DOUBLE YU SEASON 1 - Episode 5 : "Yureka Pilih Siapa?"


(Coutersy of Pinterest)


Eugene. New York. Masa Depan.

Akhir pekan harusnya waktunya buat santai-santai, tapi sayangnya gue udah keburu punya jadwal rapat sama anak-anak PERMIAS buat bahas acara bulan Oktober besok. Nama acaranya “Batik Day 2018”. Pertama-tama gue nggak pernah jadi panitia acara sebelumnya. Istilahnya jadi aktivis lah pokoknya, dan bener-bener nggak pernah sama sekali. Palingan ikut kegiatan-kegiatan pas SMA, kayak ikut ekskul basket sama catur. Sisanya gue habiskan waktu buat belajar, belajar, dan belajar. Ya, banyak yang ngira gue rajin dan pinter, padahal sih menurut gue biasa aja. Soalnya meskipun orang-orang liat gue bisa kuliah di luar negeri, padahal dibaliknya biasa aja, prosesnya juga nggak gampang, cuma memang nggak banyak orang yang tahu proses itu.

Yang paling tahu persis cuma Nyokap sama Bokap gue doang. Terlebih orang tua gue emang agak strict ngedidik anak-anaknya. Orang tua gue bukan berasal dari keluarga tajir dan lain sebagainya. Misalnya keluarga besar Nyokap, mereka dulunya orang yang kurang beruntung, bermasalah dalam finansial dan nggak punya kehidupan yang layak. Nah dari situ, kakek-nenek gue punya prinsip untuk mendidik anak-cucunya agar menjadi keluarga yang bisa menghasilkan uang dengan cara yang semestinya, bukan dengan cara yang salah. Mulai dari membiasakan anak-cucunya bangun subuh, menjadi pribadi yang tepat waktu, sampai gimana harus belajar yang rajin dan kerja keras.

Terlebih soal belajar. Yang gue bilang tadi, orang tua gue, lebih tepatnya Nyokap gue, beliau strict banget sama jam belajar gue. Dari SD gue selalu disibukkan dengan kegiatan akademik dan non-akademik, misalnya Nyokap masukin gue ke kursus bahasa Mandarin, ikut kegiatan klub Sains di sekolah, bahkan yang membuat gue termotivasi masuk ekskul catur dan basket juga dari Nyokap gue. Alasan utamanya sih karena Nyokap-Bokap gue harus memastikan gue ikut kegiatan yang bermanfaat. Kedua, gue dari dulu orangnya pemalu banget jadi dengan diikutin kegiatan itu berharapnya gue jadi bisa lebih bersosialisasi dengan orang banyak. Kenyataan dari harapannya sih nggak demikian. Sampe detik ini pun gue masih nggak percaya diri buat ketemu orang banyak, jadi lebih mending berdiam diri di rumah, cuma sekadar belajar, bantuin Nyokap, atau cuma main game online.

Meskipun ada Nyokap dan Bokap yang selalu ngasih dukungan buat gue, tapi sebenernya gue nggak sering ketemu mereka. Alasan klasik sih, mereka pergi kerja. Cerita sedikit soal keluarga gue, jadi dari gue kecil Nyokap-Bokap disibukkan dengan urusan bisnis yang mereka bangun dari lama. Sekarang sih Alhamdulillah bisnisnya lancar, tapi sebenernya dulu nggak segitu. Keluarga gue udah banyak melalui asam garam perbisnisan, mulai dari cuma buka usaha toko pompa air, rental mobil kecil-kecilan, sampe sekarang punya hostel pribadi dan toko material sendiri. Nah, dari situ orang tua jarang ketemu gue karena ya itu tadi. Akhirnya gue dititipin ke Eyang dari Bokap yang tinggal di Surabaya dan jadinya gue pernah tinggal di Surabaya selama 2 tahun. Dari situ gue deket banget sama beliau. Dan dari situ gue jadi anak yang super duper manja. Sampe pas gue harus pindah ke Jakarta karena orang tua gue memutuskan buat buka usaha baru disana, Eyang gue rela bolak-balik Surabaya-Jakarta sekitar satu bulan atau dua bulan sekali cuma demi ketemu gue doang. Tapi pas beliau meninggal sekitar pas gue SMA, akhirnya yang menggantikan ‘posisi’nya adalah Nenek dari Nyokap yang gue panggil Popo (panggilan Nenek dari sisi nyokap dalam bahasa Mandarin).

Jadi dulu Popo sering banget nengokin gue pas kuliah S1 di Hong Kong dulu. Ya terdengar manja banget memang, tapi Popo rela jauh-jauh dari Seoul ke Hong Kong cuma mau liat cucunya karena waktu awal-awal kuliah, kondisi kesehatan gue nggak stabil. Berat badan gue turun drastis dari 65kg sampe cuma 50an kilogram. Itu semua karena kali pertamanya gue jauh dari keluarga. Dulu, gue tipikal orang yang lupa makan, apalagi kalo udah ngerjain tugas, pasti bener-bener nggak inget makan bahkan nggak laper sama sekali. Pokoknya kalo nggak disuruh makan atau nggak diingetin makan, yaa gue nggak akan makan. Dan waktu kuliah di Hong Kong dulu, karena nggak ada yang ngingetin atau nyiapin makan, akhirnya jarang makan bahkan lupa makan sampe akhirnya berat badan turun dan sakit-sakitan.

Selain pola makan gue yang berantakan akibat pertama kali merantau, tahun pertama kuliah juga diisi dengan bolak-balik Hong Kong-Denpasar karena adik gue, Kenzi atau kalau di rumah panggilannya Genji, dia juga sakit-sakitan. Sakitnya Genji pun bukan sakit panas atau batuk-pilek biasa, melainkan ada gangguan psikologi yang dia punya. Entah kenapa dari bayi, Genji itu sensitif dan pemarah. Gue nggak tahu pasti apakah itu akibat terlalu banyak nonton video di iPad yang dikasih Nyokap-Bokap ke dia supaya dia diam, atau ada hal lain, intinya tiap kali dia lagi nonton video di Youtube atau di TV dan orang lain ganggu dia, bahkan cuma buat disuapin makan, dia mendadak marah, bahkan sering ngamuk. Atau juga kalau mainannya kotor, makanan yang dia makan nggak enak, semua dibikin bad mood sama dia. Ada lagi, kadang tanpa sebab tertentu dia teriak-teriak dan ngamuk sendiri.

Seketika Nyokap panggil Psikolog anak yang udah ahli di bidang itu buat terapiin adik gue. Waktu itu terapisnya cuma ngasih saran ke keluarga gue bahwa kalau bisa kakaknya alias gue bisa lebih sering dirumah. Katanya sih kelengkapan keluarga itu salah satu keberhasilan terapinya. Tapi memang bener sih, sebelum gue berangkat ke Hong Kong adik gue yang dasarnya punya gangguan psikologis itu tambah parah semenjak gue kuliah di Hong Kong. Akhirnya demi kesembuhan adik gue, gue harus bolak-balik Hong Kong-Indonesia satu kali dalam sebulan. Awalnya berat banget harus fokus kuliah dan fokus ke adik gue, tapi Alhamdulillah, selama kurang lebih 6 bulan, perkembangan psikologis adik gue membaik dan gue pun bisa menjalani kehidupan sebagai mahasiswa di perantauan pada umumnya dengan baik.

Tapi nggak mungkin semuanya berlalu gitu aja. Meskipun adik gue udah sembuh, jadinya gue yang jadi sakit-sakitan akibatnya bolak-balik nengokin adik gue itu. Pokoknya pola makan dan hidup gue yang jadi berantakan. Gue sering banget makan cuma sekali sehari, itupun makan makanan yang seadanya yang bisa gue makan karena nggak ada waktu. Gue juga nggak bisa masak, ujung-ujung kembali ke mie instan kalo memang terpaksa. Gue bahkan inget banget karena berbarengan dengan penerbangan ke Bali di sore hari tapi pagi harinya gue masih harus kuliah, dan seharian gue nggak makan akhirnya gue cuma makan di pesawat.

Ngeliat gue nggak keurus, Popo gue yang jadi turun tangan. Beliau jadi sering datang dan nemenin gue di apartemen tempat gue tinggal di Hong Kong waktu itu. Karena pekerjaannya dulu adalah seorang herbalis dan terapis alias Sinshe beliau pasti tahu obat-obatan alami yang bisa dipake buat ngatasin susah makannya gue. Gue memang lupa makan, tapi jujur lupa makannya gue pun terkadang karena nggak nafsu makan. Jadi, jeleknya gue adalah kalau gue terlalu asyik sama dunia sendiri alias belajar dan main, gue hampir nggak punya nafsu buat makan atau minum sesuatu. Nah dari situ, Popo bawain obat herbal dari Korea yang bisa bikin gue jadi nafsu makan. Sebulan dan dua bulan pertama gagal, gue masih lupa makan dan kalaupun makan juga nggak nafsu-nafsu amat. Tapi Popo sabar banget. Beliau pernah tinggal di apartemen gue selama sebulan full beberapa bulan setelahnya, katanya demi bisa liat gue terlihat lebih sehat. Akhirnya, setelah 4-5 bulan, pola makan gue teratur, nafsu makan pun ada, dan berat badan yang tadinya cuma 50kg jadi hampir 60kg.

Setelah pola makan gue membaik dan pola hidup jadi normal, Popo akhirnya harus balik ke Seoul dan nggak mungkin juga kalau terus-terusan nemenin gue di Hong Kong. She has her own life and business and I need to be more independent now terutama soal pola makan. Awal-awal Popo udah balik, gue ngerasa kesepian banget. Mungkin karena terbiasa ada teman bicara jadi saat gue harus tinggal sendiri yaa jadi sepi dan sendirian. Dari situ gue tersadar, kayaknya nggak ada dalam hidup gue yang bener-bener sendirian. Dari kecil, meskipun Nyokap-Bokap sibuk, tapi ada Eyang Putri dan Kakung juga Popo sama Hal-abeoji yang selalu nemenin. Sodara-sodara juga banyak yang sering datengin ke rumah satu sama lain. Nggak lupa gue punya asisten rumah tangga dan supir, Mba Dila sama Om Yayan, yang udah kayak keluarga banget.

Meskipun Popo udah balik, tapi gue tetep harus menjalani kegiatan kampus dan perkuliahan dengan baik. Ya, awalnya kesepian memang seperti yang gue bilang tadi, tapi lama-lama jadi terbiasa. Sampe pada akhirnya, waktu menjelang penyusunan tugas akhir, gue jadi bener-bener butuh teman bicara buat curhat segala permasalahan yang gua hadapi pas nyusun tugas akhir itu. Nama lainnya butuh pacar sih.

Ngomong-ngomong soal pacaran, terakhir pacaran itu waktu SMA. Pas kuliah S1 bener-bener nggak punya karena mungkin terlalu sibuk kuliah dan fokus ke pengaturan pola makan pasca sakit itu. Kalo deket sih ada, salah duanya adalah Lenka dan Michiko. Kalau Lenka itu mahasiswi asing dari Ceko yang kuliah juga di kampus yang sama, The University of Hong Kong. Kami juga sama-sama jurusan Arsitektur. Karena keseringan praktikum bareng kita jadi deket. Kalau Michiko itu senior waktu gue exchange ke Chiba University, Jepang selama 6 bulan. Tapi dua-duanya hanya berakhir teman, karena permasalahannya adalah soal keyakinan. Kalau Lenka adalah penganut Roman Katholik yang taat, sedangkan Michiko menganut kepercayaan Shinto. Gue sih nggak ada masalah kalau cuma teman aja, tapi jadi masalah kalau lebih dari teman. Karena buat gue kalau pacaran harus serius, dan kalau serius berarti harus memikirkan juga soal keyakinan. Nyokap gue yang nasehatin gue kalau gue cari pasangan yang seiman, seIslam, karena meskipun beliau adalah seorang mualaf dari Buddha ke Islam. Banyak yang ngira kalau beliau jadi mualaf karena menikahi Bokap gue, padahal kenyataannya jauh sebelum mereka ketemu, Nyokap gue udah mualaf. Jadi beliau bilang kalau dia yang jemput hidayah Allah SWT itu, dan menikah dengan Bokap gue adalah pelengkapnya. Anyway, sampe tahun kedua gue kuliah S2 di Columbia University, gue masih sendirian aja kayak biasanya. Ya, mudah-mudahan secepatnya gue dapet temen ngobrol yang bisa lebih dari sekadar temen ngobrol.

Oh ya, balik lagi soal kegiatan gue jadi panitia “Batik Day 2018”. Karena nggak pernah bergabung sebelumnya, gue mencoba untuk mengiyakan apa yang diminta Kak Anna karena dia koordinator acara ini. Dia nyuruh gue buat ngerjain desain panggung buat peragaan busana dan juga dekorasi buat tempat seminarnya. Tapi nggak cuma gue aja yang ada di divisi dekorasi, Kak Anna bilang ada satu lagi yang jadi partner gue buat nge-desain, namanya Yureka. Ya, gue kenal siapa dia. Dia satu tim sama gue waktu seminar Sumpah Pemuda tahun lalu. Lucu sih, gue sama dia udah lama nggak contact bareng karena hape gue rusak dan lain sebagainya, dan dia pun kelihatannya sibuk banget, tapi ketemu lagi jadi partner acara bareng.

Gue udah mulai desain panggung pake Autocad. Hmm, gue nggak tahu aplikasi lainnya buat desain semacam ini. Tapi karena yang gue paham pake Autocad, yaa gue pake itu aja, seadanya lah. Sambil nunggu Yureka dateng, gue masih mantengin desainnya. Nggak lama kemudian, Yureka dateng dengan muka agak sedih. Gue nggak berniat tanya, tapi kalo dibandingin sama waktu pertama kita ketemu dulu, dia anaknya ceria banget. Dia ekstrovert dan banyak ide. Gue suka tuh cewek yang ekstrovert. Nggak tahu yaa apakah karena gue introvert apa gimana pokoknya gue lumayan tertarik sama cewek-cewek bawel kayak Yureka. 

Waktu seminar dulu juga dia jadi best speaker karena ide-idenya gue akuin bagus dan berani banget. Dia kritis terhadap banyak hal. Dan sepertinya dia rajin baca buku, pinter, yaa pokoknya smart lah. Gue appreciate banget sama cewek macam itu. Mungkin kalo ditanya tipe cewek gue kayak gimana, kalo boleh jujur sih yang kayak Yureka. Smartindependentwell-behaved. Karena menurut gue cewek cantik aja nggak cukup. Cewek itu harus cerdas dan mandiri. Buat sebagian orang mungkin selera gue dianggap aneh, tapi mungkin karena role model perempuan di keluarga gue yang menurut gue berhasil adalah Nyokap dan dua nenek gue (dari Bokap dan dari Nyokap) karena beliau-beliau adalah wanita yang kuat, mandiri, dan juga cerdas. Jadi yaa menurut gue perempuan hebat itu yaa yang kayak gitu.

Kembali soal reunian gue sama Yureka. Jadi, pas dia dateng, nggak tahu yaa dia ngeh sama gue apa nggak. Pokoknya abis masuk ruangan, dia malah ke kamar mandi dalam waktu yang cukup lama. Abis dari kamar mandi, ada hal aneh tapi lucu, jadi ternyata Yureka lupa siapa gue. Dia bilang dia pikir Eugene itu siapa, bukan anak PERMIAS yang pernah dia temuin di seminar dulu. Entah dia beneran lupa atau emang nggak ngeh atau karena dia lagi unmood makanya dia lupa sama gue. Apapun itu, gue nggak masalah, yang penting kerjasama gue sama dia soal desain-mendesain panggung akan beres.

Beberapa menit pertama ngobrol, yaa Yureka masih sama kayak dulu, banyak tanya, banyak ngobrol, tapi emang ekspresinya aja yang kurang mood. Gue nggak berniat tanya jauh kenapa dia bisa begitu, bukan urusan gue juga. Tapi agak aneh deh ketika gue cerita kalo gue dulu S1 di Hong Kong. Dia kayak kaget tapi semacam pura-pura nggak ada apa-apa. Apa dia nggak pernah tanya ke gue sebelumnya kalo emang gue pernah di Hong Kong selama 3 tahun? Hmm, tapi seinget gue emang pas seminar dulu nggak cerita banyak sih. Soalnya dulu kita cuma disibukkan dengan diskusi. Coffee break aja juga cuma ngobrol-ngobrol tanya informasi yang standar. Jadi emang nggak cerita banyak. Apa jangan-jangan dia punya sejarah sama Hong Kong? Kalau Ya, dia pasti cerita. Secara dia bawel, harusnya sih dia mau cerita ada hubungan apa antara dia sama Hong Kong. Tapi sejauh ini dia nggak cerita apa-apa. Dia cuma kaget tiap gue sebutin kata Hong Kong. Lupakan lah soal itu. Mungkin suatu saat dia mau cerita soal itu.

Yureka yang gue liat sekarang dan dulu juga masih sama, selain masih bawel, dia juga masih cuek soal penampilan. Buat gue, penampilan emang penting, tapi bukan prioritas utama. Kayak yang gue bilang tadi, yang terpenting bagi gue cewek itu otaknya. Make up itu perlu tapi jangan jadi mengesampingkan kecerdasan juga sih. Tapi ada faktor lain yang juga penting, yaitu cewek itu harus punya kharisma. Pandangan gue soal kharisma seseorang itu bukan soal penampilan dari luar ataupun dalemnya aja, tapi dia juga harus punya aura yang dalam hal ini aura positif, yang bisa membuat orang lain tertarik sama dia. Dan bagi gue, Yureka punya itu. 

Dari awal kita ketemu dulu, gue merasa dia emang punya aura itu, lebih tepatnya aura positif. Dia semacam punya cara buat bikin orang lain nyaman berada di dekatnya. Tapi dari pertemuan reunian ini, jujur gue jadi lebih tertarik sama Yureka. Dia terlihat makin mature, makin dewasa, pokoknya beda kayak pertama kali kenal dulu. Apa yaa perubahannya? Lebih touch up mungkin. Tapi yang seperti gue bilang tadi, itu bukan hal utama, tapi boleh juga kalau emang dia lebih concern sama penampilannya.

Trus apalagi ya yang berubah dari dia? Kayaknya dia lebih bisa jadi pendengar yang baik. Karena waktu kita seminar dulu, dia kayak nggak mau kalau pendapatnya nggak diterima orang lain, jadi dia kayak push orang lain buat mengiyakan pendapatnya. Sedangkan ketika orang lain menyampaikan pendapatnya, dia semacam menolak gitu dan cenderung nggak mau dengerin. Menurut gue itu namanya egois. Tapi anehnya dia dapet predikat best speaker ya? Hahaha itu aneh tapi yaa kenyataannya begitu. Dan berdasarkan percakapan orang tentang Yureka kala itu, dia emang patut diapresiasi karena ide-idenya yang emang brilian banget.

Kembali soal rapat, lebih dari 3 jam kita rapat dan lumayan dapet hasilnya. Karena udah malam dan kami semua nggak ada persiapan sama sekali buat nginep, ditambah beberapa dari kita udah punya janji sama orang lain di hari esoknya, akhirnya kita semua pulang ke apartemen masing-masing. Selama jalan dari apartemen dari rumah Kak Anna ke stasiun bawah tanah, gue juga sempet ngobrol sama Yureka. Makin lama Yureka makin nyenengin. Mungkin karena emang gue pendiam dan dia tukang ngobrol, entah kenapa dari dulu gue emang nyaman kalo ada orang yang ngomongnya banyak. Dia juga sesekali bikin lawakan receh yang berhasil bikin gue ketawa. Udah pinter, mandiri, perilakunya baik, jago ngelawak pula, apalagi senyumnya manis banget.

Pas udah sampe stasiun, gue, Fikri, sama Farida cabut duluan, karena kita bertiga satu arah yaitu ke arah kampus Columbia University dan kereta ke tempat tujuan kita udah ada, jadi kita langsung naik dan harus pisah sama yang lain. Yureka bakal bareng Gilang, Dhimas sama Chandra juga akan satu tujuan ke arah WTC. Gue berharap rapat minggu depan Yureka bisa dateng, karena gue tahu dia bisa aja nggak dateng kayak rapat pertama dan kedua karena agendanya di kampus super padat. Katanya sih emang Yureka terkenal banget di kalangan dosen-dosen dan profesornya, jadi nggak heran kalau misalnya dia bakal ijin nggak dateng rapat. Semoga gadis ke-arab-araban ini bisa dateng yaa di rapat mendatang.

 

💚💚💚

 

Satu minggu kemudian, anak-anak “Batik Day” balik lagi ke apartemen kak Anna buat membahas lanjutan agenda rapat acara. Dan seperti yang kita semua harapkan bahwa kami berdelapan datang semua, lengkap. Termasuk Yureka.

Entah kenapa sejak reunian minggu lalu, gue jadi ketagihan ngobrol sama dia. Hahaha. Lucu sih, aneh juga. Gue nggak pernah ngalamin ini sebelumnya. Tapi emang auranya Yureka bisa banget bikin suasana ngobrol jadi makin enak dan nyaman. Termasuk rapat hari ini. Meskipun kita sama-sama sibuk sama divisi masing-masing, tapi gue sama Yureka malah asyik ngobrol dan malah bahas yang lain. Sampe-sampe Kak Anna nyeloteh : “Heh itu yang dipojok jangan ngobrol aja yaa”. Yaa nadanya memang mengancam tapi percayalah, Kak Anna nggak akan jauh-jauh dari itu. Dia galak tapi nggak akan tega nyakitin kita.

Yang bikin ngobrol sama Yureka asyik itu karena ternyata dia suka musik klasik. Keren banget. Jarang gue nemuin cewek suka musik klasik. Kebanyakan cewek jaman sekarang suka musik EDM atau rock metal gitu. Hmmm, jujur gue pribadi nggak suka dan kurang tertarik juga sama cewek yang aliran musiknya itu. Trus ada satu lagi, dia juga suka musik folk gitu, contohnya musik Irlandia. Dan ternyata dia kenal juga lagu-lagunya Enya. Wah, kalo dia ketemu Nyokap gue, pasti mereka bakal seharian dengerin albumnya. Yaa, jadi Nyokap gue dari dulu suka lagu-lagunya Enya. Katanya bikin adem. Yaa bener banget, dan karena kebiasaan Nyokap gue itu gue jadi kebiasaan dengerin lagu-lagunya Enya, jadi ketagihan juga sih soalnya bikin suasana jadi adem dan menenangkan.

 Untungnya sih selama ngobrol sama Yureka, kita nggak kehilangan konsentrasi buat ngerjain tugas kita ngedesain dekorasi panggung. Sampe-sampe waktu nggak kerasa kita udah hampir 4 jam kerja sambil ngobrol tanpa putus. Seinget gue kita mulai ngerjain dari jam 10 sampe waktu menunjukkan pukul 13.45. Dan karena udah kelamaan juga, kita memutuskan untuk istirahat makan siang dan solat Dzuhur. Pas mau ngajak yang lain solat Dzuhur, entah mengapa sebagian kecil dari kami menghilang. Maksudnya Fikri, Gilang sama Dhimas keluar beli makan dan keliatannya udah dari 15 menit yang lalu. Selama mereka keluar dan nunggu makanannya datang, disitu cuma ada gue, Yureka, Kak Anna, Chandra, dan Farida. Berhubung Kak Anna dan Chandra non-muslim dan Farida katanya masih menstruasi, akhirnya gue cuma ajak Yureka solat berjamaah.

“Farida masih dapet?”, tanya Yureka ke Farida.

“Iyaa masih kak. Tinggal dikit sih, tapi belom mandi wajib”, jawab Farida.

“Oh yaudah. Aku sama Eugene aja kalau gitu”, balas Yureka.

“Loh lu udah selesai dapetnya, Yur?”, tanya gue penasaran.

“Udah kok. Yaudah mau solat? Lu duluan apa gimana?”, tanya Yureka keliatan innocent.

“Hmm, jamaah aja yuk. Pahalanya lebih banyak juga”, saran gue ke Yureka.

“Hehehe iyaa juga sih. Hmm yaudah boleh deh. Yuk”. Yaa, Yureka mengiyakan. Well, gue belum pernah sih imamim solat ke orang lain kecuali sama orang-orang rumah, tapi boleh juga lah dicoba.

Setelah solat 4 rakaat, Fikri, Gilang sama Dhimas udah balik lagi. Mereka pulang membawa 8 delapan bungkusan sandwich tuna organik dan 2 loyang pizza jamur saus tomat ukuran besar. Karena udah laper, semuanya menyerbu makanan bak orang nggak makan berhari-hari. Sambil makan, Yureka sesekali mengetik sesuatu di handphone nya. Nggak tahu sih ngapain, tapi kayaknya lagi chattingan serius sama orang. Soalnya gue liat pas ngetik tuh kayak emosi gitu. Mau gue nanya, tapi nggak sopan. Eh tapi nggak lama dia berceloteh : “Duh udah gue bilang nggak bisa yaa nggak bisa”

Tanpa mengganggu privasinya, tapi tetep penasaran, gue tanya sesuatu ke Yureka “Kenapa Yur?”

Sambil tetep mengetik dan emosi dia menjawab : “Itu tetangga gue. Maksa banget ngajak nonton besok. Orang udah ada agenda disini yaa nggak bisa lah”.

“Ngajaknya udah lama atau barusan?”, tanya gue lebih lanjut.

“Udah lama. Wah dari lama pokoknya. Sekitar 1 bulan lalu. Tapi kan tahu sendiri gue sibuk. Hahaha. Nggak deng. Sebenernya gue ada waktu tuh minggu lalu, tapi malem doang dan bisa aja kan gue iyain. Tapi nggak deh. Males gue sama dia”, jawabnya agak sewot.

“Laki apa perempuan tuh tetangga?”, tanya gue lagi.

“Cowok. Dan tahu nggak? Dia tuh kayaknya suka sama gue. Ya, bukan gue pede nih, tapi dia sering banget ke apartemen gue dan ngasih kue pie coklat bikinan dia. Soalnya gue pernah sekali bilang ke dia kalo gue suka banget sama coklat. Akhirnya dia jadi sering bikinin atau ngasih gue coklat gue”, jawabnya sambil bercanda.

“Yaa bagus dong. Kan dapet makanan gratis”. Abis emosi trus senyum gitu. Lucu banget sih nih anak.

 “Yaa tapi lama-lama annoying lah. Gue nggak srek sama orangnya. Soalnya apa coba? Awalnya tuh gue tahu banget kalo dia mau deketin roommate gue, yang dari Mexico itu, si Cassandra. Trus karena si Cassandra udah punya tunangan, jadi si bule ini malah deketin gue. Awalnya minjem apa yaa waktu itu? Cairan buat ngepel apa buat bersihin jendela gitu. Eh lama-lama ngobrol dan lama-lama malah deketin gue”, ceritanya panjang lebar.

Btw kenapa emang nggak mau sama bule? Kan banyak orang bela-belain keluar negeri buat ngincer jodoh bule”, tanya gue iseng.

“Nggak deh. Gue nggak srek sama bule. Yaa, oke, gue akuin bule itu ganteng-ganteng. Tapi gue mau cari produk buatan Indonesia aja. Lebih kece hahaha”, ceritanya sambil tertawa.

“Ada alasan khusus?”, tanya gue jadi penasaran.

“Hmm, apa yaa? Yaa kalau diajak diskusi kan bisa lebih enak. Kalau ada masalah nggak harus mikir dua kali buat nerjemahin ke bahasa Inggrisnya. Oh yaa sama kalau nonton lawak bisa ketawa bareng. That’s all”, celotehnya bikin gue ketawa seketika.

What? Nggak salah denger nih gue? Hmm yaya tapi make sense sih. Me too actually”, ucap gue agak malu.

“Hmm kenapa?”, tanya Yureka sambil menatap gue. Sepertinya dia juga penasaran, sama penasarannya sama alasannya tadi.

“Soalnya Nyokap gue orang asing, dan gue tahu persis itu ribet banget ngurus dokumennya. Dan karena gue naturalisasi dan udah fix jadi WNI dan punya KTP Indonesia, jadi gue pengen aja cari pasangan orang Indo. Ya, bakal gampang aja ngurus dokumennya”, jelasnya dengan wajah kembali ceria.

“Ya, bener. Gue setuju tuh. Emang lu bisa milih kewarganegaraan, Jin?”, tanyanya lagi.

“Yaa, soalnya Nyokap dwi-warganegara jadi anaknya harus milih. Kalau nggak salah sih yaa itu istilahnya naturalisasi. Jadi kalau ada orang tua yang warga negara asing atau ganda, anaknya bisa milih mau ke bapaknya atau ke ibunya. Dan jauh sebelum gue punya KTP gue udah memutuskan untuk ambil kayak Bokap, jadi WNI. Nyokap gue juga udah nyaman katanya tinggal di Indo. Katanya nggak ada makanan di Indo yang nggak pake micin. Semuanya dibikin gurih, dan lidahnya cocok banget. Apalagi indomie soto”, jawab gue panjang lebar.

“Oh gitu ceritanya. Baru tahu gue. Kalo boleh tahu, Nyokap lu warganegara ganda, emang dari mana asalnya?”

Baru mau gue jawab, eh ada telepon masuk. Panjang umur, yang nelpon Nyokap gue.

“Ehm itu... Eh sorry bentar ya. YeoboseyoNe, Eomma?”. Yah, keceplosan gue pake bahasa Korea. Sebenernya gue rada nggak nyaman kalo lagi ngobrol sama Nyokap pake bahasa Korea, entah langsung atau lewat telepon, meskipun ada temen-temen deket tapi gue nggak terlalu nyaman aja.

Setelah tutup telpon, percakapan kembali dilanjutkan:

Eugene             : “Sorry tadi Nyokap telpon”

Yureka            : “Bentar, Nyokap lu di Indo kan? Sekarang hampir jam 2 siang disini berarti di Indo jam 2 jam 3an pagi dong? Ngapain subuh-subuh Nyokap lu telpon? Pasti urgent calling yaa? Atau kangen kali yaa sama elu.”

Eugene            : “Ah nggak. Cuma katanya minta ditemenin sahur aja. Dia mau bayar puasa hari ini. Katanya kalau besok besok nggak bisa soalnya dia minggu depan mau ke pulang kampung”

Yureka            : “Pulang kampung kemana? Ke negara asalnya?”

Eugene          : “Oh yaa tadi lu tanyain itu yaa? Hmm iyaa jadi…. Hmmm mungkin kalo lu denger gue tadi ngomong pake bahasa asing tadi, yaa itu negara asal Nyokap gue”

Yureka            : “Hmm yang mana yaa? Oh yaa pas lu tadi angkat telpon maksudnya?”

Eugene           : “Iyaa yang itu. Ayo coba tebak?”

Yureka            : “Yah mana gue inget yang kayak gimana. Coba ulangin lagi dong.”

Eugene           : “Ah nggak ada siaran ulang. Hmm, oke deh. YeoboseyoAnnyeonghaseyo?”

Yureka           : “Ahh tahu! Bahasanya Lee Minho sama Song Jongki kan? Hahahaha. Bahasa Korea. Yaa gak salah lagi”

Eugene            : “Correct!

Yureka           : “Yeaah! Mana hadiahnya gue udah bisa jawab pertanyaan lu. Nggak deng becanda. Oh jadi Nyokap lu warganegara ganda Indonesia-Korea gitu yaa?”

Eugene             : “Korea Selatan. Jangan sampe ketuker sama yang satunya hehehe.”

Yureka             : “Oh yaa Korea Selatan maksudnya. Bukan yang satunya lagi. Hahaha”

Eugene            : “Yaa begitulah kira-kira.”

Yureka            : “Oh jadi rupanya pemuda ini keturunan Korea ya. Pantesan.”

Eugene            : “Pantesan apa?”

Yureka            : “Muka lu?”

Eugene           : “Muka gue kenapa?”

Yureka            : “Yaa itu… tipikal oriental”

Eugene            : “Hmm yaa oriental. Hahaha.”

Yureka            : “Tapi gue pikir lu keturunan Chinese. Maksudnya kan di Indonesia orang keturunan Tiong Hoa banyak tuh. Nah maksudnya gue tuh lu yang itu. Yang seperti keluarga Tiong Hoa di Indonesia pada umumnya.”

Eugene             : “Emang lu bisa bedain mana Korea mana China?”

Yureka            : “Yaa kan kalo Korea lebih… lebih apa yaa? Sorry to say nih, lebih putih. Putihnya tuh putiiiiihhh banget. Ampe mengkerelep kalo kata orang Betawi hahaha.”

Eugene             : “Trus kalo China nggak putih emang?”

Yureka            : “Putih. China juga putih tapi ada perbedaannya. Kalo China lebih agak kuning langsat gitu. Trus sipitnya sipitan orang China sih kalo kata gue.”

Eugene              : “Lu tahu dari mana perbedaannya emang?”

Yureka            : “Gue cukup sering kok nonton variety show korea. Hmmm apa tuh judulnya gue lupa. Ngakak pokoknya nontonnya.”

Eugene              : “KDrama?”

Yureka              : “Yaa lumayan”

Eugene             : “KPop?”

Yureka            : “Nope. No no no. Hmmm gue kurang suka jenis musik itu. Tapi dua sepupu gue gila banget tuh sama Kpop. Beuh. Nggak ada abisnya tuh berdua kalo lagi ngomongin Oppa-Oppa Korea.”

Eugene             : “Jadi tetep musik klasik di hati yaa?”

Yureka            : “Ya jelas dong hahaha”

 

Setelah makan, kita lanjutin kerja lagi dan langsung dilakukan rapat besar. Sengit banget. Dhimas sama Kak Anna sempet adu mulut gara-gara konsep acara. Tapi kita semua nggak heran ngeliat itu soalnya dasarnya Kak Anna keras dan Dhimas juga keras. Tapi akhirnya dilerai oleh Fikri sama Gilang. Saat Gilang mencoba mediasi sama salah satunya, entah dari mana asalnya si Chandra jadi kesulut api juga. Menurut gue disini Chandra belain Dhimas. Nggak tahu kenapa pokoknya tiap dia ngasih saran, cenderung belain Dhimas. Setelah lebih dari 30 menit selisih paham, kami akhirnya memutuskan untuk pause dulu sekaligus menenangkan Kak Anna dan Dhimas yang abis berantem itu. 

Pas istirahat, gue sempet keluar apartemen sebentar buat nelpon Nyokap gue lagi. Pas balik lagi, gue liat Yureka lagi menenangkan hati Kak Anna. Dari kejauhan dia ngomongnya alus banget, bukan kayak Yureka yang gue kenal. Ternyata dibalik sisi Yureka yang petakilan dan membawa tawa, dia bijak juga.

Setelah 30 menit istirahat, gue rasa suasana sedikit lebih tenang dan rileks. Kak Anna udah bisa senyum, Dhimas juga udah santai. Awal-awalnya hening banget ruangan rapat, tapi kemudian Yureka bangun dari kursinya dan menghampiri Dhimas dan menyeretnya ke Kak Anna sambil berkata, “Gue nggak suka peperangan. Cukup jaman Hitler sama jaman Budi Utomo aja ada perang, sekarang nggak usah. Baikan yaa kalian. Please!”

Nggak lama kemudian, Kak Anna ketawa pas liat-liatan sama Dhimas. Trus akhirnya mereka baikan. Syukurlah akhirnya bisa baikan. Gue nggak mau aja satu tim tapi saling diem-dieman. Kemudian rapat dimulai lagi. Ngobrol lagi, ketawa-ketiwi lagi, sambil makan pizza bareng, minum soda berbotol-botol, sampe waktu udah mulai larut. Akhirnya rapat kita hentikan di pukul 22.00. Pembahasan rapat juga udah clear. Sejauh ini konsep acara mateng dan tinggal realisasi lain-lainnya, termasuk dekorasi.

Setelah rapat, kita semua pada tepar. Ada yang tiduran bahkan ketiduran di sofa, contohnya Fikri. Dia sering banget kayak gitu. Saking sering ketiduran, kita akhirnya jadi manggil dia “TuTi” alias Tukang Tidur. Sedangkan Kak Anna, Farida sama Yureka bersih-bersih piring dan gelas bekas makan di dapur. Dhimas sama Chandra main PS sedangkan gue sama Gilang ngobrol-ngobrol soal kuliah. Kemudian Yureka masuk ke ruang tengah dan menyediakan semangkuk besar melon potong dan semangka. Wah, Yureka tahu aja gue suka melon. Sambil ngobrol-ngobrol santai dan menyantap buah-buahan, tiba-tiba Chandra nyeletuk: “Gue punya ide guys!”

“Nggak bisa, Kak. Kan rapatnya kan udah selesai. Nggak eh bercanda”, jawab Farida sambil ketawa kecil.

 “Gimana kalau kita main Truth or Dare aja. Berani nggak?”, balas Chandra penuh semangat.

“Hmm setuju!”, Kak Anna merespon dengan mulut penuh melon.

Oh maaaann. Kenapa harus game itu. Nggak ada yang lain? Apa kek monopoli? Uno stacko?”, Yureka tampak tidak tertarik dengan permainan itu.

“Ah bosen, udah bener itu aja. Yukk. Permainannya cuma pake botol doang tinggal diputer doang”, balas Gilang dengan logat medok jawanya itu.

“Jangan. Udah mainstream. Gimana kalo lempar biji semangka ke bagian muka tapi dilepeh gitu dari mulut ke arah atas. Nah kalo bijinya jatuh ke jidat misalnya, berarti yang kena, misalnya Kak Eugene”, celetuk Farida.

“Nah tahunya jidat itu bagiannya si Yujin pegimana Far?”, tanya Kak Anna.

“Ya milih aja. Terserah bebas. Masing-masing milih bagian muka yang mana. Misalnya Kak Eugene jidat, Kak Yureka mata sebelah kanan, dan seterusnya”, jelas Farida.

Idenya Farida boleh juga. Belom pernah nih main Truth or Dare kayak gini. Agak jorok juga sih lepehin biji semangka ke muka, tapi yaa boleh lah dicoba. Trus, akhirnya masing-masing dari kita milih bagian wajah yang dirasa paling susah dijangkau. Biar nggak asal milih, akhirnya kita berdelapan suit gunting-batu-kertas, yang menang duluan yang milih pertama. Yang menang pertama Dhimas, akhirnya Dhimas milih leher karena katanya yang paling susah dijangkau. Yang kedua menang Fikri, dia milih rambut. Awalnya pada nggak setuju karena rambut bukan bagian wajah. Akhirnya Fikri milih rambut alis yang sama-sama rambut katanya. Yaa, agak aneh sih, tapi yaudah lah ya, suka-suka dia aja. Dilanjut Gilang, dia pilih mata bagian kanan. Disambung Kak Anna yang milih mata kiri, trus Farida milih dagu, Chandra milih jidat, dan tersisa gue sama Yureka. Karena nggak ada pilihan lain, akhirnya gue milih pipi kanan, dan Yureka pipi kiri.

Pemain pertama yang bertugas melepeh biji semangka pertama ditentukan dari siapa yang makan pizza paling banyak tadi siang. Dan pilihan jatuh kepada Gilang. Dari awal kita temenan, Gilang emang terkenal paling banyak makan makannya postur badannya tinggi banget dan beriisi gitu. Kemudian Gilang lepehin biji semangkanya, dan jatuh ke jidat, berarti Chandra yang akan jadi sasarannya.

“Chandra, Truth or Dare?”, tanya Gilang.

Dare!”, Chandra menjawab penuh semangat.

“Okay. Aku mau kamu sekarang suitin cewek-cewek yang lewat depan apartemen Kak Anna. Yaa dari jendela aja biar nggak usah repot turun kebawah”. Wah idenya Gilang seru banget tuh.

“Hmm, Oke. Siapa takut!”, balas Chandra dan langsung menuju ke jendela apartemen Kak Anna. Dan yaa, benar dia ngelakuin tantangan itu dan sempet dimarahin sama orang-orang yang lagi pada ngerokok dibawah apartemen Kak Anna. Gue rasa ini kita bener-bener nggak ada kerjaan.

Akhirnya permainan dilanjut. Seru juga soalnya setelah-setelahnya pas bagian Kak Anna sama Farida yang kena, mereka milih Truth, dan pertanyaannya seputar kehidupan percintaan. Ya biasa lah cewek. Padahal di awal cuma ditanya “pernah di PHP atau friendzone nggak?”, jawaban mereka malah jadi sesi curhat-curhatan.

Setelah Kak Anna dan Farida panjang lebar cerita, sekarang gilirannya Fikri, Gilang, Dhimas, sama gue. Mereka milih Dare. Fikri dikasih tantangan bawa bantal ke tangga apartemen sampe ada tetangga lewat minimal dua orang. Yang ini agak lama sih, sekitar 15 menit baru ada orang yang lewat dan ditanyain “Hey, get out of here!”. Yaa kayaknya Fikri beneran dikira gembel padahal emang kalo udah masuk gedung apartemennya harusnya cuma dikira penghuni apartemen, tapi masih tetep dikira gelandangan.

Abis itu Gilang sama Dhimas nerima tantangan yang sama tapi beda objek. Jadi Gilang disuruh minta garam ke tetangga sebelahnya Kak Anna. Masih gampang, tapi pas Dhimas, kita dia suruh pinjem stik PS kalo bisa sama CD game-nya. Dia juga sempet dimarahin karena ibaratnya nggak kenal tapi malah minjem stik PS. Dan kayaknya pas giliran gue yang paling nggak enak. Jadi karena gue bisa ngomong bahasa Mandarin, gue disuruh minta keju mozzarella ke tetangganya Kak Anna yang orang China dilantai paling bawah. Kata Kak Anna galak orangnya, tapi karena gue lebih memilih Dare, akhirnya mau nggak mau gue iyain. Ternyata nggak segalak yang dibilang tuh. Apa karena gue ngomong pake bahasa Mandarin yaa makanya nggak kenapa-kenapa. Tapi sayangnya tetangganya nggak punya mozzarella, dia cuma punya keju chedar. Karena bukan itu yang kita mau, akhirnya di anulir dan nanti harus diganti pake Truth. Wah nggak hoki nih gue main ginian.

Dan giliran terakhir adalah Yureka. Keliatannya dia capek dan nggak tertarik sama permainan ini. Makanya dia milih Truth karena mungkin nggak mau capek dan ambil resiko kayak kalo ambil Dare.

Dan yang ngasih pertanyaan ke Yureka itu Kak Anna. Awalnya sempet hening, nggak ngerti Kak Anna mau mau ngomong apa. Setelah beberapa saat sepi, Kak Anna buka suara dengan pertanyaan: “So, Yureka. Gue ada perumpamaan dan nanti ada pertanyaanya. Tapi kalau bisa jawabnya jujur, paling jujur dari hati terdalam. Paham yaa? Jadi gini, semisal beberapa tahun mendatang, hanya tersisa 6 manusia aja di muka bumi ini, 1 nya elu, dan 5 nya pemuda-pemuda. Tapi ini misal doang yaa. Trus karena udah nggak ada generasi penerusnya, maka elu diharuskan memilih 1 pemuda dari 5 itu untuk dijadikan partner untuk membuat… Ya gitu lah. Paham kan lu maksud gue?”.

“Apaan yang jelas dong, Kak?”, Chandra begitu penasaran.

Kemudian dilanjut Kak Anna dengan jawaban: “Intinya lu harus memilih 1 di antaranya untuk meneruskan keturunan, intinya begitu”.

Okay. Terus?”, jawab Yureka sambil menampakkan mukanya yang capek.

“Pemuda-pemuda tersebut adalah….”

“Anjir perasaan gue nggak enak nih”, celetuk Dhimas.

“Ssst diem. Let me finish my words, please”, Kak Anna mulai emosi.

“Ya, sorry kak. Jangan ribut lagi kita barusan aja baikan, Kak”, jawab Dhimas.

Never mind. Oke jadi, pemuda-pemuda tersebut adalah Chandra, Fikri, Dhimas, Gilang, dan Eugene. Nah, lu mau pilih siapa? Tenang lu nggak harus ngasih alasannya kok, tinggal pilih aja. Pilih 1 yang menurut lu oke buat nerusin keturunan”, jelas Kak Anna mengundang riuh temen-temen disekitar. Sontak semuanya ribut tapi gue liat Yureka tetep diam. Tapi sesekali dia tersenyum.

“Hmmm… let me think first”, respon Yureka.

“Nggak usah kebanyakan mikir. Langsung jawab aja”, celetuk Kak Anna protes.

Baru denger tuh ada perumpamaan kayak gitu. Lucu juga sih. Tapi kalo misal beneran ada semacam itu, kira-kira Yureka pilih siapa ya?

Sambil tetap berpikir, dia berulang kali melihat ke arah gue dan 4 pemuda yang disebutkan tadi. Sambil tetep tersenyum simpul. Kemudian tak lama dia menjawab : “Okay, kalau di bumi ini cowoknya tinggal kalian berlima…. Dan harus meneruskan keturunan... Hmm… Gue pilih Eugene”.

What? Dia pilih gue? Kenapa bisa gitu?

“Oh Eugene. Ya ya ya. Yaudah, kan tadi gue bilang nggak usah kasih alasan. Yaudah. Yaudah.”, respon Kak Anna.

Agak penasaran sih kenapa dia pilih gue. Tapi nggak lama gue ngelamun mikirin kira-kira alasannya Yureka pilih gue, ternyata tantangan Dare yang nggak valid tadi harus diganti sama Truth.

“Nah Eugene. Pertanyaannya…. Sama kayak tadi. Tapi dibalik. Jadi kalau di bumi ini ceweknya tinggal 3, di antara gue, Farida, atau Yureka, lu pilih yang mana? Tapi lu harus kasih saran”, tanya Kak Anna.

“Yaah curang. Tadi Yureka nggak disuruh kasih alasan, masa gue pake?”, gue protes keras.

“Ya, beda. Soalnya kan lu main Dare tadi di anulir. Dan harusnya Truth yang ini 1 level lebih sulit dari sekadar Truth biasa. Jadi ini harus pake alasan. Udah cepetan jawab”, bela Kak Anna.

“Tetep aja curang. Yaudah okay. Gue pilih…. Yureka”, jawab gue cepat.

“Alasannya?”, tanya Kak Anna. Dan yang lain jadi pada liatin gue dengan serius.

“Soalnya lu kan tidak percaya pernikahan. Lu juga nggak mau punya anak, Kak. Jadi nggak mungkin. Kalo Farida udah punya pacar, jadi nggak juga”, jawab gue perlahan-perlahan agar tidak salah ngomong.

“Jadi pilih Yureka aja nih?”, tanya Kak Anna dengan tampang yang mencurigakan.

Dan semuanya bilang : “Ciyeeeee” dan salah satu berkata “Ada yang cinta lokasi euy gegara Truth or Dare”.

Gue nggak tahu harus bilang apa, tapi hari ini bener-bener canggung banget. Gue juga jadi senyum-senyum sendiri, apalagi kalo liat Yureka. Jadi lebih canggung dan nggak bisa nahan buat nggak senyum.

Hari Sabtu ini ditutup dengan canda tawa kami berdelapan. Setelah permainan usai memang tidak ada yang mencoba memancing obrolan soal Truth or Dare tadi apalagi yang bagian gue jawab Truth. Tapi siapa yang tahu mungkin besok ada yang mulai mancing-mancing. Abis capek rapat dan main, saatnya tidur. Pastinya nggak digabung antara laki-laki sama perempuan, meskipun kita di Amrik, tapi budaya ketimuran harus tetap dijaga. Gue, Chandra, Fikri, Gilang, sama Dhimas tidur di ruang tengah dengan beralaskan selimut super tebalnya Kak Anna yang biasa dia pake pas winter. Sedangkan cewek-ceweknya tidur di kamar Kak Anna.

 

💚💚💚

 

Malam berlalu dengan cepat. Udah hari Minggu pagi. Dan hari pun udah berganti lagi. Rasanya cepet banget, rasanya baru kemaren ngerasa rileks dapet weekend meskipun harus tetep diisi sama agenda rapat. Itu berarti besok harus kembali ke rutinitas seperti biasanya. Kuliah, belajar, makan, tidur, ngumpul sama temen, ketemu dosen, dan lain sebagainya.

Pagi ini gue kebangun jam 5 subuh. Sebenernya udah biasa juga bangun jam segitu. Karena kebangun dan setelah solat subuh nggak tahu mau ngapain sedangkan yang lain belom bangun, akhirnya gua memutuskan buat cari udara segar sebentar di balkon apartemennya Kak Anna. Suhu diluar cukup sejuk, sekitar 22 derajat. Cukup sejuk di musim panas kayak gini. Di balkon gue terdiam. Liat lampu-lampu gedung pencakar langit New York yang masih menyala. Gue mencoba buat nggak mikir apa-apa, gue mau rileks sejenak. Tapi entah kenapa jadi terlintas mukanya Yureka di benak gue. Maksudnya apa yaa? Kan baru ketemu lagi setelah berbulan-bulan nggak ketemu trus ketemu lagi baru dua kali ini. Tapi kenapa gue jadi mikirin Yureka terus?

Nggak lama Kak Anna dateng dan ganggu suasana melamun gue.

“Ngapain pagi-pagi ngabsen di balkon orang?”, tanya Kak Anna sambil membuka sebungkus rokok dari saku celananya.

“Yah elu, ganggu aja orang lagi enak-enak cari angin”, jawab gue dengan alasan klasik.

“Cari angin atau cari jodoh?”, tanya Kak Anna lagi sambil mengambil sebatang rokok dan menyalakannya dengan korek elektrik yang juga ia ambil dari sakunya. Kemudian sambil bertanya: “Mau nggak lu?”

“Pagi-pagi itu sarapan roti bukan rokok. Nggak, makasih”, jawab gue sambil bercanda dengan Kak Anna. Gue juga bukan perokok. Dulu sempet ngerokok tapi karena gue alergi sama tumbuh-tumbuhan semacam tembakau, gue jadi berhenti ngerokok.

 “Lu belom jawab pertanyaan gue. Cari angin atau cari jodoh, hah? Nggak usah nutup-nutupin, Jin”. Kak Anna mulai sok tahu.

“Nutupin apaan sih?”, tanya gue sewot.

“Nggak usah boong. Gue kan gini-gini generasi penerusnya Mama Lauren”, jawab Kak Anna sambil menghisap rokok yang merk-nya berinisial M itu.

“Astagfirulloh. Ih orang udah meninggal jangan disebut-sebut. Pamali”, jelas gue sambil mengelus dada.

“Nggak deng becanda, Ya Tuhan. Maap yaa Mama Lauren. Peace! Eh belom dijawab juga, cari angin atau cari jodoh?”, Kak Anna masih terus memaksa gue buat jawab.

“Gue nggak paham maksud pertanyaan lu, Kak”, respon gue datar.

Setelah itu suasana agak hening dan kemudian Kak Anna membeberkan semua yang dia tebak. Dia bilang kalau selama rapat acara ini, dia melihat kalau gue ada sesuatu sama Yureka. Dia nebak kalo gue suka sama Yureka. Awalnya gue mau bungkam aja, nggak mau cerita apa-apa. Males juga curhat kayak ginian, terutama sama cewek. Gue pernah sih curhat sama cewek, tapi itupun sama Nyokap gue doang. Soalnya menurut gue kalo nggak perlu diceritain ke orang lain, baik temen-temen cewek atau geng cowok-cowok, yaa nggak usah diceritain. Tapi Kak Anna masih maksa gue buat ceritain sesuatu yang berhubungan dengan Yureka. Ya, akhirnya gue luluh dan cerita semuanya.

“Ya, jadi… Sebenernya, gue tuh…”


((BERSAMBUNG))



Comments

Popular posts from this blog

Kumpulan Cerita Bersambung : DOUBLE YU - SEASON 1 (karya Yulia Sutjahjono)

"Langkah-Langkah Menjadi Volunteer (Relawan)" Part 2

Langkah-Langkah Menjadi Volunteer (Relawan) Part 1