan Chandra yang mana mereka jaga pintu ruangan seminar atau mobile pas sesi fashion show.

Sebenernya rada males juga sih kenapa Yureka sama Chandra ditaro di keamanan. Yureka kan satu divisi sama gue harusnya minimal dia ditaro di bagian dekorasi. Ya, tahu sih pra-acara dekorasi emang diperluin banget tapi ternyata pas hari H nya dekorasi jadi dipecah ke jobdesc yang bener-bener dibutuhin kayak operator atau keamanan. Tapi jadi males juga liat Chandra sebegitu deketnya sama Yureka selama acara berlangsung. Udah gitu beberapa waktu lalu Chandra ngasih coklat ke Yureka, Yureka dikasih coklat paling gede diantara yang lain, pake ada tulisannya pula. Nggak tahu deh tulisannya apaan, tapi kayaknya mereka jadi deket banget.

Enggak cuma itu, ada yang lebih ngeselin lagi yang bikin gue rada kecewa sama Yureka. Jadi seminggu setelah acara, gue sama Yureka jalan ke resto Italia namanya Vapiano, buat pesta makan pasta. Kita berdua sama-sama pecinta pasta jadi kita putuskan buat ‘merayakan’ keberhasilan Batik Day sebagai sesama divisi dekorasi buat makan pasta bareng. Kita pesen banyak banget waktu itu, mulai dari Spagetti Aglio E Olio, Lasagna, sampe dessertnya nambah dua kali. Tapi abis makan, ada momen kurang menyenangkan yang terjadi di restoran. Gue sama Yureka nggak sengaja ketemu Jamie, tetangga satu gedung apartemennya si Yureka. Katanya sih Jamie kerja di resto itu, padahal Yureka tahunya Jamie kerjanya di Giano, bukan Vapiano. Salah denger aja bisa jadi runyam yaa.

Jadi begini, pas kita ketemu Jamie, saling sapa, ternyata ada yang salah disitu. Jamie ceritanya udah ngajak Yureka jalan dari lama, dari sebelum Batik Day malah. Tapi nggak pernah di-iya-in sama Yureka. Nggak tahu tuh kenapa. Gue udah tanya alasannya tapi dia nggak pernah mau ngaku. Trus, pas gue bilang kalau kita emang semacam lagi nge-date gitu, Jamie mulai kesel sama Yureka soalnya Yureka bohong katanya kalau weekend itu dia mau nonton sama Jamie tapi Yureka bilang nggak bisa karena dia mau ketemu temen kampusnya. Nyatanya dia jalan sama gue. Yaa, jelas lah yaa siapa sih yang mau dibohongin begitu. Gue tahu Yureka nggak mau diajak jalan sama Jamie, tapi harusnya dia bilang jujur apa adanya dan nggak bikin kebohongan kayak gitu.

Untungnya amarah Jamie cuma sebentaran aja, soalnya abis itu Yureka janji besoknya atau minggu depan gitu gue lupa, pokoknya Yureka mau ngajak Jamie nonton ke bioskop bareng sebagai permintaan maaf. Jamie juga keliatannya udah maafin Yureka. Yaa, semoga pas mereka nonton bareng besok Yureka mau jujur soal kenapa selama ini dia nggak pernah setuju soal rencana mereka nge-date bareng. Gue juga masih bener-bener penasaran soal itu.

Balik dari Vapiano, gue ambil barang dulu ke apartemen Yureka. Tapi sepanjang perjalanan kita diem-dieman. Gue sih yang memutuskan untuk nggak ngomong dulu sama dia. Lagi males aja waktu itu. Tapi itu bener-bener nggak kayak biasanya. Semenjak ngurus acara Batik Day bareng, gue banyak ngobrol sama dia termasuk pas lagi otw dijalan. Tapi karena gue masih kecewa sama dia, akhirnya gue cuekin dia buat sementara waktu. Gue bener-bener nggak nyangka orang yang gue suka karena kepribadiannya yang menyenangkan itu bisa bohong ke orang lain, udah gitu yang dibohongin orang bule, yaa marah lah. Semua orang emang nggak mau dibohongin tapi menurut gue orang bule lebih nggak suka lagi. Mereka bener-bener nggak respect sama orang yang tukang bohong. Ibaratnya jadi kayak nggak punya harga diri aja. Itu sih yang gue amatin selama tinggal di US.

 

💘💘💘

 

Beberapa hari gue agak buat jarak sama Yureka. Gue butuh ruang dan waktu lebih buat berpikir. Bukan berpikir untuk nggak jadi suka sama Yureka, gue suka dia apa adanya kok, tapi masih nggak nyangka aja orang unik kayak dia bisa begitu. Ya, nggak salah juga sih soalnya dia juga manusia biasa yang bisa aja khilaf dan buat kesalahan. Tapi beneran deh gue harus cari tahu kenapa Yureka bisa begitu.

Hari Sabtu, 20 Oktober 2018, kita berdelapan kumpul lagi. Bukan buat rapat lagi, tapi buat evaluasi soal acara kemaren. Tapi tempatnya bukan di apartemen Kak Anna lagi, udah bosen banget kita rapat disana, meskipun waktu itu sempet dua kali kita rapat di luar sambil makan. Dan sambil evaluasi sebenernya sekalian pembubaran panitia jadinya kita putusin buat jalan-jalan dan makan-makan di luar.

Karena udah kehabisan ide mau makan dimana di sekitaran Manhattan atau Upper East Side, akhirnya kita berdelapan memutuskan untuk jalan-jalan ke Brooklyn. Trus kita makan dessert di The Chocolate Room yang katanya cukup terkenal di Brooklyn. Tapi sebelumnya kita makan siang dulu di Loving Hut, biasa lah vegan restaurant itu jadi matter banget buat kita mungkin terkecuali buat Chandra dan Kak Anna. Yaa, tahu sendiri lah kenapa. Nah abis dari Loving Hut baru kita ke The Chocolate Room buat makan dessert dan ngadain evaluasi. Wah itu tempatnya sih si Yureka banget, secara doi suka banget sama coklat soalnya.

Selama evaluasi gue masih nggak bicara sama Yureka alias masih jaga jarak. Biarin aja deh diem-dieman dulu, gue juga butuh waktu. Tapi dari diem-diemannya kita, kayaknya Kak Anna bisa merasakan apa yang terjadi meskipun nggak kita kasih tahu. Trus abis rapat evaluasi selesai, udah sekitar jam 5 sore lah kira-kira, akhirnya kita putusin buat balik ke Manhattan. Sepanjang perjalanan pake metro, Kak Anna ngajak gue ngobrol. Ngobrolnya kali ini agak serius, soal gimana gue sama Yureka.

“Lu kayaknya lagi diem-dieman ama Yureka. Kenapa lu pada berdua?”, tanya Kak Anna sambil berbisik.

“Nggak kenapa-kenapa”, jawab gue singkat.

“Nggak usah boong. Jujur aja. Atau main Truth or Dare lagi nih?”, Kak Anna mengancam dengan cara yang tidak asik.

“Eh jangan! Ogah amat gue. Hmm, gimana yaa? Jadi gini kak…”

Akhirnya gue ceritain semuanya ke Kak Anna. Kak Anna menyimak dengan serius setiap detil yang gue ceritain ke dia yang akhirnya memunculkan sebuah ‘light bulb’ dari otaknya dan sontak merespon “Ah itu gue tahu kayaknya alasannya dia apa?”. Gue juga sontak merespon “Hah? Apaan emang kak? Kasih tahu dong. Please, gue pengen tahu kenapa. Kayaknya ada yang kurang bener disitunya”.

“Harusnya sih lu tanya sendiri langsung ke orangnya, Jin. Tapi kalau emang keadaannya masih begini, oke deh gue cerita nih ke elu. Tapi janji yaa, abis ini lu baikan sama dia. Dan lu harus konfirmasi ini lagi ke dia, semoga gue nggak salah karena dia yang cerita langsung dan dia bilang gue nggak bisa cerita sama siapapun”, jelas Kak Anna panjang lebar.

“Iyaa yaudah buruan!”, gue bener-bener maksain Kak Anna buat cerita.

Sebelum gue mempersilahkan Kak Anna cerita, gue liat ke arah temen-temen yang lain dan memastikan ada jarak yang cukup buat gue sama Kak Anna mengungkap ceritanya Yureka. Situasi dirasa aman, Yureka, si objek yang lagi mau kita bicarakan lagi asyik cerita-cerita sama Chandra. Duh, gue sama dia lagi diem-dieman, dianya malah memanfaatkan keadaan sama Chandra gini. Tapi itu nggak penting, yang penting gue tahu dulu cerita di balik Yureka kenapa dia nggak mau jalan sama Jamie.

Kak Anna secara perlahan membeberkan. Waktu rapat minggu ke berapa gitu dia lupa, katanya dia nggak sengaja denger percakapan Yureka sama Ibunya lewat telepon. Katanya waktu itu lagi berantem soal orang yang lagi dideketin Yureka. Kak Anna sempat memperagakan kalimat yang sempat ia dengar, kira-kira seperti berikut; “Dulu Nabil udah aku jauhin, dan aku udah dengerin kata-kata Ibu kalo aku nggak boleh pacaran sama beda agama. Udah kok, ini cuma deket aja”. Gitu intinya. Percakapan sisanya Kak Anna nggak tahu lagi. Ah payah nih Ibu Pertiwi kalo dengerin setengah-setengah.

Abis itu, beberapa waktu kemudian Yureka yang curhat sendiri ke Kak Anna soal Jamie. Tapi nggak tahu juga itu ada hubungannya dengan pembicaraan dengan Ibunya di telepon atau bukan. Jadi begini, ternyata sebenernya Yureka punya masa lalu yang nggak enak sama orang yang tidak percaya agama atau Tuhan dan semacamnya. Waktu Yureka semester 7, dia deket sama satu juniornya di kampus. Mereka katanya udah sering jalan bareng, traveling bareng, sampe udah ngenalin ke keluarga masing-masing dan main ke rumah masing-masing juga. Katanya sih emang mereka nggak pacaran, nggak pernah jadian, tapi udah deket banget. Yureka bahkan nggak tahu harus menyebut hubungan itu apa. Dibilang temen juga udah lebih dari temen, dibilang sahabat juga bukan, dibilang pacar apalagi. Sama sekali nggak ada status yang jelas saat itu.

“Ya, lu tahu sendiri, Jin, cewek itu gampang baper. Diajak jalan dikit dikira disukain. Apalagi Yureka yang notabene nggak pernah pacaran, yaa punya hubungan kayak gitu sama mantan gebetannya, yaa tingkat kebaperannya lebih tinggi lah, udah sampe puncak malah. Kasian sih gue sama dia, soalnya dia digituin sama tuh cowok hampir 2 tahun! 2 tahun men, di PHP. Parah kan! Brengsek emang tuh cowoknya. Eh mantannya. Eh mantan gebetannya maksudnya.” Jelas Kak Anna sambil emosi.

Gue nggak respon apa-apa karena gue bener-bener speechless dengerin penjelasan Kak Anna itu. Gue jadi merasa bersalah. Tapi salah Yureka juga sih nggak mau ngasih tahu sendiri.

Kak Anna kemudian melanjutkan, “Trus dia bilang dia kenapa dia nggak mau bilang siapa-siapa soalnya dia takut kehilangan sosok teman. Tapi tahu nggak, katanya dia juga, dia sempet suka sama Jamie. Tapi cuma beberapa saat aja sebelum Yureka tahu kalau Jamie itu Atheis, apalagi dia bule dan Warganegara Asing. Dia bilang fix aja dia udah nggak suka sama Jamie, karena langsung keinget si mantan gebetannya yang bajingan itu.”

“Hmm jadi gitu ceritanya. Tapi mantannya, eh mantan gebetannya Atheis yang bener-bener Atheis, Kak?”, jawabku sambil mengangguk dan mengelus dagu.

“Bukan Atheis. Ada lagi satu lagi, yang pokoknya percaya Tuhan tapi nggak percaya agama. Apa yaa? Bentar deh gue cari di Google dulu. Penasaran gue juga”, ucap Kak Anna yang kemudian membuka hape-nya.

Ketika Kak Anna mencari tahu informasi itu di internet, gue sesekali melihat ke arah Yureka. Nggak nyangka, cewek secerewet dia, sepinter, seberbakat dia, punya masa lalu yang nggak ngenakin gitu. Andai dia mau jujur sama gue, pasti gue akan ngerti keadaan itu.

Sontak Kak Anna menemukan sesuatu dan berkata, “Agnostic! Ya, Agnostic bener. Pokoknya gitu deh. Katanya dulu tiap Yureka ngajak atau ngingetin sholat tuh cowok nolak mulu. Kalo bulan puasa sering sahur sama buka puasa bareng mereka, eh tapi Yureka sering nge-gap tuh cowok nggak puasa. Makanya kalo kata gua semenjak itu dia bener-bener cari cowok yang nggak cuma sama muslimnya aja, tapi mempraktekkan agama juga. Bagus tuh. Gua salut sama dia punya prinsip itu.”

Menanggapi cerita itu gue bener-bener salut sama Yureka. Pertama, dia nggak mau nikah sama bule karena terkait bahasa. Dia emang jago, fasih lah kalo boleh dibilang bahasa Inggrisnya, tapi dia pernah bilang ke gue kalo dia lebih memilih orang Indonesia karena kalo nonton lawak Indonesia biar bisa ketawa bareng, karena sense humornya orang Indonesia bagi dia tuh ngena banget. Jadi menurut gue emang nggak cuma sense-nya tapi bahasanya juga. Jadi intinya bisa menertawakan hal yang lucu bareng-bareng tapi dalam bahasa Ibunya sendiri. Kedua, dia nggak mau nikah sama orang yang tidak mempraktekkan agama. Istilahnya nggak mau punya pasangan yang Islam KTP doang.

Itu semua secara nggak langsung bener-bener menyadarkan gue. Terutama soal mempraktekkan agama itu sendiri. Mungkin selama ini gue sering ninggalin ibadah, tapi karena Yureka gue jadi tersadar untuk jadi muslim yang lebih baik lagi, yaa meskipun sebagai manusia juga pasti nantinya ada khilaf-khilaf dikit. Tapi kan berusaha jadi lebih baik itu nggak salah, ya kan?

 

💘💘💘

 

Yureka. Musim Gugur 2018. New York. Masa Depan.

Persis dua minggu pasca Batik Day dan persis satu minggu aku tidak saling sapa dengan Eugene karena kejadian tidak menyenangkan di restoran Vapiano Sabtu malam, 13 Oktober 2018 itu. Eugene jadi tahu kalau aku membohongi Jamie yang akhirnya membuat Eugene malas bicara denganku. Termasuk saat rapat evaluasi di Brooklyn hari ini. Ya, baru saja kami makan di Loving Hut, resto Vegan yang cukup terkenal di Brooklyn, plus menikmati lezatnya dessert dan minum kopi di The Chocolate Room. Aku yang meskipun pecinta coklat ini jadi hilang selera karena masih memikirkan Eugene. Ia benar-benar masih marah padaku. Dan aku tidak tahu harus berbuat apa. Haruskah aku jujur kepada Eugene soal semuanya? Soal Jamie? Soal mengapa aku sering menolak ajakan Jamie jalan atau kencan?

Untungnya masih ada Chandra yang mau berbagi tawa denganku. Sepanjang perjalanan khususnya ketika kembali ke Manhattan, aku duduk bersebelahan dengan Chandra di metro dan kami saling melempar canda dan tertawa bersama. Eh tunggu, ini kenapa aku jadi begini sama Chandra? Duh, jangan dong, aku tidak ingin begitu saja melupakan Eugene yang tampan dan ideal itu. Bagaimanapun aku masih berhutang padanya soal semua keadaan canggung ini.

 

👏👏👏

 

Keesokan harinya, aku membayar hutangku pada Jamie. Bukan, bukan soal hutang uang atau barang, terlebih dia sering membuatkanku pie coklat. Bukan soal semua itu, melainkan hutang pergi ke bioskop bersamanya. Dan di Minggu malam yang cukup cerah, aku dan Jamie pergi ke Times Square dan nonton film terbarunya Benedict Cumberbatch di Times Square Theater.

Ternyata jalan-jalan bersama Jamie tidak semenyeramkan itu. Kami berbincang banyak hal layaknya teman, layaknya tetangga apartemen. Kami juga terkadang membahas soal fasilitas apartemen yang kurang memuaskan dan masih banyak lagi. Merasa semuanya lebih baik namun aku masih bersama perasaan ketidak-enakan ku, aku pun berkata “I’m so sorry if I being rude to you back then. I didn’t mean to you, Jamie

So, could you please tell me why you did it?

Ya, mungkin sudah saatnya aku jujur ke Jamie perihal masa laluku dengan Nabil, si bajingan itu, ah malas sebenarnya membahasnya. Benar-benar malas. Tapi semua sudah kuungkapkan pada Jamie. Dan memastikan bahwa selama ini memang ada salah paham dan sekarang Jamie sudah tahu semuanya. Aku lega karena aku tidak perlu berbohong lagi pada Jamie atau nantinya akan mempengaruhi hubunganku dengan Eugene. Ngomong-ngomong soal Eugene, ada satu kutipan Jamie yang ia lontarkan padaku soal Eugene. Dia bilang “You look so into to him, don’t you? If yes, don’t waste a time. Go ahead and make everything everlasting with him”.

Terdengar picisan tapi benar juga sih bule ini. Dan ada satu lagi nasehatnya, “If you fall in love with somebody, stop waiting. Go and catch it! And if divine belong to both of you, there will always a way to get closer each other”. Luar biasa! Aku sangat terkesima mendengar itu, bahkan dari mulut seseorang yang tidak percaya Tuhan seperti Jamie. Bagaimanapun itu, aku sangat mengapresiasi saran dan nasehatnya. Ku rasa Jamie cocok jadi motivator bukan koki di restoran Italia.

 

💘💘💘

 

Beberapa hari kemudian, masih tidak ada kabar soal Eugene. Pesan WhatsApp terakhir dengannya berupa broadcasting update informasi seputar PERMIAS NYC yang akan mengadakan acara kolaborasi dengan PERMIAS New Jersey. Pesan itu pun tidak digubris. Aku berharap ada harapan yang datang di antara aku dan Eugene. Aku benar-benar tidak suka keadaan dan situasi seperti ini.

Sabtu, 27 Oktober 2018, hujan datang sedari pagi. Aku sendirian di apartemen. Cassandra seperti biasa ke rumah tunangannya. Salima sedang ambil shift weekend di restoran tempat ia bekerja. Tidak banyak yang kulakukan. Hujan membuat syahdu tapi juga jadi dingin. Temperatur pun menurun hingga 11 derajat. Makin dingin, seperti diriku dengan Eugene, masih dingin dan makin dingin. Mungkin akan membeku.

*Tok Tok Tok Tok*

Tunggu ada yang mengetuk pintu? Perasaan aku tidak memesan delivery pizza, lalu siapa itu?

Ku dekati lubang kecil di pintu untuk mengintip siapa yang datang. Astaga ternyata itu Eugene! Mau apa dia datang kemari?

Tak berapa lama ku bukakan pintu. Kami masih diam, hanya saling menatap. Awalnya aku ingin acuh tapi Eugene kehujanan dan seluruh bajunya basah kuyup, termasuk sebuket bunga mawar pink yang ia bawa. Lalu ku suruh dia cepat-cepat masuk. Ngomong-ngomong, aku tidak suka mawar dan aku tidak suka warna pink, tapi siapa yang tidak senang gebetan datang disaat yang tak terduga seperti ini, pula membawakan bunga. Benar-benar romantis. Sambil berkata “Aku udah tahu semuanya. Aku minta maaf.”

“Tahu apa? Maaf apa?” tanyaku mulai kebingungan apa maksud yang ia katakan itu.

“Soal kamu, Jamie, Nabil. Semuanya”, jawabnya sambil menggigil kedinginan.

“Lu tahu dari siapa?”, tanyaku lagi

“Kak Anna”, jawabnya masih menggigil.

“Ah emang bener ngeselin deh Kak Anna nih.”

Eugene makin menggigil lalu ku ambilkan handuk untuknya mengeringkan bajunya, juga ku hidangkan secangir teh panas untuknya agar ia lebih merasa hangat.

Sambil mengeringkan rambutnya yang keren itu, ia menjelaskan “Jangan salahin dia, aku yang maksa dia buat cerita semuanya. Awalnya dia tahu kalo kita berdua diem-dieman, kita nggak saling sapa minggu lalu, itu yang membuat Kak Anna yang jadi bertanya-tanya. Pas aku cerita semua ke dia kenapa kita begitu, dia bilang dia punya cerita soal kamu dan Nabil. Awalnya dia nggak mau cerita karena kamu yang suruh dia jaga rahasia itu, tapi aku berhak tahu. Akhirnya aku paksa dia buat cerita dan sekarang aku udah tahu semua. Maafin aku yaa. Tapi kalo dari awal kamu mau cerita semuanya, pasti nggak akan ada kejadian ini.”

“Gue nggak marah sama elu. Beneran. Justru gue yang takut lu yang marah sama gue karena gue bohongin Jamie waktu itu”, jawabku memelas.

“Iyaa sempet marah soal itu tapi… intinya kalo emang kamu punya sesuatu yang perlu dikasih tahu ke orang, ngomong aja. Dan jangan bohongin orang lagi ya”, nasehat Eugene menyentuh.

Syukurlah, karena itu aku jadi berbaikan dengan Eugene. Bunga pemberian darinya pun aku pajang di kamarku menggunakan vas yang biasa kupakai untuk menaruh bunga daisy kesukaanku yang kala itu sedang tidak kubeli karena terlalu fokus dengan Batik Day beberapa minggu sebelumnya. Ternyata vas bunganya bisa terisi kembali, apalagi yang memberikan dari pemuda Tiong Hoa tampan pujaan hati. Sungguh kenikmatan yang hakiki.

Waktu sudah menunjukkan jam makan malam, berhubung Eugene mampir, sekalian saja aku buatkan masakan untuk makan malam kami berdua. Mumpung Cassandra dan Salima sedang tidak ada di rumah juga, jadi Eugene bisa berlama-lama tanpa perlu di deham-deham.

“Mau makan apa nih? Gue punya ayam, beras, telur juga ada, roti apalagi jangan ditanya”, tanyaku pada Eugene yang masih asyik meneguk teh panas yang sudah tidak terlalu panas lagi itu.

“Apa aja deh yang penting makan. Mulai laper hehehe”, jawabnya dengan ekspresi yang tumben sekali lucu.

“Masak ayam kremes aja kali yaa?”, tanyaku mengkonfirmasi.

“Eh itu kesukaan aku loh. Soalnya di Tebet ada tuh ayam kremes yang enak gitu. Boleh deh hehehe”, jawabnya penuh gairah seperti tidak makan ayam kremes dua abad.

Akhirnya kami berdua masak bersama. Tugas Eugene cukup mudah, dia hanya membantuku menanak nasi. Sedangkan aku mempersiapkan bumbu-bumbu untuk menggoreng ayam dan membuat kremesnya dari tepung terigu. Sambil masak pula sambil ngobrol-ngobrol. Seperti biasa, ada banyak topik pembahasan kalau sudah mengobrol dengan pemuda yang satu ini. Tapi kali ini obrolan makin seru, hmm mungkin karena kemarin saling diam selama berminggu-minggu. Mulai dari komentar soal acara Batik Day kemarin yang mana Eugene sangat puas dengan keseluruhan acara, kecuali satu hal, ia kecewa karena konsep perlombaan fotografi yang awalnya direncakan jadinya ditiadakan. Katanya, beberapa waktu belakangan ia sempat hobi fotografi. Maka, waktu ia tahu kalau akan ada perlombaan memotret kece itu, ia excited sekali. Sayang, tidak jadi makanya kecewa ia dibuatnya.

“Oh, jadi selama acara berlangsung muka lu kusut gara-gara itu”, tanyaku sambil memeriksa apakah bumbu rempah-rempahnya sudah merasuk kedalam ayam dengan baik atau belum.

“Eh… hmmm. Yaa, kind of….”, jawab Eugene yang secara mengejutkan jago juga masak, walau hanya masak nasi.

Kami terdiam sejenak, lalu Eugene memulai percakapan lagi.

“Sebenernya nggak gitu sih kenyataannya”, ia berhenti mengaduk-aduk nasi di panci, dan mengatakan sesuatu.

“Maksudnya?”, tanyaku penasaran.

“Aku boleh nanya sesuatu dulu nggak?”

“Apa tuh?”

“Kamu sama Chandra ada apa sih?”

“Chandra? Ada apa denganku dan dirinya? Nggak ada apa-apa? Ngarang deh”, jawabku sedikit tertawa.

“Serius nih. Kok dijawabnya pake ketawa, nggak lucu tau!”

“Nggak apa-apa. Gue cuma ngakak aja tiba-tiba lu nanya gitu”

“Tapi boleh tahu kenapa?”

“Nggak ada apa-apa. Beneran. Tapi nggak tahu yaa, gue juga jadi penasaran kenapa Chandra tiba-tiba begitu. Suka kali dia sama gue”

“Serius? Hmmm, maksudnya, yakin tuh dia suka sama kamu?”

“Kan kayaknya. Aneh soalnya, waktu itu dia ngasih coklat, gede banget, ada tulisan terima kasih atas pijatan yang kaki dia terkilir itu. Trus pas kita jadi keamanan, dia becanda mulu. Ngebully gitu, ngebully bercanda maksudnya.”

Eugene terdiam sesaat dan menampakkan ekspresi tidak senang.

“Ohh jadi bukan karena nggak ada lomba fotografinya. Tapi karena… hmmm Chandra. Ya, ya, ya paham gue sekarang”, tanyaku meledek.

“Hmmm. Uhm... Ah nggak tahu ah”, balasnya seperti anak kecil. Semakin dekat semakin lucu juga mahasiswa Urban Planning ini.

Topik percakapan tersebut berakhir dengan kecanggungan. Kami berdua hanya saling lempar senyuman. Tertawa kecil juga menghiasi dapur kala itu. Benar-benar malam yang indah. Terima kasih, Ya Tuhan!

Satu jam kemudian, masakan ayam kremes, nasi putih, dan sambel tomat plus lalapan daun selada dan timun, siap disantap! Tidak menyangka malam ini makan masakan yang super duper Indonesia. Padahal biasanya kalau malam aku hanya makan roti, acar ketimun, dan ikan tuna kalengan atau kadang hanya pakai keju saja. Mungkin karena ada orang spesial yang datang, maka makanan sesederhana itu pun juga bisa jadi sangat spesial.

Sambil menyantap makan malam, aku dan Eugene masih meneruskan Quality Time kami. Selain membahas kesan dan pesan seputar Batik Day, tidak sengaja kami membahas cerita cinta kami berdua. Ya, aku jadi mengaku semua dan cerita semuanya pada Eugene yang sesungguhnya masih penasaran soal Jamie dan Nabil itu. Ternyata selain pintar di bidangnya, serta tampan dan rupawan, rasa keponya bahkan melebihiku.

Sebenarnya malas juga harus menjelaskan secara runtut soal keduanya. Intinya aku jelaskan pada Eugene kalau yang diceritakan Kak Anna memang benar. Aku trauma berhubungan dengan orang yang tidak beragama atau percaya pada Tuhan, apapun itu intinya aku tidak cukup respect dengan orang yang tidak mau mengenal penciptanya. Semenjak selisih pendapat dengan Jamie soal keberadaan Tuhan dan praktik agama, yang mana waktu itu memang obrolannya sangat serius, aku langsung tidak tertarik sama sekali dengannya. Jujur, awalnya aku sedikit tertarik dengan Jamie. Siapa sih yang tidak suka dengan bule berambut pirang bermata biru seperti Jamie? Apalagi Jamie ini ganteng, ganteng ala Amerika, siapa yang tidak suka? Tapi mendadak hilang selera ketika yaa saat membahas agama itu. Ia pun mengaku sendiri kalau ia tidak pernah sama sekali mempraktikkan satu agama, walaupun sebenarnya katanya salah satu orang tuanya penganut Yahudi. Ringkasnya, dari kejadian itu, aku langsung teringat akan Nabil yang sudah menyakitiku beberapa tahun silam, tidak lama berselang dari kejadian dengan Adam. Semenjak itu aku punya prinsip untuk tidak lagi memiliki hubungan serius dengan pria yang tidak mempraktikkan agama, apalagi sampai tidak percaya akan Tuhan. Ya, kalau hanya sekadar berteman aku masih mau, tidak ada masalah sama sekali. Tapi kalau lebih dari itu, maaf, aku benar-benar tidak bisa.

“Berarti kamu bener-bener trauma ya?”, tanya Eugene penasaran sambil membantuku membawa piring-piring ke dalam wastafel karena aku segera akan mencucinya.

“Aku orangnya traumaan banget. Soal Nabil, soal Adam, apapun yang pernah bikin aku sakit hati, aku bener-bener muak”, jawabku sambil merapihkan sisa-sisa makanan ke dalam tong sampah. Tunggu, mengapa aku jadi mengulang lagi perbendaharaan kata menggunakan Aku-Kamu dengan Eugene seperti ini? Ngomong-ngomong, kalau orang Indonesia apalagi orang-orang yang berdomisili Jakarta sepertiku dan Eugene, kalau percakapan sudah memasuki penggunaan Aku-Kamu, itu tandanya ada sesuatu yang spesial di antara kami. Benarkah bahwa Eugene suka padaku? Duh, Yureka fokus! Hargai lawan bicaramu kalau ia sedang berbiacara.

Wait, Adam tuh siapa? Kayaknya kamu belum pernah cerita ya?”, tanya Eugene lagi.

“Iyaa kah? Hmmm pernah ah”, jawabku masih memikirkan perbendaharaan Aku-Kamu tadi.

“Nggak pernah”, balas Eugene dengan nada halus.

“Pernah… eh belum deng”. Ternyata aku belum pernah ceritakan soal Adam kepada Eugene. Mungkin ini saat yang tepat untuk mencerikatakan semuanya.

Sambil mencuci piring, aku ceritakan detil demi detilnya tentang Adam Wang kepada lelaki bernama lengkap Parama Eugene Oetomo ini. Hingga ketika aku sebut kata ‘Hong Kong’, ia sontak merespon “Oh! Jadi yang waktu kamu kaget pas aku bilang aku kuliah di The University of Hong Kong itu, gara-gara orang yang namanya Adam toh. Pantesan.”

Yaa, pada akhirnya Eugene tahu segalanya tentangku. Agak sungkan cerita ini semua padanya, tapi aku berharap ia akan tahu dan paham posisiku seperti apa.

Makanan sudah habis, semua peralatan makan dan memasak sudah dicuci bersih, dan malam sudah larut. Aku terpaksa menyuruh Eugene pulang karena takut kalau Salima sudah kembali dan ia masih disini, aku yang akan kena komplen nantinya.

“Makasih yaa ayam kremesnya”, ucap Eugene sambil menggunakan jaket milikku yang kupinjamkan padanya agar tidak kedinginan. Salahnya sendiri hari ini ia tidak membawa jaket. Harusnya ia tadi tidak kehujanan kalau ia mau melihat ramalan cuaca hari ini karena memang hari ini diperkirakan hujan sepanjang hari.

“Aneh sih, kata kamu, kamu nggak suka yang gurih-gurih atau asin, tapi kok ayam kremes jadi makanan idola gitu?”, tanyaku sambil mengencangkan kuncir rambutku.

“Kan aku bilangnya aku nggak suka junk food, bukan ayam kremes”

“Kan sama aja”

“Beda…”

“Sama…”

“Beda…”

“Yaudah sama. Oke. Terkecuali ayam kremes”, Eugene mengalah. Lagi-lagi ekspresi dan tingkah lakunya seperti anak kecil. Menggemaskan!

Kami terdiam sejenak lagi. Eugene menatap mataku sangat dalam. Tidak, tidak, jangan bilang ia mau menciumku seperti yang ada di film-film yang sering ku tonton itu! Aku hanya mengerutkan dahi, dan Eugene melihat jam tangannya dan berkata “O wow, udah jam 11 tenyata. Nggak kerasa yaa. Hmm kalau next time aku ajak jalan, nggak nolak kayak kamu nolak Jamie kan?”

 “I have no idea. We’ll see…”, jawabku sambil menaruh tangan ke kantung celana jeans sedang ku pakai dan mengangkat kedua pundak yang melambangkan ketidakpastian apakah aku akan jalan dengan Eugene lagi atau tidak.

Nope. Itu jawaban yang selalu kamu kasih buat Jamie. Say something elseplease

Okay, I will! Puas? Udah malem. Sana, keburu metronya jalan. Sana, hush hush”, usirku dengan nada bercanda pada Eugene.

Okay. Aku pulang yaa. Have a nice sleepBye”, Eugene melambaikan tangannya yang putih dan bersih itu.

You too, bye”, aku pun melambaikan tanganku yang tidak seberapa bagus ini.

Sampai turun tangga pun, Eugene masih melempar senyuman kepadaku. Astaga, senyumnya manis sekali! Kenapa tidak dari dulu saja begitu, Jin, saat pertama kita bertemu di seminar. Kalau dari dulu kamu tidak kikir senyum, aku kan bisa mendekatimu sedari lama.

Ku tutup pintu secara perlahan, kemudian bersandar di balik pintu dan menghela napas panjang. Ya Tuhan, inikah yang namanya jatuh cinta yang benar-benar jatuh cinta? Aku yakin, semua yang terjadi tadi atau kemarin-kemarin bukan hanya dari pihakku saja, melainkan Eugene juga demikian. Jadi benar atau tidak ia juga punya perasaan yang sama denganku? Aku tidak ingin berasumsi dengan jawaban ‘Ya’ segera, aku takut peristiwa dahulu terulang kembali. Jangan, Ya Tuhan, jangan! Ku mohon jangan terulang lagi! Rasanya ingin berakhir bahagia dengan Eugene saja.

Masih bersandar di belakang pintu, aku masih terdiam disana, berkali-kali aku mengucap syukur, dan air mataku tak sengaja menetes lewat kedua pipiku. Buru-buru aku menyekanya. Dan aku masih berdiam di balik pintu untuk beberapa saat.

 

💘💘💘

 

Eugene. Musim Gugur di Akhir Oktober 2018. Columbia University. Masa Depan.

Hari ini seperti biasa kayak hari-hari biasanya, ngampus ke kampus tercinta, lebih tepatnya di GSAPP alias Graduate School of Architecture, Planning, and Preservation. Gue udah jadi salah satu bagian dari kampus ini sejak satu tahun setengah belakangan. Mudah-mudahan tahun depan bisa lulus seperti yang diperkirakan.

Hari Selasa jadwalnya mata kuliah Community Development Planning. Selama dua jam perkuliahan, gue nggak konsentrasi sama sekali. Dan kalau mau tahu, dari kemaren gue kayak gini. Lebih tepatnya semenjak makan malam di apartemen Yureka Sabtu kemaren. Gue hilang fokus karena masih ingat dalam memori gue akan senyumnya Yureka yang manis itu. Apalagi kalau dia lagi ketawa, kayaknya lepas banget, happy person banget anaknya. Udah pinter, sering jadi speaker juga, jago masak lagi. Ya, Sabtu kemaren dia masakin gue ayam kremes. Beuh, ayam kremesnya enak banget loh! Wah, gue sampe ketagihan dan pengen minta bikinin lagi sama dia.

Setelah perkuliahan dengan Nyonya O’Neill-Hutson, gue nggak tahu lagi mau kemana. Kuliah cuma satu kalo tiap Senin sama Selasa. Berhubung gue laper, gue ke kantin dulu deh, siapa tahu ada inspirasi mau jalan kemana abis ini.

Di kantin, seperti biasa andalan gue tuna sandwich yang aman dan halal. Ditambah sebotol jus jeruk, gue lahap semua makanan itu. Tapi kok ada yang hilang yaa. Sepi gitu rasanya makan sendirian. Apa karena udah keseringan makan sama Yureka yaa? Ya, sih soalnya selama rapat-rapat Batik Day kemaren, apa-apa bareng Yureka terus. Ngedesain bareng, kemana-mana bareng, yang paling sering sih makan bareng. Sepi rasanya kalau sehari tanpa dia. Kayaknya gue beneran jatuh cinta sama dia. Bener kata Eyang gue yang mengambil pepatah jawa “Witing tresno jalaran soko kulino” yang artinya “Cinta tumbuh karena terbiasa”. Almarhumah Eyang Putri gue dulu pernah cerita kenapa beliau bisa menikah sama Eyang Kakung. Katanya dulu mereka itu teman satu komunitas gamelan bareng dan mereka sering banget ketemu apalagi kalau lagi latihan. Eh lama-lama mereka saling suka, trus beberapa tahun kemudian mereka married. Ah, keren banget!

Apa bener yaa yang pepatah itu terjadi sama gue sekarang? Gue jadi jatuh cinta sama Yureka karena udah keseringan bareng?

Atau gue beraniin diri aja buat nembak dia? Sebelum keduluan Jamie apalagi Chandra. Atau nanti malah suatu hari si mantan-mantannya dia yang namanya Adam sama Nabil itu datang lagi dan nembak Yureka. Ih, nggak deh. Nggak rela gue kalau Yureka yang lucu itu jatuh di tangan orang yang kurang ajar kayak mereka. Orang sebaik dia, sepinter, dan selucu dia layak kok dapet perhatian. Tapi gimana yaa ngomongnya? Gue lupa cara nembak cewek. Terakhir kan pas SMA. Trus waktu kuliah gue yang ditembak cewek tapi gue tolak, lagi-lagi problem-nya sama kayak Yureka ke Jamie, soal keyakinan. Ah nggak penting, yang penting sekarang gue harus beraniin diri buat ngomong jujur sama dia.

 

💘💘💘

 

Yureka. Musim Gugur di Akhir Oktober 2018. New York University. Masa Depan.

Pekan paling hectic. Dari minggu lalu tugas numpuk tidak ada tandingannya. Mulai dari tugas analisis cerita TV, tugas nulis script tingkat lanjutan, sampai tugas masterclass program TV anak-anak. Untung sedari awal aku menginginkan ini semua, jadi rasanya ini semua tidak cukup dewasa kalau dikeluhkan begitu saja. Sejauh ini aku sangat menikmatinya. Tapi aku jadi tidak punya banyak waktu untuk cuci baju, cuci piring, masak, dan rapih-rapih kamar. Akhirnya beberapa hari belakangan Cassandra yang mencucikan piring-piringku. Di satu sisi aku tidak enak dengannya, masa roommate kuminta untuk mencuci piringku. Tapi disisi lain, ia sangat membantu. Ia juga bilang “I know you’re busy. Don’t worry I’ll do it for you”. Benar-benar malaikat tanpa sayap.

Eh btw, besok kan Halloween, pasti ramai! Hei, Yureka kenapa kau jadi membicarakan pesta Halloween, harusnya kan membicarakan soal kegiatanmu hari ini. Jadi, setiap Selasa, waktunya mata kuliah Late Night Comedy Writing dan Advance TV: One Hour. Anehnya, mata kuliah penulisan skrip televisi berdurasi satu jam, kelasnya dibatalkan. Tumben sekali. Ya, ada untungnya sih, aku jadi bisa mengerjakan tugas lainnya, tapi kalau begini ilmunya jadi pending satu hari.

*telepon genggamku berdering*

Dalam hati ku bergumam, “Eugene? Ngapain telepon? Tumben.”

“Halo?”, ujarku mengangkat panggilan masuk dari Eugene.

Halo, Assalamualaikum Yureka, lagi dimana?

“Walaikumsalam, Jin. Lagi di kampus. Ada apa?”

Oh. Ada kuliah?

“Udah selesai sih. Sebenernya ada lagi 1 tapi the class is canceled. Yaudah jadi lagi nongkrong aja di kantin sambil nyicil ngerjain tugas. Kenapa?”

Kuliahnya apa tadi?

“Late Night Comedy Writing”

Wah komedi yaa. Pasti kamu paling jago di antara semua mahasiswa

“Kenapa bisa begitu?”

Yaa, kan selera humor kamu tinggi banget. Sering bikin orang ngakak

“Bisa aja. Lu lagi dimana?”

Kampus. Udah selesai kuliah juga barusan

“Okay. Trus…?”

Hmmm, kalo kuliahnya cancel berarti sore ini ada waktu dong?

Firasatku berkata Eugene akan mengajakku jalan. Aku bingung dan senang skornya imbang setengah-setengah. Lalu kalau Ya, harus aku iyakan atau tolak?

Tugas atau Eugene?

Tugas atau Eugene?

Duh, Tuhan apa yang akan terjadi?!

Seseorang di kampus Columbia Univeristy masih setia menunggu jawabanku.

Halo?

Lalu ku balas pertanyaannya dengan, “Iyaa. Ada waktu kok… hmmm kenapa emangnya?”. Bodoh, Yureka, kau mau lulus S2 tiga tahun yaa?!

Jalan-jalan yuk?

“Jalan-jalan kemana? Jalan kaki maksudnya?”

Nggak literally jalan kaki juga lah. Hmmm. Ke Staten Island mau gak? Liberty Statue gitu?

“Buset. Jauh aja. Biasanya juga lu ngajaknya ke… Central Park, Times Square, mentok-mentok Lower East Side liat Brooklyn Bridge.”

Ya, sekali-kali dong yang jauhan dikit.

“Tapi nggak punya duit nih buat naik ferry-nya”

Aku traktir!

“Dalam rangka apa?”

Ucapan terima kasih atas ayam kremesnya yang super lezat itu

“Ya ampun. Ayam kremes dibayar pake kapal ferry ke Liberty Statue gitu?”

Iyaa, mau nggak?

“Jangan malem-malem yaa. Aku harus ngerjain tugas soalnya”. Nah begitu lebih oke. Dengan begitu S2 mu hanya 2 tahun saja!

Yaa nggak lama kok. Yaudah aku jemput 1 jam lagi. Tunggu ya

“Okay. See you soon”

Oh My Goodness, lagi-lagi dia ngajak jalan dadakan! Antara bahagia tapi kesal juga. Kenapa harus semendadak ini.? Mau lihat Patung Liberty pula. Mau ngapain sih? Dimana-mana kesana itu kalau akhir pekan datang, bukan awal pekan begini.

 

💘💘💘

 

Tepat satu jam kemudian, Eugene datang. Dengan kaus putih dan jaket blue navy ditambah celana jeans biru gelap, ia membuatku terkesima. Tidak lupa kacamata kotaknya yang makin membuatnya tampak menggemaskan. Tapi sepertinya ada yang beda darinya. Apa yaa itu?

“Kamu potong rambut ya?”, tanyaku sambil melihat dan menyentuh rambutnya.

“Hehehe. Iyaa”, jawabnya sambil merapihkan rambut.

“Kapan?”, tanyaku lagi.

“Baru kemaren”, jawabnya sambil mengambil handphone di sakunya.

“Buang sial atau gimana?”, tanyaku lagi iseng.

“Udah panjang lah. Rambutku tuh panjangnya cepet banget bisa 2 minggu sekali potong rambut. Yaudah yuk, keburu sore nih. Entar ketinggalan ferry lagi. Departure terdekat satu jam dari sekarang soalnya”, jelasnya nampak panik takut kami ketinggalan ferry menuju The Statue of Liberty Island.

Sepanjang perjalanan dari kampusku menuju Battery Park, tempat kami nantinya naik kapal ferry, seperti biasa kami ngobrol-ngobrol. Kami membahas apa yang kami lakukan di kampus seharian. Aku juga menanyakan sesuatu kepada Eugene yang sampai sekarang membuatku penasaran. Agak malu sih untuk menanyakan ini, tapi kalau aku tidak dapat jawabannya, bisa-bisa aku tidak bisa menuju langkah lebih lanjut untuk lebih dekat dengannya. Aku bertanya pada Eugene tentang mengapa ia dan Farida sangat akrab saat mereka ngobrol beberapa waktu lalu, apalagi semenjak kejadian mencarikan taksi bersama. Menanggapi pertanyaanku tersebut, ia malah tertawa, tapi karena aku tidak sedang bercanda, maka aku paksa ia untuk menjawabnya dengan serius. Ini sama persis seperti waktu ia memintaku menjawab pertanyaan soal mengapa aku bisa dekat dengan Chandra.

Kemudian Eugene mengaku kalau saat itu, mereka membicarakan salah satu komik Jepang. Selain hobi main game, ternyata Eugene juga suka anime Jepang. Farida pun demikian, pacarnya Farida, Randy, juga begitu. Maka dari itu mereka jadi sangat akrab dan saling tukar informasi seputar dunia anime yang mana kata Eugene sudah lama ia tidak update informasi terbaru soal komik-komik Jepang. Eugene sampai berbalas pesan WhatsApp dengan Randy dan sampai sekarang pun masih asyik membicarakan hal-hal Jejepangan itu. Syukurlah, ku pikir ia suka pada Farida. Farida kan cantik, manis, kulitnya putih, bersinar, berhijab, dan anggun. Siapa pula pria yang tidak suka padanya

“Yaa kan dia punya pacar, yaa kali aku jadi selingkuhan. Gila aja”, akunya padaku sambil sesekali merapihkan rambutnya yang terkibas angin.

“Ya kirain. Orang kan bisa khilaf”, jawabku hanya datar. Masih kesal dengan kejadian Eugene bicara akrab dengan Farida.

“Kalo aku sih InsyaAllah setia kok orangnya. Beneran”

“Yakin?”

“Tanya aja yang lain, aku dulu kalo pacaran putus bukan karena selingkuh…”

“Trus? Karena apa?”

“Karena beda agama…”

Oh My Goodness, ternyata permasalahan kami sama! Sama persis! Dari cara ia menjawab, sepertinya ia juga trauma dengan yang namanya menjalin hubungan dengan seseorang yang beda keyakinan. Tanpa mengurangi rasa hormat ku padanya, ku korek sedikit informasi soal itu. Untungnya ia mau menjelaskan semuanya. Intinya dulu waktu SMP dan SMA, Eugene pernah menjalin hubungan dengan dua gadis yang berbeda agama dengannya. Waktu SMP ia jadian dengan pemeluk Katolik, dan saat SMA jadian dengan pemeluk agama Hindu. Jadi, dari semua pengalaman-pengalaman itu, Eugene tidak ingin lagi memiliki hubungan dengan yang tidak se-iman dengannya. Dia juga bilang “Ya, kalau temenan doang nggak apa-apa, tapi kalo lebih serius? No, thank you”. Itu sama persis seperti yang aku katakan tadi soal Jamie dan Nabil. Yaa, kira-kira seperti itu lah. Semoga sekarang Eugene mengerti perasaanku karena sesungguhnya permasalahan kami sama.

Akhirnya kapal ferry kami menuju The Statue of Liberty berangkat. Pemandangan sekitar benar-benar memanjakan mata kami. Angin laut pun mengibas rambut-rambut kami. Rambut selalu tidak rapih, tapi angin itu sangat menyejukkan. Lebih sejuk lagi karena ada Eugene disisiku saat ini. Kami tertawa bersama karena asyik bermain tebak-tebakan yang agaknya sudah sangat lawas tapi tetap saja membuat kami berdua terhibur. Kami juga menghabiskan roti Pretzel kami yang tadi kami beli dekat pelabuhan. Benar-benar indah sekali akhir bulan ini.

Sesampainya di Liberty Statue Island, kami foto bersama, atau saling mengambil gambar satu sama lain. Benar-benar lupa kalau aku masih punya banyak tugas. Benar-benar lupa kalau aku harusnya belajar lebih giat supaya lulus tepat waktu. Ah, tapi rasanya untuk hari ini saja aku ingin meluangkan waktu sejenak dan menikmati semua ini bersama Eugene karena semua ini tidak akan datang dua kali.

Sudah lelah berfoto-foto, selfie, lari-larian mengejar burung-burung dara yang datang, kami kelelahan dan memutuskan untuk rehat sejenak duduk di bangku taman berwana coklat dengan gagang perak yang persis menghadap ke pulau Ellis.

Kami hanya terdiam untuk beberapa saat. Meresapi angin pantai, melihat pemandangan sekitaran dengan penuh rasa syukur, sambil sekali menengok ke arah patung Liberty-nya. Kami berdua berkali-berkali menghela napas panjang tanda menikmati alam sekitar yang tak akan terlupakan.

Dalam diam yang cukup lama, akhirnya Eugene membuka percakapan baru. Akhirnya bukan aku yang mulai duluan. Terima kasih, Jin.

“Yureka….”

“Hmmm. Kenapa?”

“Kamu tahu nggak, apa yang aku obrolin sama Kak Anna di balkon waktu itu?”

Waduh. Aku kan pernah kepo soal ini. Apa aku pura-pura tidak tahu saja yaa supaya tidak terlihat keponya? Lalu aku hanya membalas “Di balkon yang mana? Kapan?”

“Yang satu malam pasca Truth or Dare itu”

“Ohh yang itu. Emang kalian ngobrolin apa?”

“Aku cerita sama Kak Anna soal kamu.”

“Soal aku? Kalian gibahin aku apaan emang? Wah bisa yaa, talking behind my back. Nggak bener nih.”

“Bukan, bukan jelek-jelekin kamu kok. Justru sebaliknya.”

“Trus apa dong?”

“Aku minta pendapat dia soal aku sama kamu itu gimana.”

“Gimana… gimana apanya?”, aku benar-benar tidak tahu arah pembicaraan ini kemana.

“Hmmm gimana yaa ngomongnya. Hmm, intinya… pertanyaan Kak Anna yang Truth itu ada benarnya”, akunya yang membuatku tetap tidak tahu apa maksudnya.

“Ada benarnya gimana? Nggak ngerti ah. Apaan sih, yang lengkap dong ngomongnya.”

“Jadi… waktu itu Kak Anna bilang, “Eugene, gue liat-liat lu tertarik sama Yureka. Kalo suka mah gebet aja, nggak apa-apa, Yureka jomblo tuh. Ajak jalan dulu lah tapi, saling mengakrabkan diri. Trus, kalo lu udah siap, lu bilang deh sama dia soal perasaan lu ke dia.”… Gitu…”, jelas Eugene sambil memperagakan ucapan Kak Anna saat pagi-pagi buta di balkon itu.

Aku membeku. Sepertinya aku tahu arah pembicaraan ini kemana. Momen ini telah kunantikan begitu lama. Oh Tuhan, tolong beri petunjuk kalau yang dikatakan Eugene barusan itu kenyataan bukan ilusiku belaka!

Dengan sedikit mengambil napas dalam dan menghembuskannya keluar secara perlahan, inhale-exhale, Eugene pun melanjutkan kata-katanya, “So, let me say this. From the first time I joined Batik Day and saw you at that time, actually not with the seminar back then, but from that moment, I was seeing how different you are. Humorist, brilliant, independent, talk-active, and… just different from the others. You have also that kind of… charisma. And it’s only you who have that in my eyes.

Am I?”, balasku masih membeku dengan bonus mata mulai berkaca-kaca.

Yeah… So, from that moment on, I think… I am… hmmm. Okay, let me finish my words… I think I’m falling in love with you, Yureka!”, Eugene terlihat gugup.

Tolong katakan Eugene akan mengatakan sesuatu yang telah kuharapkan begitu lama. Tolong!

Kami terdiam sejenak. Ku balas kalimat-kalimat pujiannya dengan senyum simpulku. Aku bahkan tidak tahu harus berkata apa. Kami hanya saling terdiam, saling lempar senyuman, dan hanya saling menatap. Seakan diamnya kami tersirat makna, seakan senyuman kami cukup menyimpulkan sebuah jawaban, dan tatapannya begitu memikat!

Beberapa detik kemudian Eugene berkata,

“Kamu mau nggak jadi pacar aku?”

Mataku terbelalak. Aku tidak percaya.

Okay, tenang Yureka, tenang. Jangan panik.

Ya, Tuhan, INI MIMPI BUKAN?!

Aku menunduk sesaat, seakan mencari sesuatu di bawah, padahal hanya pasir dan tanah dan buatan Semesta lainnya. Ketika ku angkat lagi kepalaku dan menatapnya lagi, Eugene seakan kebingungan. Tapi aku tidak ingin bicara.

Kami terdiam lagi, saling lempar senyuman lagi.

Kutarik napasku dalam-dalam dan membuangnya secara perlahan. Yang ada dibenakku hanyalah, YA BENAR INI KENYATAAN BUKAN LAGI IMAJINASIKU!

Beratus-ratus detik kami berdua dalam diam, Eugene tidak tahan, dan kemudian berkata, “Ehmm please say something…”. Aku tidak merespon, hanya bergeming. Bukan aku tidak ingin berkata, tapi yang ku butuhkan hanyalah pemuda keturunan Tiong Hoa-Korea ini. Ya, aku sedang membutuhkannya. Ya, aku membutuhkannya sejak lama.

Tak ingin berkata-berkata bukan berarti tak ingin bicara. Aku mencoba berbicara dari hati ke hati padanya. Kedengarannya memang konyol. Tapi dengan ku raih tangan kirinya dan menyandarkan kepalaku ke pundaknya, semoga ia menerima sinyalku yang tersirat ini.

Matahari pun mulai tenggelam, senja mulai menyapa. Hari baik, hari yang cerah. Musim gugur yang indah. New York memang indah. Masih di bangku taman yang sama, kami masih tetap disitu untuk waktu yang lebih lama. Menikmati ciptaan Tuhan dengan penuh suka cita dan rasa syukur yang begitu mendalam, khususnya aku. Terima kasih, Tuhan!

Kemudian ku tengok waktu di jam tanganku dan tersadar waktu kami hanya tersisa empat puluh lima menit sampai ferry terakhir menuju Manhattan berangkat. Ah tak apalah empat puluh lima menit itu masih cukup lama. Nikmati saja dulu.

Aku pun memulai percakapan lagi agar tidak canggung. Selalu aku yang memulai, lagi dan lagi. Dulu, kini, hingga nanti.

“Sebenernya aku kasian loh sama kamu, di grup Whatsapp pada nulis nama kamu pake Y-U-J-I-N bukan ejaan aslinya yang E-U-G-E-N-E”, kepalaku masih tersandar di pundak Eugene.

“Hahaha. Santai aja lagi. Cuma di WhatsApp doang kok. Lah aku lebih kasian sama kamu”, Eugene meraih pandangannya padaku.

“Hah, kenapa?”

“Harusnya kalau dalam bahasa Yunani aslinya namanya kamu kan ejaannya E-U-R-E-K-A bukan pake ‘Y’ sama ‘U’ depannya.”

“Hahaha. Iyaa yaah. Nggak tahu tuh petugas catatan sipilnya ngantuk kali, salah nulis jadinya. Tapi kan unik, ya nggak?”

“Iyaa lucu. Eh tapi aku baru sadar, prefix nama kita ternyata samaan ya. Yu-Yu. Yureka-Yujin”

“Iyaa. Lucu yaa. Jodoh kali yaa kita.”

 

– BERSAMBUNG KE SEASON 2 –

Comments

Popular posts from this blog

Kumpulan Cerita Bersambung : DOUBLE YU - SEASON 1 (karya Yulia Sutjahjono)

"Langkah-Langkah Menjadi Volunteer (Relawan)" Part 2

Langkah-Langkah Menjadi Volunteer (Relawan) Part 1